Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Fitur iOS 18 yang Menarik Dicoba, Bisa Ganti Ikon Aplikasi dan Control Center

0 3

KOMPAS.com – iOS 18 sekarang sudah bisa diunduh dan diinstal di iPhone oleh semua pengguna. Lantaran telah tersedia, agar tak ketinggalan, pengguna bisa segera memperbarui sistem operasi pada iPhone miliknya ke iOS 18.

Pasalnya, sistem operasi terbaru buat iPhone membawa sejumlah peningkatan dan pembaruan fitur. Beberapa di antaranya, terdapat fitur iOS 18 yang cukup keren dan menarik buat dicoba di iPhone.

Baca juga: iOS 18 Sudah Tersedia, Apakah iPhone 11 Bisa Update?

Dalam hal ini, pengguna mungkin bakal tertarik untuk mengetahui sejumlah fitur iOS 18 keren tersebut. Lantas, apa saja fitur iOS 18 yang menarik buat dicoba? Jika penasaran, berikut adalah ulasan beberapa fitur iOS 18 yang menarik buat dicoba.

Fitur iOS 18 yang menarik buat dicoba

Untuk diketahui, iOS 18 secara umum membawa pembaruan yang memungkinkan pengguna mengatur perangkat secara lebih personal. Ada beberapa fitur personalisasi di iOS 18 yang menarik buat dicoba.

Misalnya, pengguna kini bisa memodifikasi atau kustomisasi tampilan iPhone di beberapa bagian seperti Control Center dan ikon aplikasi. Selain itu, terdapat pula fitur iOS 18 menarik yang dapat meningkatkan produktivitas.

Misalnya, pengguna kini dapat membuat transkrip otomatis pada rekaman audio yang dibuat di aplikasi Notes. Kemudian, pada iOS 18, pengguna juga dapat menghitung soal matematika otomatis di Notes.

Selain beberapa contoh tersebut, masih ada banyak lagi fitur iOS 18 menarik dan keren yang bisa dicoba pengguna. Adapun daftar lengkap fitur iOS 18 yang menarik buat dicoba di iPhone adalah sebagai berikut.

1. Kustomisasi Control Center

Fitur iOS 18 menarik yang pertama adalah kustomisasi Control Center atau Pusat Kontrol. Di iOS 18, pengguna kini dapat memodifikasi tampilan menu-menu akses cepat yang tersedia di jendela Control Center. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Control Center iPhone di iOS 18, dengan mengusap layar bagian ujung kanan atas ke bawah.
  • Setelah Control Center terbuka, klik ikon atau tombol plus yang berada di pojok kiri jendela.
  • Kemudian, pengguna bakal disajikan dengan lima pilihan jendela Control Center berdasar kategori tertentu, seperti jendela favorit, jendela default, jendela khusus untuk pemutaran musik, jendela khusus pengaturan koneksi, dan jendela personal.
  • Tiap jendela Control Center itu bisa diatur tampilan menunya.
  • Untuk memodifikasi menu Control Center, pengguna bisa menggeser posisi menu sesuai keinginan. Kemudian, pengguna juga dapat mengubah bentuk menunya dengan menarik tombol yang berada di sisi kanan bawah ikon menu:
    • Tarik ke bawah untuk mengubah bentuk menu jadi lonjong vertikal
    • Tarik ke samping untuk mengubah menu jadi lonjong horizontal.
    • Tarik dengan bidang yang lebih luas untuk membuat menu berbentuk persegi besar.
  • Jika ingin menambahkan menu Control Center, pengguna tinggal memilih opsi “Add a Control”. Setelah itu, pengguna dapat memilih berbagai menu cepat untuk ditambahkan ke Control Center.

2. Kustomisasi ikon aplikasi

Berikutnya, terdapat fitur kustomisasi ikon aplikasi. Dulu, ikon aplikasi di layar Home iPhone tidak bisa diubah. Dengan iOS 18, pengguna dapat memodifikasi ukuran dan warna dari ikon aplikasi di iPhone. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka layar Home iPhone.
  • Kemudian, tekan dan tahan pada bagian sembarang layar Home.
  • Setelah itu, klik opsi “Edit” yang berada di pojok kiri layar.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Customize”.
  • Pengguna bakal disajikan dengan jendela baru buat mengatur tampilan ikon aplikasi
  • Di jendela itu, pengguna bisa memilih ikon aplikasi agar memiliki ukuran kecil atau besar.
  • Berikutnya, pengguna juga dapat mengatur warna tema ikon aplikasi dengan berbagai pilihan, seperti tema terang, gelap, otomatis, berwarna. Jika memilih berwarna, pengguna dapat mengatur warnanya lewat palet yang tersedia.

3. Kustomisasi menu lock screen

Layar kunci atau lock screen iPhone dulu hanya menyediakan dua menu pintasan default, yaitu tombol akses kamera dan tombol lampu LED. Dengan iOS 18, menu pintasan di lock screen itu bisa diganti dengan menu lain. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Ketuk dan tahan bagian sembarang layar kunci setelah terbuka atau melakukan autentikasi.
  • Kemudian, pilih menu “Customize” dan pilih pengaturan tampilan untuk bagian “Lock Screen”.
  • Klik ikon minus pada menu atau tombol pintasan untuk menghapusnya dari lock screen.
  • Untuk mengganti menu pintasan itu, klik ikon tambah dan masukkan menu pintasan lain yang sesuai dengan keinginan.
  • Pengguna bisa memilih berbagai menu pintasan agar berada di layar kunci, seperti menu pintasan kalkulator, alarm, stopwatch, dan lainnya.

