Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Cara agar Flek Hitam di Wajah Cepat Mengelupas dari Bahan Alami hingga Medis

0 5

Flek hitam merupakan bintik-bintik berwarna hitam yang sering ditemukan di bagian wajah. Meski tidak berbahaya, sebagian orang mungkin terganggu dengan hal itu. Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas.

Bintik-bintik hitam atau yang kerap disebut hiperpigmentasi ini bisa terjadi akibat produksi melanin berlebih di area tertentu pada kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh tubuh yang memberi warna pada rambut, mata, dan kulit.

Ada juga beberapa faktor yang mungkin berkontribusi terhadap kehadiran flek hitam, seperti paparan sinar matahari setiap hari, ketidakseimbangan hormon, hingga obat-obatan tertentu.

Meski flek hitam biasanya akan memudar dengan sendirinya, itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, Bunda perlu melakukan perawatan secara rutin agar bintik hitam tersebut hilang dari wajah dengan cepat.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam, mulai dari menggunakan bahan alami hingga secara medis.

1. Peterseli

Peterseli memiliki khasiat mencerahkan kulit karena kaya akan vitamin C. Peterseli dapat membantu mengatasi bintik hitam, noda, dan kondisi serupa lainnya, termasuk melasma epidermal.

Bunda hanya membutuhkan satu sampai dua sendok makan daun peterseli dan kapas steril. Haluskan daun tersebut menggunakan blender. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah. Biarkan selama 20 sampai 30 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Bunda bisa melakukan ini sekali sehari atau dua hari sekali.

Baca Juga : 9 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah, Bikin Glowing Bebas Kusam2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa dengan efek melanositik yang dapat membantu menghilangkan pigmentasi bintik hitam

Bunda hanya membutuhkan gel lidah buaya dan kapas. Ekstrak gel dari daun lidah buaya dan kocok gel menggunakan garpu. Celupkan kapas ke dalam gel yang sudah dikocok dan oleskan ke area flek hitam.

Kemudian, biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Bunda bisa melakukan hal ini sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung herperidin, flavonoid kuat yang memiliki efek mencerahkan kulit. Bahan alami ini dapat membantu Bunda untuk menghilangkan bintik hitam pada kulit.

Bunda hanya perlu menyiapkan setengah sendok teh bubuk kulit jeruk kering, air, dan kapas. Campurkan beberapa tetes air dengan bubuk kulit jeruk kering. Oleskan campuran tersebut ke area yang terkena menggunakan kapas.

Biarkan selama 20 sampai 30 menit dan bilas menggunakan air sampai bersih. Bunda bisa melakukan hal ini sekali sehari.

4. Mentimun

Mentimun merupakan sumber yang kaya antioksidan dan senyawa kaya silika yang memiliki sifat mencerahkan kulit. Hal ini dapat membantu meminimalkan munculnya bintik hitam.

Ambil mentimun segar dan haluskan. Oleskan pasta ini pada area yang terdapat flek hitam. Biarkan selama 20 sampai 30 mnit dan bilas dengan air. Bunda bisa melakukan hal ini sebanyak satu sampai dua kali sehari.

5. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, antioksidan dengan efek anti-melanogenik. Ini dapat membantu meringankan bintik hitam.

Bunda membutuhkan satu sendok teh kunyit, sedikit air, dan kapas. Campurkan bubuk kunyit tersebut dengan beberapa tetes air hingga membentuk sebuah pasta. Kemudian, oleskan campuran itu ke area yang terkena. Biarkan selama 20 sampai 30 menit. Bilas dengan air, Bunda bisa melakukan ini sekali sehari.

6. Mikrodermabrasi

Melansir dari laman Healthline, mikrodermabrasi adalah prosedur invasif minimal yang digunakan untuk memperbarui warna dan tekstur kulit secara keseluruhan. Dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang terkena paparan sinar matahari, kerutan, jerawat, dan kondisi lainnya.

7. Laser Skin Resurfacing

Laser Skin Resurfacing adalah jenis prosedur perawatan kulit yang telah dilakukan oleh dokter kulit. Ini melibatkan penggunaan laser untuk membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit.

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat menggunakan bahan alami hingga medis. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 5 Bahaya Masker Kopi untuk Kulit & Cara Mengurangi Efek Sampingnya
  • 5 Cara Membuat Wajah Glowing dengan Air Mawar, Awet Muda Bebas Flek Hitam
  • 9 Cara Mencerahkan Wajah Kusam secara Alami, Bisa Pakai Teh

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video lima rekomendasi produk skincare untuk menjaga skin barrier yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

Leave a comment