Informasi Terpercaya Masa Kini

Jelang Akad Putra Khofifah Yusuf Mannagalli,Turut Digelar Prosesi Pasrah Tinampi

0 2

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Jelang prosesi akad nikah sang putra, Yusuf Mannagalli, Khofifah Indar Parawansa menggelar prosesi pasrah tinampi di grand ballroom Al Marwah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat (20/9/2024). 

Berlangsung khidmat, prosesi adat ini dilakukan untuk menyerahterimakan calon mempelai laki-laki ke keluarga mempelai perempuan.

Keluarga mempelai laki-laki juga menyerahkan sejumlah seserahan pada keluarga perempuan serupa dengan proses lamaran.

Bernuansa serba putih, prosesi pasrah tinampi ini dilakukan di tempat yang sama dengan venue akad nikah yang akan dilakukan di waktu siangnya.  

Khofifah tampak mengenakan baju putih didampingi dengan para anaknya. Yaitu anak pertama Ima Patimasang, sang cucu Aisyah Nabila, putra keempat Ali Mannagalli.

Dan tentu tampak di sana, sang calon pengantin, Yusuf Mannagalli yang tampak cukup tegang menjalani prosesi tersebut.

Namun beberapa kali ia tampak tersenyum bahagia terutama saat prosesi lamaran dan keluarga perempuan menerima lamaran dari Yusuf Mannagalli.

“Sebelum afdun nikah siang ini, maka diawali pagi ini dengan pasrah tinampi. Jadi serah-serahan dari calon pengantin laki-laki ke keluarga calon pengantin perempuan. Ini acara yang sederhana orang nyebut lamaran, tapi ini kan penyerahan secara resmi dari keluarga laki-laki melamar calon pengantin perempuan,” kata Khofifah yang diwawancara pasca acara.

Dalam acara ini, tak banyak tamu yang hadir. Hanya keluarga besar Khofifah dari Surabaya, dan juga dari Makassar, beberapa kolega dan juga dari keluarga mempelai perempuan. 

“Mohon doanya mudah-mudahan semua dimudahkan, Allah. Dan bisa terbanhun keluarga yang maslahat, sakinah mawaddah warohmah,” ujar Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah menegaskan setelah acara pasrah tinampi akan dilanjutkan akad nikah. Dimana Presiden Joko Widodo akan menjadi saksi dari keluarga mempelai laki-laki.

Kemudian juga akan dilakukan syukuran di rumah Jemursari. Khususnya untuk tamu yang kebetulan belum sempat ke Masjid Nasional Al Akbar. 

Sebagaimana diketahui, Yusuf Mannagalli, adalah putra Khofifah yang ketiga. Yusuf diketahui adalah lulusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang dan kini berprofesi sebagai dokter.

Sedangkan sang calon istri, Jihan, adalah putri kedua dari H Abdul Khaliq Lc dan Hj Atik Athiyah. Ia diketahui juga seorang dokter lulusan Universitas Airlangga Surabaya. 

(Fz.Fatimatuz zahroh)

Leave a comment