Informasi Terpercaya Masa Kini

Di Balik Citra Publik Rapper dan Produser Musik Ternama P Diddy

0 2

KOMPAS.com– Nama Sean ‘Diddy’ Combs atau P Diddy ramai dibicarakan setelah penangkapannya pada 16 September 2024 di sebuah hotel di New York.

Penangkapan Diddy menjadikannya tokoh paling terkenal di dunia musik yang menghadapi tuntutan pidana atas pelanggaran seksual sejak R. Kelly.

R. Kelly adalah penyanyi R&B yang, setelah persidangan di New York dan Chicago, dijatuhi hukuman lebih dari 30 tahun penjara atas kejahatan seks anak, perdagangan seks, dan pemerasan.

Sementara itu, selama beberapa dekade, Diddy menampilkan citra seorang maestro musik kulit hitam yang kaya raya, seseorang yang mendobrak batasan bisnis, mengadakan pesta mewah, dan bahkan menciptakan momen-momen TV yang ikonik.

Baca juga: Usher Didamprat Penggemar karena Hapus 7.000 Tweet-nya yang Diduga Menutupi Kasus P Diddy

Namun menurut jaksa, hal itu berbanding terbalik dengan yang terlihat di belakang layar.

Dominasi pasar musik

Sepanjang kariernya, Diddy mendominasi musik, televisi, dan mode, mengumpulkan kekayaan senilai ratusan juta dolar.

Di depan publik, ia adalah produser musik yang cerdik, menghasilkan hits hip-hop di bawah label Bad Boy Records miliknya, yang didirikannya pada tahun 1993 dan membantu menjadikannya sebagai maestro budaya.

Diddy juga menampilkan dirinya sebagai produser yang suka bersenang-senang yang menari dalam video musik dan maestro bisnis tangguh yang mengembangkan bakat baru.

Ia memanfaatkan pergeseran hip-hop ke budaya arus utama di awal milenium baru.

Namun secara pribadi, jaksa menuduh dalam dakwaan terhadap Diddy, bahwa Diddy dan rekan-rekannya “menggunakan kekuasaan dan prestise”-nya untuk mengatur pelecehan seksual, emosional, dan fisik terhadap orang-orang di sekitarnya.

“Kita pernah melihat pola ini sebelumnya — seseorang yang memiliki kekuasaan dan pengaruh memilih untuk mengeksploitasi orang lain demi keuntungan mereka sendiri, menggunakan rasa takut, manipulasi dan kekerasan untuk mempertahankan kendali atas korbannya,” kata Fatima Goss Graves, presiden dan CEO Pusat Hukum Perempuan Nasional.

Baca juga: Buat Dokumenter P Diddy, Rapper 50 Cent Gandeng Netflix

Popularitas, kekayaan

Seiring berjalannya waktu, Combs memperluas kerajaannya hingga mencakup pakaian, parfum, acara MTV yang populer, merek minuman beralkohol, dan banyak lagi.

Menurut Forbes, pada bulan Juni, kekayaan bersih Combs diperkirakan mencapai 400 juta dollar AS (sekitar Rp 6 triliun), bahkan setelah kehilangan ratusan juta karena tuduhan terhadapnya terus bermunculan.

Ia dikaitkan dengan kekayaan dan kekuasaan, serta musik dan budaya.

Dari tahun 1998 hingga 2009, pesta tahunan Combs menjadi salah satu pesta paling populer, dengan tamu-tamu selebritas ternama.

Seperti Paris Hilton, Leonardo DiCaprio, Mariah Carey, Jay-Z, dan Beyoncé yang hadir.

Combs mengatakan bahwa ia meluncurkan White Party untuk mengaitkan hip-hop dengan kekayaan dan golongan atas.

“Saya ingin menyingkirkan citra semua orang dan menempatkan kita semua dalam warna yang sama, dan pada level yang sama,” katanya dalam sebuah wawancara tahun 2006 dengan Oprah.

Kerajaannya yang terus berkembang membuatnya mendapatkan reputasi sebagai pria kaya yang berpikiran bisnis dan gambaran “keunggulan orang kulit hitam”, dengan kisah sukses yang menjadi inspirasi terutama bagi pria kulit hitam muda.

“Para rapper memiliki nilai simbolis bagi orang-orang. Itulah fenomena Diddy,” kata A.D. Carson, profesor hip-hop dan Global South di Universitas Virginia.

Carson menambahkan bahwa kekayaan dan pengaruh Combs dalam budaya kulit hitam telah membuatnya menjadi seseorang yang ingin diajak bergaul oleh para selebritas kulit hitam, terkadang dengan mengorbankan mengabaikan dugaan pelanggaran dan pelecehan yang dilakukannya.

“Beberapa orang yang diam adalah, ‘Saya perlu berada di dekat orang ini karena mereka kuat dan mereka dapat membuat atau menghancurkan karier saya,’” kata Odeleye, aktivis dan co-founder kampanye social #MuteRKelly.

Leave a comment