4. Menghitung soal matematika otomatis di Notes

Aplikasi Notes di iOS 18 terintegrasi dengan kalkulator. Hal ini menjadi menarik karena aplikasi Notes jadi mampu melakukan penghitungan matematika secara otomatis.

Jadi, misalnya pengguna menulis formula penjumlahan seperti ini “2+2 =”, aplikasi Notes bakal menyajikan jawabannya, yakni “4”, secara otomatis. Selain itu, aplikasi Notes mampu memahami bahasa matematis yang berupa istilah, bukan hanya formula angka.

Baca juga: 9 Fitur AI di iOS 18, Ada Writing Tools, Image Playground, Genmoji

5. Membuat transkrip rekaman audio di Notes

Fitur iOS 18 menarik di aplikasi Notes yang berikutnya adalah pembuatan transkrip otomatis dari rekaman audio. Aplikasi Notes memang sudah bisa buat membuat lampiran berupa rekaman audio.

Namun, di iOS 18, saat merekam audio di Notes, pengguna bisa membuat transkrip otomatis dengan klik tombol transkrip yang berikon petik dua. Suara yang terekam bakal dibuatkan salinan teksnya saat itu juga.

6. Menghilangkan objek yang mengganggu pada website di Safari

Browser Safari juga tak ketinggalan mendapatkan pembaruan fitur. Di iOS 18, Safari memiliki fitur yang menarik, yaitu dapat menghilangkan objek yang mengganggu pada website. Fitur ini berguna buat menyembunyikan iklan-iklan yang ada di website dan cukup mengganggu.

Untuk menghilangkan objek yang mengganggu pada website di Safari iOS 18, caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon persegi yang ada di samping kanan kolom URL.
  • Setelah itu, pilih opsi “Hide Distracting Items”.
  • Kemudian, pilih objek-objek di website yang dirasa mengganggu, misalnya jendela iklan.
  • Setelah bagian yang mengganggu dipilih, klik opsi “Hide”.
  • Objek yang mengganggu itu bakal disembunyikan, sehingga pengguna bisa melihat website dengan lebih lega.

7. Mengelola password di aplikasi Password

Fitur iOS 18 menarik yang selanjutnya adalah adanya aplikasi Password. Aplikasi ini dulu sejatinya hadir dalam bentuk menu bertajuk “password” yang ada di menu pengaturan. Kini, tersedia aplikasi Password secara khusus.

Aplikasi Password berguna buat menyimpan setiap password yang dipakai pengguna

ketika mengakses berbagai platform seperti password untuk mengakses akun dan password buat mengakses WiFi.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat meminimalkan masalah lupa password. Pasalnya, setiap password yang tersimpan bisa dilihat lagi kombinasinya lewat aplikasi Password, sehingga pengguna tak akan lupa.

8. Kalkulator dengan beberapa pilihan mode

Di iOS 18, terdapat fitur menarik di aplikasi kalkulator bawaan. Kini, aplikasi kalkulator tersedia dalam beberapa mode. Pengguna bisa memilih mode dasar, saintifik, Math Note, dan konversi nilai mata uang.

9. Pencarian konten di Photos

Aplikasi Photos atau galeri juga mendapatkan sejumlah pembaruan di iOS 18. Misalnya, aplikasi Photos kini menyediakan fitur pengelompokan konten dengan lebih banyak kategori seperti kategori konten yang berisi tulisan tangan atau konten yang berisi kode QR.

Selain itu, salah satu fitur yang menarik di Photos adalah pencarian konten berdasar kata kunci yang lebih kontekstual. Di aplikasi Photos, pengguna bisa mencari foto atau video berdasar kata kunci yang berkaitan dengan konten itu.

Di iOS 18, fitur pencarian itu ditingkatkan, Jadi, pengguna bisa menambahkan kata lain yang berkaitan dengan konten yang hendak dicari. Misalnya, ingin mencari konten kucing berwarna oranye, pengguna bisa memasukkan kata pencarian seperti ini “cat on bed”..

10. Chat dengan berbagai format dan efek di Message

Fitur iOS 18 menarik yang berikutnya terdapat di aplikasi Message atau iMessage. Di Message iOS 18, Apple menambahkan beberapa format tulisan dasar, seperti tebal, miring, coret, dan garis bawah.

Selain itu, terdapat pula beberapa pilihan efek animasi pada tulisan, sehingga tulisan bisa tampak bergetar, meledak, bergelombang, dan lainnya. Untuk membuat chat dengan format atau efek tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Message di iPhone.
  • Ketik chat yang hendak diubah format atau ditambahkan efek.
  • Blok chat tersebut dan pilih opsi “Text Effects”.
  • Selanjutnya, pilih format tulisan sesuai keinginan, bisa tebal, miring, coret, dan garis bawah.
  • Kemudian, pengguna bisa menambahkan efek animasi pada tulisan tersebut.

Baca juga: 10 Fitur iOS 18 Terbaru, Ada AI, Kustomisasi Layar “Home”, Game Mode, dll

Fitur-fitur tersebut bakal membuat pengalaman yang lebih menarik dalam mengoperasikan iPhone. Sebagai informasi tambahan, fitur-fitur menarik di atas hanya bisa diakses saat pengguna sudah update iOS 18.

Jika belum memperbarui, cara update iOS 18 dan informasi terkait lainnya bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini. Itulah deretan fitur iOS 18 terbaru yang menarik buat dicoba di iPhone, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment