Informasi Terpercaya Masa Kini

Turunkan Kolesterol dengan Perubahan Gaya Hidup Berikut

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Kadar kolesterol dapat naik karena konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, kelainan genetik, dan faktor gaya hidup seperti merokok, kurang bergerak, dan minum alkohol. Pakar diet Manpreet Kalra membagi beberapa tips efektif yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan membuat perubahan sehat dalam pola makan.

Berikut tips menurunkan kadar kolesterol seperti dilansir laman Hindustan Times. Mulailah hari dengan asam lemak omega-3 seperti air biji chia, kenari, dan lain-lain karena mengandung asam lemak esensial yang mengurangi peradangan dan meningkatkan profil lipid.

Kemudian, nikmati sarapan tinggi serat dan kaya protein seperti oat untuk mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat. Usahakan berjalan kaki 10-15 menit setelah makan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan meningkatkan profil lipid.

Batasi makanan ini

Menambahkan jahe dan bawang putih ke dalam kari dan sup dari kacang-kacangan kering juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, juga membantu mencegah aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri. Hindari jajanan olahan seperti keripik. Makanan ini mengandung minyak nabati olahan yang meningkatkan kolesterol.

Batasi konsumsi makanan yang terbuat dari terigu seperti kue dan kerupuk. Makanan ini tinggi gula dan mengandung lemak jenuh. Tambahkan sayuran kaya vitamin B seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, dan kacang hijau untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan melindungi jantung.

Tambahkan makanan penurun kolesterol di pagi hari. Selain menurunkan kolesterol, juga mengurangi peradangan.

Pilihan Editor: Mengenal PAD, Gejala Kolesterol Tinggi yang Tampak di Kaki

Leave a comment