Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Rekomendasi Tanaman yang Cocok di Ruangan Gelap, Mudah Dirawat!

0 3

Tanaman hias tak hanya berfungsi untuk menghias rumah dan membuat ruangan semakin asri dan hijau. Tapi juga bisa memproduksi oksigen yang menyegarkan ruangan.

Sayangnya, tidak semua tempat tinggal punya pencahayaan yang cukup. Padahal sinar matahari merupakan hal sentral supaya tanaman hias tumbuh dengan baik. Nah, kini kamu tak perlu khawatir jika kamu punya ruangan gelap dan minim cahaya.

Berikut Popbela rekomendasikan tanaman yang cocok buat ruangan gelap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin menciptakan “taman” mini di dalam ruangan, ya!

1. English Ivy

Rekomendasi tanaman yang cocok buat ruangan gelap yang pertama adalah English Ivy. Tanaman dari keluarga Araliaceae masuk dalam kategori tumbuhan merambat. Kamu bisa menggantungkan tanaman ini di langit-langit di rumah untuk memberikan kesan asri dan cantik.

Daun ivy sendiri terdiri punya warna beragam yang elok untuk dilihat. Mulai berwarna hijau segar, ada pula yang berwarna kuning, kuning keemasan, dan putih creamy.

Keunggulan tanaman ini adalah tetap bisa hidup subur meski tak mendapat banyak asupan matahari. Hanya saja, kamu harus menjaga daun-daunnya dari kekeringan dengan cara menyiraminya secara rutin.

2. Lucky Bamboo

Lucky bamboo atau bambu keberuntungan bisa hidup di ruangan gelap dengan cahaya yang minim sekalipun. Lucky bamboo juga masuk dalam jenis tanaman yang aman dipelihara di ruang tertutup.

Ini karena lucky bamboo hanya membutuhkan sedikit cahaya untuk bisa tumbuh subur dan sehat. Perawatan lucky bamboo cukup mudah dan praktis.

Mengutip Gardening Know How, kamu hanya perlu merendam lucky bamboo di dalam air. Untuk menghindari jamuran akibat air yang kotor, kamu perlu mengganti airnya tiap seminggu atau dua minggu sekali.

3. Dumb Cane

Walau bernama dumb cane, tanaman ini bisa disebut dengan nama daun bahagia atau dieffenbachia. Daun bahagia bisa hidup tahan banting di berbagai situasi lingkungan, termasuk ruangan gelap sekalipun.

Selain bisa ditanam di pekarangan, daun bahagia juga bisa ditanam di pot-pot yang diletakkan indoor. Daya tarik dari tanaman hias ini terletak pada penampang daunnya. Di mana penampang daunnya bernuansa hijau, putih dan kuning dalam bercak-bercak abstrak yang tak simetris.

Memiliki lebih dari 50 spesies, daun bahagia bisa tetap tumbuh subur meski diletakkan di ruangan minim cahaya.

4. Monstera Adansonii

Tanaman yang cocok untuk ruangan gelap selanjutnya adalah Monstera adansonii. Tanaman hias ini dikenal dengan nama tanaman keju swiss lantaran memiliki lubang mirip keju di daunnya.

Tanaman Monstera adansonii menjadi pilihan tepat untuk tanaman gantung di ruangan. Lantaran tanaman tropis ini masuk dalam tanaman merambat dengan daun berwarna hijau cerah dan batang tanaman yang panjang dan menjuntai.

Tanaman ini punya perawatan mudah dan praktis. Apabila ingin merapikannya agar tidak terlalu panjang, kamu hanya perlu memangkas cabang-cabangnya yang merambat. Sementara tanahnya harus tetap lembab, namun tidak terlalu basah.

5. Aglonema

Aglonema atau sri rejeki akan terbakar apabila diletakkan di bawah sinar matahari yang terlalu terang. Maka dari itu, tanaman ini bisa jadi alternatif tanaman yang cocok di ruangan gelap.

Tanaman ini mudah perawatannya serta banyak jenisnya, mulai dari yang berdaun merah hingga emas. Perawatannya hanya perlu menyiramnya 3 hari sekali dengan cukup membasahi bagian atas tanah.

Pupuknya disesuaikan dengan suhu daerah yang kamu tinggali, dan berikan tiga atau dua minggu sekali. Penyiraman berlebihan dapat menyebabkan daunnya menguning dan akarnya membusuk.

6. Peace Lily

Tanaman yang cocok di ruangan gelap berikutnya adalah peace lily atau lili perdamaian. Bunga ini punya penampilan anggun dan cantik saat ditempatkan di ruangan minim cahaya. Peace lily punya bunga berwarna putih serta dedaunan hijau mengilap yang indah.

Dibalik kecantikannya, peace lily adalah tanaman minim perawatan. Bunga indah ini hanya perlu disiram saat tanahnya sudah kering ketika disentuh.

Dalam habitat aslinya, peace lily sangat menyukai iklim yang teduh dan sejuk. Sehingga tanaman ini hanya membutuhkan sedikit cahaya untuk pertumbuhannya.

7. Spider Plant

Spider plant atau lili paris adalah tanaman yang bisa kamu letakkan di dalam ruangan gelap. Hal ini karena daun spider plant akan terbakar apabila diletakkan di bawah sinar matahari. Tanaman ini punya karakteristik yang unik, yakni memiliki warna daun hijau dengan garis berwarna putih hingga kuning.

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi dan tetap bisa tumbuh dalam kondisi lingkungan yang minim cahaya matahari. Tidak cuma itu, lili paris juga sangat mudah dirawat. Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Apabila diletakkan di ruang tamu atau kamar, lili paris mampu memberikan suasana sejuk dan membantu mengurangi polusi udara. Untuk penyiramannya dilakukan seminggu sekali atau saat tanah mulai terlihat kering.

Itu dia 7 jenis tanaman yang cocok diletakkan di ruangan gelap. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Hunian Kecil

Baca Juga: 9 Rekomendasi Hiasan Dinding Dapur Unik, Bikin Dapur Makin Estetis!

Baca Juga: 7 Interior Modern dan Mewah yang Bisa Jadi Inspirasimu!

Leave a comment