Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Kebiasaan yang Ampuh Mengecilkan Pinggang dalam 30 Hari

0 7

Menjaga kesehatan pinggang penting untuk penampilan dan kesehatan secara keseluruhan. Lemak di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu. Jika Bunda ingin punya pinggang ramping, Bunda harus terapkan kebiasaan berikut untuk mengecilkan pinggang.

Namun untuk menghilangkan lemak di pinggang bisa menjadi tantangan tersendiri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi lingkar pinggang Bunda, termasuk genetik, pola makan, dan olahraga.

Kabar baiknya, ada beberapa kebiasaan yang bisa Bunda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut dalam waktu 30 hari. Berdasarkan saran ahli, berikut ragam kebiasaan ampuh mengecilkan pinggang dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Kebiasaan yang Ampuh Mengecilkan Pinggang1. Lakukan NEAT

Apa itu NEAT? NEAT merupakan singkatan dari Non-Exercise Activity Thermogenesis. Ini pada dasarnya adalah cara yang bagus untuk menggambarkan semua kalori yang Bunda bakar saat melakukan aktivitas nonolahraga, seperti berjalan-jalan di kantor atau merapikan rumah.

Menurut National Institutes of Health (NIH), meningkatkan NEAT setiap hari mendukung pengelolaan berat badan yang sehat dan dapat membantu mencegah obesitas.

Baca Juga : 7 Cara Diet Cepat Kurus dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Bun

“NEAT adalah gerakan yang kita lakukan dalam sehari di luar latihan terstruktur. Total gerakan kita sepanjang hari merupakan total pengeluaran energi harian kita. Rencanakan untuk berjalan-jalan atau bergerak di sekitar rumah di luar latihan terstruktur,” papar Gianna Masi, CPT, RDN, pelatih pribadi bersertifikat dan ahli diet terdaftar di Barbend, dilansir dari Eat This.

2. Perbanyak protein

Protein sering disebut saat diet karena manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Makronutrien ini tidak hanya membantu Bunda tetap kenyang tapi juga penting untuk perbaikan dan pertumbuhan otot, terutama jika melakukan latihan kekuatan. 

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein membantu mengurangi berat badan sekaligus menjaga massa tubuh tanpa lemak. Pilih sumber protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan protein nabati.

“Kisaran yang disarankan mungkin naik atau turun tergantung pada tujuan dan berapa banyak protein yang Anda makan. Titik awal yang baik untuk orang dewasa yang sehat adalah 0,7 hingga 1 gram kali berat badan mereka untuk mendapatkan jumlah total harian,” saran Masi.

3. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan tidak hanya untuk membangun otot. Latihan ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga Bunda dapat membakar lebih banyak kalori bahkan saat sedang istirahat. Fokus pada latihan yang melatih otot inti dan core Bunda.

“Massa otot memungkinkan Anda makan lebih banyak, mengatur gula darah dengan lebih baik, dan merasa lebih kuat. Cobalah untuk melakukan latihan ketahanan minimal dua hingga tiga hari per mingg,” tambah Masi.

4. Makan sayur

Sayuran menjadi suatu keharusan jika Bunda menginginkan lingkar pinggang yang lebih ramping. Dikemas dengan serat, sayur membantu Bunda merasa kenyang, mengatur gula darah, dan menjauhkan keinginan mengidam gula

 Dengan sedikit kalori, Bunda bisa memakannya dalam jumlah banyak. “Sayuran menyediakan mikronutrien yang sehat dan serat bernilai tinggi untuk membuat Anda kenyang,” kata Masi.

5. Prioritaskan makan buah

Manis, berair, dan lezat, buah-buahan menjadi makanan penutup alami. Buah menawarkan rasa manis yang mungkin Bunda dambakan dengan manfaat tambahan serat, vitamin, dan antioksidan.

Selain itu, buah dapat mengekang nafsu makan sekaligus membantu Bunda tetap berada pada jalur menuju tujuan penurunan berat badan. Penelitian yang dipublikasikan di Nutrients menemukan bahwa makan buah dikaitkan dengan risiko 12% lebih rendah mengalami obesitas perut.

“Beberapa orang menghindari buah-buahan, padahal buah-buahan bermanfaat bagi berat badan dan kesejahteraan secara keseluruhan,” kata Masi.


6. Batasi gadget sebelum tidur

Penelitian menunjukkan bahwa layar memancarkan cahaya biru yang dapat mengganggu produksi melatonin (hormon tidur). Istirahat malam yang cukup sangat penting untuk pengelolaan berat badan karena tidur membantu mengatur hormon nafsu makan.

Ditambah lagi, kualitas tidur telah dikaitkan dengan peningkatan kehilangan lemak. Masi memberi tahu, “Meskipun menambah jam tidur tidaklah mudah, kendalikan apa yang dapat dikendalikan dengan mematikan layar 30 menit sebelum tidur. Kualitas tidur yang baik membantu sinyal kenyang menjadi lebih baik dan memberi Anda lebih banyak energi,” ujarnya.

7. Batasi alkohol

Alkohol bisa jadi berbahaya karena kandungan kalorinya. Hal ini juga dapat meningkatkan nafsu makan sehingga membuat Bunda lebih cenderung memilih makanan yang tidak sehat.

“Alkohol tidak hanya berdampak langsung pada pinggang dengan kalori kosong tapi juga mengganggu tidur,” tambahnya.

Mengecilkan pinggang dalam 30 hari mungkin tidak realistis untuk semua orang. Namun dengan menerapkan kebiasaan sehat ini secara konsisten, Bunda dapat melihat hasilnya dalam beberapa minggu atau bulan. 

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk program penurunan berat badan yang terpersonalisasi.

Pilihan Redaksi

  • Aktris Korea Yoon Eun Hye Ungkap Cara Diet 1 Hari Turun 2 Kg Tanpa Olahraga Ekstrem
  • 6 Rekomendasi Catering Diet Jakarta untuk Turun Berat Badan dengan Harga Terjangkau
  • Rahasia Diet Prilly Latuconsina yang Sukses Turunkan BB 10 Kg

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis! 

Leave a comment