Informasi Terpercaya Masa Kini

Serba-serbi Busana Adat di Upacara HUT ke-79 RI, Jokowi Pakai Baju Kustin

0 12

KOMPAS.com – Upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) digelar di halaman Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Istana Negara Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Sejumlah pejabat negara terlihat hadir mengenakan pakaian adat. Adapun tradisi mengenakan pakaian adat ini diterapkan sejak upacara HUT RI pada 2017.

Baca juga: 7 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT RI

Ketika memimpin upacara, Sabtu pagi, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Kustin dari Provinsi Kalimantan Timur.

Berikut potret sejumlah pejabat negara dengan baju adatnya:

1. Joko Widodo

Dilansir dari Kompas.com, Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara mengakan pakaian adat Kustin.

Ia terlihat mengenakan atasan berbahan beludru dengan lengan panjang dan kerah tinggi. Aksen emas terlihat pada bagian kerah, ujung lengan, bahu, dan area dada. Ia juga mengenakan peci berwarna senada.

Sementara bawahannya mengenakan kain dan celana panjang berwarna hitam.

2. Ma’ruf Amin

Sementara itu, Wapres Ma’ruf amin dan ibu Wury tiba di Istana Merdeka Jakarta mengenakan busana adat Pontianak, Kalimantan Barat dari Suku Melayu Sambas, seperti dilansir dari situs resmi Wakil Presiden RI.

Ma’ruf mengenakan setelan Teluk Belanga warna kuning emas dipadu kain sarung corak insang dengan warna senada di pinggang dan memakai penutup kepala yang biasa disebut Tanjak.

Sementara itu, sang istri terlihat mengenakan baju kurung polos bernuansa kuning emas dipadu dengan selendang bercorak insang yang tampak senada.

Pakaian adat yang dikenakan keduanya tidak hanya mencerminkan aspek fungsional, tetapi juga mengandung makna mendalam dari segi budaya dan tradisi. Berdasarkan sejarahnya, warna kuning emas melambangkan kejayaan, kemakmuran, dan keagungan.

Sementara corak insang terinspirasi oleh masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Kapuas.

3. Gibran Rakabuming Raka

Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan putranya, Jan Ethes Srinarendra terlihat kompak mengenakan pakaian adat Papua saat menghadiri momentum upacara HUT ke-79 RI.

Namun, sang istri Selvi Ananda dan putri bungsu mereka La Lemba Manah terlihat mengenakan pakaian adat dari Lampung bernuansa hitam.

Adapun tradisi mengenakan pakaian adat saat peringatan Kemerdekaan RI dimulai sejak 2017.

Sejak saat itu, Jokowi selalu mendorong para tamu undangan untuk mengenakan baju adat. Tradisi ini kemudian banyak diikuti oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Leave a comment