Informasi Terpercaya Masa Kini

Situasi Beirut setelah Nasrallah Terbunuh: Ratapan dan Ketidakpercayaan

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke udara dan menutup toko-toko di beberapa bagian Beirut dan para pendukung Hizbullah mengatakan bahwa mereka syok dan tidak percaya pada Sabtu setelah tewasnya pemimpin kelompok bersenjata Lebanon, Hassan Nasrallah.

Hizbullah mengkonfirmasi pada hari Sabtu bahwa Nasrallah telah terbunuh, mengeluarkan sebuah pernyataan beberapa jam setelah militer Israel mengatakan bahwa mereka telah menewaskannya dalam sebuah serangan udara terhadap markas besar kelompok tersebut di pinggiran selatan Beirut pada Jumat.

Kematian Nasrallah menandai pukulan telak bagi Hizbullah yang sedang mengalami gempuran serangan Israel, dan bahkan ketika berita ini muncul, beberapa pendukung kelompok ini sangat berharap bahwa ia masih hidup.

“Ya Tuhan, saya harap itu tidak benar. Ini adalah sebuah bencana jika itu benar,” kata Zahraa, seorang wanita muda yang mengungsi semalam dari benteng Hizbullah di pinggiran selatan Beirut.

“Dia memimpin kami. Dia adalah segalanya bagi kami. Kami berada di bawah sayapnya,” katanya kepada Reuters dengan berlinang air mata melalui telepon.

Ia mengatakan bahwa para pengungsi lain di sekitarnya pingsan atau mulai berteriak ketika mereka menerima pemberitahuan di ponsel mereka tentang pernyataan Hizbullah yang mengonfirmasi kematiannya.

Nasrallah, yang memimpin Hizbullah sejak pemimpin kelompok Muslim Syiah sebelumnya terbunuh dalam sebuah operasi Israel pada tahun 1992, dikenal karena pidato-pidatonya yang disiarkan di televisi – yang ditonton dengan seksama oleh para pendukung dan penentangnya.

“Kami masih menunggu dia muncul di televisi pada pukul 17.00 dan mengatakan kepada kami bahwa semuanya baik-baik saja, bahwa kami dapat kembali ke rumah,” kata Zahraa.

Di beberapa bagian kota Beirut, orang-orang bersenjata mendatangi toko-toko dan menyuruh para pemiliknya untuk menutup toko-toko tersebut, kata para saksi mata. Tidak segera jelas dari faksi mana orang-orang bersenjata itu berasal.

Bunyi tembakan terdengar di distrik Hamra di bagian barat kota ketika para pelayat melepaskan tembakan ke udara, kata penduduk di sana. Kerumunan orang terdengar meneriakkan, “Untukmu, Nasrallah!”

Tembakan semacam itu sering menyertai prosesi berkabung atau perayaan di Timur Tengah – dalam hal ini, yang pertama. Prosesi serupa juga terjadi di pinggiran selatan Beirut, menurut TV Al-Manar milik Hizbullah.

Sumber keamanan kedua mengatakan bahwa pasukan keamanan Lebanon sedang mempersiapkan kemungkinan pecahnya ketegangan sektarian.

Lebanon terdiri dari keseimbangan sekte-sekte agama yang genting, termasuk berbagai komunitas Muslim dan Kristen, yang diwakili oleh partai-partai politik yang saling bersaing. Hizbullah, di bawah Nasrallah, menjadi faksi yang paling kuat di negara ini.

TV Al-Manar milik Hizbullah memutar ayat-ayat Al-Quran untuk mengenang pemimpin kelompok tersebut yang terbunuh. Seorang koresponden dari MTV Lebanon, sebuah stasiun televisi yang garis editorialnya biasanya anti-Hizbullah, menyampaikan belasungkawa melalui siaran langsung.

REUTERS

Pilihan Editor: Deretan Tokoh Hizbullah, Hamas, dan Iran yang Tewas dalam Konflik dengan Israel

Leave a comment