Informasi Terpercaya Masa Kini

Penjelasan Produsen “Walkie-talkie” Jepang Terkait Produk yang Meledak di Lebanon

0 3

TOKYO, KOMPAS.com – Perusahaan Jepang Icom mengatakan pada Kamis (19/9/2024 ) bahwa mereka telah berhenti memproduksi model radio walkie-talkie yang dilaporkan digunakan dalam ledakan baru-baru ini di Lebanon sekitar 10 tahun lalu.

“IC-V82 adalah radio genggam yang diproduksi dan diekspor, termasuk ke Timur Tengah, dari tahun 2004 hingga Oktober 2014. Radio ini dihentikan produksinya sekitar 10 tahun yang lalu, dan sejak saat itu, radio ini tidak pernah lagi dikirim oleh perusahaan kami,” kata Icom, dikutip dari CNA.

“Produksi baterai yang dibutuhkan untuk mengoperasikan unit utama juga telah dihentikan, dan segel hologram untuk membedakan produk palsu tidak dipasang, jadi tidak mungkin untuk memastikan apakah produk tersebut dikirim dari perusahaan kami,” katanya.

Baca juga: Taiwan Periksa Pimpinan Gold Apollo terkait Ledakan Pager di Lebanon

Ditambahkannya, produk untuk pasar luar negeri dijual secara eksklusif melalui distributor resminya, dan program ekspornya didasarkan pada peraturan kontrol perdagangan keamanan Jepang. 

“Semua radio kami diproduksi di anak perusahaan produksi kami, Wakayama Icom Inc, di Prefektur Wakayama, di bawah sistem manajemen yang ketat. Jadi tidak ada komponen selain yang ditentukan oleh perusahaan kami yang digunakan dalam suatu produk.”

“Selain itu, semua radio kami diproduksi di pabrik yang sama, dan kami tidak memproduksinya di luar negeri,” kata pernyataan itu.

Dalam gelombang kedua ledakan bom dalam beberapa hari, 20 orang tewas dan lebih dari 450 orang terluka pada hari Rabu di markas Hizbullah di Lebanon.

Sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan walkie-talkie yang digunakan oleh anggotanya meledak di bentengnya di Beirut, sementara media pemerintah melaporkan ledakan serupa di Lebanon selatan dan timur.

Peristiwa itu terjadi sehari setelah ledakan serentak ratusan alat pemanggil yang digunakan oleh Hizbullah menewaskan 12 orang, termasuk dua anak-anak, dan melukai hingga 2.800 lainnya di seluruh Lebanon, dalam serangan belum pernah terjadi sebelumnya yang disalahkan pada Israel.

Baca juga: Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah Akhirnya Buka Suara Terkait Ledakan Pager dan Walkie-Talkie di Lebanon

Tidak ada komentar dari Israel. Gedung Putih memperingatkan semua pihak agar tidak melakukan eskalasi dalam bentuk apa pun.

Leave a comment