Informasi Terpercaya Masa Kini

Bacaan Sayyidul Istighfar Lengkap dengan Arti & Keutamaannya, Dijanjikan Allah Masuk Surga

0 2

Tahukah Bunda? Ada sebuah zikir yang disebut Nabi sebagai Sayyidul Istighfar atau pemuka Istighfar. Setiap Muslim dianjurkan mengamalkan bacaan zikir tersebut secara rutin untuk mendapatkan keistimewaan yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Mengutip dari buku Kalkulator Rezeki karya Ahmad Zainal Abidin, beristighfar berarti menyesali semua bentuk kesalahan yang telah diperbuat, memohon maaf kepada orang yang telah diambil hak-haknya, mengaku terus terang kepada mereka yang dulu pernah ditipu, memohon ampun kepada Allah SWT, dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari.

Sementara itu, zikir Sayyidul Istighfar termasuk amalan istimewa yang bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun. Rasulullah SAW dalam hadisnya menganjurkan untuk membaca Sayyidul Istighfar pada pagi dan petang hari.

Melansir dari laman detikcom, Nabi SAW ungkap melalui sabdanya, “Penghulu istighfar adalah seseorang mengucapkan, ‘Ya Allah, Engkau Rabbku, tidak ada sembahan yang haq kecuali Engkau. Engkau menciptakanku dan aku hamba-Mu. Aku di atas perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang aku lakukan, aku mengakui untuk-Mu nikmat-nikmat-Mu atasku, dan aku mengakui untuk-Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau’.”

Bacaan Sayyidul Istighfar: Arab, latin, dan arti

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bi dzanbi faghfir lii fa innahu laa yaghfirudz dzubuuba illa anta

Artinya:

“Ya Allah, Engkau Rabbku, tidak ada sembahan yang haq kecuali Engkau. Engkau menciptakanku dan aku hamba-Mu. Aku di atas perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang aku lakukan, aku mengakui untuk-Mu nikmat-nikmat-Mu atasku, dan aku mengakui untuk-Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.”

Baca Juga : 13 Doa untuk Anak agar Tidak Sakit, Sukses Dunia Akhirat, Saleh & Nurut5 Keutamaan Sayyidul Istighfar

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Sayyidul Istighfar yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya:

1. Diberi ganjaran surga

Melansir dari laman CNN Indonesia, Rasulullah SAW pernah berkata bahwa siapa pun yang membaca doa Sayyidul Istighfar di pagi hari, lalu sore harinya ia meninggal dunia, maka surga akan menerimanya.

Oleh karena itu, Sayyidul Istighfar dapat diamalkan setiap pagi dan sore, termasuk setelah menunaikan ibadah salat Subuh dan Ashar.

2. Diampuni segala dosanya

Dengan membaca zikir tersebut, Allah SWT akan mengampuni segala dosa umat-Nya. Hal ini dijelaskan juga dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Imam Tirmidzi:

وعن بلال بن يسار بن زيد رضي الله عنه قال: حدثني أبي، عن جدي أنه سمع النبي صلى الله عليه وسلم يقول: من قال: أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ القَيُّوْمَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ، غفر له وإن كان فرّ من الزحف. رواه أبو داود، والترمذي

Artinya:

“Diriwayatkan dari Bilal bin Yasar bin Zaid radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, ‘Ayahku memberitahuku, yang mana ia mendengarnya dari kakekku, bahwa dia mendengar bahwa Nabi Muhammad bersabda: Barangsiapa mengucapkan Astaghfirullah alladziim laa ilaaha illaa huwa al-hayya al-qayyuum wa atuubu ilaih’ (Aku mohon ampun kepada Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Ada, dan aku bertaubat kepada-Nya), maka dia akan diampuni, meskipun dia lari dari mukanya’.” (HR Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi)

3. Rezekinya dilancarkan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa seret rezekinya, beristighfarlah kepada Allah SWT.” (HR. Baihqi)

Ibnu Abbas RA mengatakan, “Sesungguhnya, amal kebaikan itu menerangkan hati, mencerahkan wajah, menguatkan badan, menambah rezeki, dan membangkitkan kecintaan orang-orang. Amal keburukan, sebaliknya, memuramkan wajah, menggelapkan hati, melemahkan badan, mengurangi rezeki dan membangkitkan kebencian orang-orang.”

4. Menjadi hamba yang dicintai Allah

Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah Ta’ala dan orang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.” (HR. Ibnu Majah)

5. Dijauhkan dari kesulitan

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang rutin membaca istighfar, Allah akan memberikan solusi pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan Dia akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak terduga.” (HR. Abu Dawud)

Waktu terbaik membaca Sayyidul Istighfar

Berikut adalah waktu tepat yang bisa Bunda pilih untuk mengamalkan zikir Sayyidul Istighfar agar bisa mendapatkan keutamaannya:

  • Setelah salat fardu: Momen setelah menunaikan salat fardu menjadi waktu yang sangat baik untuk berdoa dan beristighfar karena kita sedang dalam keadaan suci dan dekat dengan Allah SWT.
  • Sebelum fajar: Membaca doa ini pada waktu sebelum fajar atau sebelum salat Subuh juga sangat dianjurkan karena merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa dan meminta ampunan kepada Allah SWT.
  • Sore hari: Selain di pagi hari, sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk membaca doa ini pada saat sore hari agar dijauhkan dari segala perbuatan buruk dan segala bahaya.

Nah, itulah bacaan Sayyidul Istighfar yang bisa Bunda amalkan hingga waktu yang tepat membacanya. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • Bacaan Sholawat Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad dan Keutamaannya
  • Arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah & Syafahullah dan Cara Menjawabnya yang Benar
  • 7 Doa Meluluhkan Hati Seseorang seperti Kisah Para Nabi

Bagi Bunda yang mau sharing  soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment