Informasi Terpercaya Masa Kini

3 Cara Cek Keaslian E-meterai pada Dokumen CPNS 2024 dengan Mudah

0 10

KOMPAS.com – Peserta yang ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 kiranya penting buat mengetahui cara cek keaslian e-meterai atau materai elektronik (bentuk baku: meterai elektronik) yang digunakan pada dokumen persyaratan daftar CPNS.

Sebagaimana yang cukup umum diketahui, pendaftaran CPNS 2024 telah dibuka sejak 20 Agustus kemarin dan bakal berakhir pada 6 September. Dalam pendaftaran CPNS 2024, peserta wajib menggunakan materai elektronik di beberapa dokumen.

Baca juga: 2 Cara Scan KTP di HP buat Daftar Akun SCCASN pada Pendaftaran CPNS 2024

Beberapa dokumen persyaratan daftar CPNS 2024 yang diwajibkan buat dibubuhi materai elektronik, antara lain seperti dokumen surat lamaran, surat pernyataan 5 poin, dan surat pernyataan keabsahan dokumen.

Untuk cara beli e-meterai dan memasangnya di dokumen CPNS 2024, pengguna bisa baca lebih lanjut di artikel ini. Setelah membeli dan memasang, pengguna perlu memastikan e-meterai yang digunakan itu asli.

Tujuannya untuk memenuhi syarat yang diminta sesuai ketentuan, sehingga peserta dapat lolos seleksi administrasi CPNS 2024. Oleh karena itu, peserta penting buat mengetahui cara cek e-meterai asli atau palsu di dokumen CPNS 2024.

Lantas, bagaimana cek keaslian e-meterai? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek e-meterai asli atau palsu di dokumen CPNS 2024 dengan mudah.

Cara cek e-meterai asli atau palsu di dokumen CPNS 2024

Cara cek keaslian e-meterai pada dokumen CPNS 2024 itu sejatinya cukup mudah. Dalam cara cek e-meterai asli atau palsu ini, pengguna bisa menggunakan aplikasi tambahan ataupun tanpa menggunakan aplikasi.

Ada beberapa pilihan cara cek keaslian e-meterai yang bisa dilakukan. Misalnya, peserta bisa cek melalui website dari Peruri, selaku perusahaan yang membuat dan mendistribusikan materai elektronik.

Kemudian, peserta juga bisa memakai aplikasi Peruri yang khusus untuk memeriksa keaslian e-meterai. Adapun penjelasan beberapa cara cek keaslian e-meterai di dokumen CPNS 2024 adalah sebagai berikut.

1. Cara cek keaslian e-meterai lewat Peruri Scanner

Cara cek keaslian e-meterai yang pertama adalah menggunakan aplikasi Peruri Scanner. Di aplikasi ini, pengguna bisa memindai e-meterai yang terpasang untuk memeriksa keasliannya. Adapun cara ceknya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Peruri Scanner di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Setelah memilikinya, silakan buka aplikasi Peruri Scanner di HP.
  • Arahkan kamera aplikasi Peruri Scanner di e-meterai yang terdapat pada dokumen.
  • Proses pemindaian bakal berjalan.
  • Setelah pemindaian selesai, aplikasi bakal menyajikan informasi mengenai e-meterai tersebut.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Webcam.js Error di sscasn.bkn.go.id saat Swafoto Daftar CPNS 2024

2. Cara cek keaslian e-meterai lewat website Peruri

Cara cek e-meterai asli atau palsu di dokumen CPNS 2024 yang berikutnya bisa lewat website Peruri, yaitu verification.peruri.co.id. Adapun cara cek keaslian e-meterai lewat website Peruri ini adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website Peruri ini https://verification.peruri.co.id. 
  • Selanjutnya, unggah dokumen PDF yang telah dibubuhi materai elektronik.
  • Kemudian, centang kode Captcha untuk memverifikasi permintaan dilakukan bukan oleh robot.
  • Proses pemeriksaan bakal berjalan.
  • Setelah proses pemeriksaan selesai, website bakal memberikan informasi status dan keabsahan jika e-meterai di dokumen tersebut asli.

3. Cara cek e-meterai asli atau palsu lewat website meterai-elektronik.com

Ketiga, cara cek e-meterai asli atau palsu bisa lewat website meterai-elektronik.com. Website ini juga dari Peruri, yang turut menjadi platform penjualan e-meterai resmi. Adapun cara cek keaslian e-meterai lewat meterai-elektronik.com adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ini, https://www.meterai-elektronik.com. 
  • Selanjutnya, pilih menu “Bantuan” dan klik opsi “Verifikasi Dokumen”.
  • Setelah itu, klik opsi “Verifikasi Dokumen Anda”.
  • Berikutnya, unggah dokumen PDF yang telah dibubuhi materai elektronik.
  • Kemudian, centang kode Captcha untuk memverifikasi permintaan dilakukan bukan oleh robot.
  • Proses pemeriksaan bakal berjalan.
  • Setelah proses pemeriksaan selesai, website bakal memberikan informasi status dan keabsahan jika e-meterai di dokumen tersebut asli.

Cukup mudah bukan cara cek keaslian e-meterai pada dokumen CPNS 2024? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu khawatir e-meterai yang baru dibeli dan dipasangnya di dokumen CPNS 2024 itu asli atau tidak.

Pengguna bisa memastikan sendiri dengan mudah keaslian materai elektronik yang terpasang di dokumen CPNS 2024. Dengan begitu, pengguna dapat memenuhi syarat administrasi pendaftaran CPNS 2024.

Baca juga: Cara Mengatasi NIK dan KK Tidak Sesuai atau Tidak Ditemukan Saat Daftar CPNS 2024, Jangan Panik

Demikianlah penjelasan beberapa cara cek keaslian e-meterai pada dokumen CPNS 2024 dengan mudah. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai pendaftaran CPNS 2024, seperti cek formasi, daftar akun, jadwal, dan lainnya, silakan baca artikel ini.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment