Informasi Terpercaya Masa Kini

Timnas Indonesia vs Maladewa U-20: Peta Kekuatan & Peringkat FIFA, Jauh

0 2

jpnn.com – JAKARTA – Jadwal pertandingan Timnas U-20 Indonesia vs Maladewa sebagai laga kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F akan berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (25/9) pukul 19.30 WIB.

Indonesia yang dalam ranking FIFA berada di peringkat 129, tentu membidik poin penuh agar dapat menghadapi dua laga selanjutnya menghadapi Timor Leste dan Yaman dengan rasa nyaman.

Skuad asuhan Indra Sjafri tentu paham jika torehan tiga poin pada pertandingan ini merupakan sebuah keharusan, terlebih Jens Raven serta kolega akan tampil di hadapan dukungan sendiri.

Pertandingan menghadapi Maladewa (peringkat 163 FIFA) malam nanti akan menjadi ajang pembuktian skuad Garuda Muda yang tercatat telah melalui banyak masa persiapan.

Baca Juga: Indra Sjafri Ungkap Alasan tidak Memilih Arkhan Kaka di Timnas U-20 Indonesia

Timnas U-20 Indonesia tercatat mengawali persiapan mereka dengan bertanding pada turnamen Toulon Cup 2024 ketika tergabung di Grup B bersama Ukraina, Italia, Jepang, dan Panama.

Meski tercatat menelan empat kekalahan dari dari empat laga yang dilalui, pengalaman ini benar-benar dijadikan pembelajaran oleh Indra Sjafri menuju Piala AFF U-19 2024.

Pada kompetisi Piala AFF U-19 2024, Jens Raven serta kolega mampu keluar sebagai juara dengan mencatatkan enam kemenangan dari enam laga yang dilalui dari babak penyisihan grup hingga partai final.

Setelah meraih kejayaan pada Piala AFF U-19 2024, skuad Garuda Nusantara kembali melakukan persiapan dengan berlaga pada turnamen Seoul Earth On Us 2024 di Korea Selatan.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas U-20 Indonesia vs Maladewa

Timnas U-20 Indonesia sempat membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina. Namun, selanjutnya takluk dari Thailand dan tuan rumah Korea Selatan.

Pada pertandingan menghadapi Maladewa nanti, Indonesia tentu diharuskan mendapatkan kemenangan agar terlihat bahwa masa persiapan mereka sebelumnya benar-benar membuahkan hasil.

Komentar Indra SjafriPelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri mengatakan akan memfokuskan timnya untuk menatap satu per satu dari tiga laga kualifikasi Piala Asia U-20 Grup F yang akan dilakoni selama lima hari, 25-29 September.

Baca Juga: Timnas U-20 Indonesia Takluk 0-3 dari Korea Selatan

“Tadi saya meeting dengan pemain, kita akan selesaikan satu per satu game. Jadi kami fokus dulu besok karena pertandingan pertama lawan Maladewa kita fokus.,” kata Indra Sjafri.

“Lalu yang kedua lawan Timor Leste, dan terakhir Yaman. Kami menganggap semua tim yang hadir di sini akan merespons dengan baik dan tidak pernah menganggap tim-tim tiga ini, mana lebih baik, mana kurang” sambungnya.

Mengenai persiapan yang dilakukan timnya, Indra mengaku optimistis dari persiapan yang sudah dilakukan.

Timnas U-20 Indonesia mendapatkan hasil terbaik pada persiapan pertama yang mereka lakukan ketika menjuarai Piala AFF U-19 2024 di Surabaya pada Juli.

Setelah AFF U-19, Indonesia menjalani persiapan dengan mengikuti turnamen kecil di Korea Selatan, Seoul Earth On Us Cup 2024 dan kemudian menjalani pemusatan latihan di Bali sekitar dua pekan.

“Mengenai persiapan timnas Indonesia U-20, setelah tangga pertama kita lewati kemarin AFF, kita sempat mengikuti turnamen di Korea Selatan melawan Argentina, Thailand, dan Korsel. Lalu yang kedua kami melakukan persiapan akhir di Bali kemarin selama 14 hari dengan melakukan internal game dan simulasi pertandingan kualifikasi,” jelas Indra.

Sementara itu, pelatih Maladewa U-19 Ahmed Shakir mengatakan dirinya tak bisa membawa seluruh anak-anak asuhnya ke dalam babak kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini.

Ahmed menjelaskan jika ia harus meninggalkan 10 pemainnya karena harus bersekolah dan hal itu enggan diratapi dan dirinya memastikan Maladewa siap untuk berlaga.

“Sebagian dari pemain saya masih pelajar, jadi mereka harus sekolah dan saya terpaksa mengganti beberapa pemain saya. Itu adalah tantangan berat buat saya, tetapi saya senang dengan persiapan tim kami,” ujar Ahmed Shakir.

“Kami sudah mulai melakukan berbagai persiapan sejak awal Juli. Selain itu, pasukan saya sudah mengikuti beberapa turnamen sebagai persiapan,” sambungnya.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Maladewa U-20

Jelang pertandingan menghadapi Maladewa, Indonesia tak akan diperkuat oleh bek sayap Welber Jardim dan penyerang Arkhan Kaka yang tak masuk ke dalam 23 pemain untuk babak kualifikasi ini.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, buka suara soal situasi Welber Jardim di timnya.

Seperti diketahui, Welber Jardim tak masuk dalam skuad Timnas U-20 Indonesia untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Indra Sjafri mengatakan bahwa pihak Timnas U-20 Indonesia sudah berkomunikasi dengan klub Welber Jardim, Sao Paulo U-17.

Pelatih asal Sumatra Barat itu menyebut bahwa Welber sendirilah yang tidak kunjung datang, meski sudah diberikan tiket dan izin klub.

“Secara prinsip klub Welber sudah melepas dia untuk bergabung dengan Timnas,” ungkap Indra Sjafri, dalam sesi jumpa pers sebelum laga, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9).

Sementara itu, alasan tidak dipanggilnya Arkhan Kaka, Indra Sjafri menjelaskan karena tim kepelatihan menyepakati untuk menyertakan striker kelahiran 2005 untuk kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dalam hal ini adalah Jens Raven dan Muhammad Ragil.

Hal ini membuat Kaka yang merupakan kelahiran 2007 akhirnya tak dibawa. Hal yang sama juga bernasib pada Ousmane Camara.

“Striker juga ada empat orang, Jens Raven kelahiran 2005, Ragil kelahiran 2005, Ousmane kelahiran 2007, dan Kaka kelahiran 2007,” kata Indra Sjafri.

“Saya diskusi dengan tim, menganalisis, kumpulkan semua data, akhirnya kita putuskan kita beri kesempatan yang kelahiran 2005, Karena untuk 2007 itu masih bisa di next U-19 yang akan datang,” lanjutnya.

Berikut ini prediksi susunan pemain Timnas U-20 Indonesia vs Maladewa:

Timnas U-20 Indonesia: Ikram Al Giffari; Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Alfahrezi Buffon; Mufli Hidayat, Figo Denis, Toni Firmansyah, Dony Tri Pamungkas; Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan; Jens Raven.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-20 Maladewa: Mohamde Yaameen; Ahmed Nawaf, Dhayyan Ahmed, Afzal Mohamed, Joodh Ashfaaq; Abdulla Looth, Adam Shiyaan, Mohamed Firaq, Mohamed Aiham; Yoosuf Saaif, Shanaan Rashhaad. (antara/jpnn)

Leave a comment