Informasi Terpercaya Masa Kini

Bungkam Prancis di Final Bola Olimpiade Paris 2024,Spanyol Raih Medali Emas

0 7

TRIBUNKALTIM.CO – Bungkam Prancis di final Bola Olimpiade Paris 2024, Spanyol raih medali emas.

Timnas Spanyol akhirnya bisa memperbaiki kegagalannya 4 tahun lalu di Olimpiade Tokyo 2020.

Kala itu Spanyol harus puas hanya membawa pulang medali perak.

Kini, Spanyol pulang membawa medali emas setelah membungkam tuan rumah dengan skor 5-3.

Baca juga: Klasemen Olimpiade Negara-negara ASEAN, Indonesia dan Thailand Capai 2 Digit Medali Emas

 Hasil final sepak bola Olimpiade Paris 2024, Spanyol sukses mengalahkan tuan rumah Prancis melalui perpanjangan waktu, Sabtu (10/8/2024) dini hari WIB.

Berlangsung di Parc des Princes, Paris, laga Prancis vs Spanyol berakhir dengan skor 3-3 pada waktu normal 2×45 menit.

Spanyol sejatinya sudah unggul 3-1 di babak pertama, namun anak asuh Thierry Henry mampu mencetak dua gol balasan dalam 45 menit kedua, satu di antaranya tercipta di penghujung waktu normal pertandingan.

Pada masa tambahan waktu, Sergio Camello jadi pahlawan Spanyol dengan mencetak 2 gol. Gol tersebut membawa Spanyol ke puncak tertinggi Olimpiade Paris 2024 dengan meraih medali emas dengan kemenangan 5-3 atas Prancis.

Rasa penasaran Spanyol akhirnya terbayar lunas setelah empat tahun lalu di Tokyo harus puas finis di peringkat 2 (medali perak) karena dikalahkan oleh Brasil.

Sementara tuan rumah Prancis harus puas meraih medali perak, dan medali perunggu didapatkan oleh Maroko yang berhasil mencatatkan sejarah di Olimpiade Paris 2024.

Jalannya Pertandingan

Tim asuhan Thierry Henry mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick-off dibunyikan.

Hasilnya, Lacazette dan kolega mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Enzo Millot.

Baca juga: Hobi Unik, Atlet Renang Tom Daley Merajut untuk Hilangkan Khawatir di Olimpiade Paris 2024

Enzo melakukan tembakan keras dari sudut kotak 16 pass, bola yang gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Spanyol itu justru masuk ke gawangnya sendiri.

Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis pada menit 15.

Keunggulan Prancis tidak bertahan lama, tiga menit berselang bintang Barcelona, Fermin Lopez mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Ia mampu memaksimalkan umpan Alex Baena untuk dikonversikan menjadi gol.

Fermin Lopez seakan menjadi momok bagi Prancis, pada menit 25 ia Kembali mencatatkan Namanya di papan skor pertandingan sekaligus membawa Spanyol unggul 2-1 atas Prancis.

Fermin Lopez manyontek bola dari tepisan kiper Prancis setelah menerima bola dari Abel Ruiz.

Tim asuhan Santi Denia seakan mendapat suntikan semangat baru setelah gol Prancis terjadi.

Baca juga: Indonesia Melesat! Klasemen Terbaru Usai Veddriq Raih Emas, Info Olimpiade Paris 2024 Sampai Kapan

Hanya jeda tiga menit dari gol kedua, Alex Baena membawa Spanyol unggul 3-1 atas Prancis dengan sepakan free kicknya yang indah.

Tendangan free kick Baena yang mengarah ke sudut kanan gawang Prancis gagal dijangkau oleh sang kiper, Guillaume Restes.

Prancis mencoba untuk mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak pertama, namun sejumlah peluang yang tercipta belum mampu untuk mengubah keadaan.

Di awal babak kedua, Prancis kembali mencoba peruntungan untuk mengejar defisit gol, tetapi Spanyol tidak menurunkan intensitas permainan mereka. Fermin Lopez dan kolega bermain dengan disiplin.

Pada menit 57, pemain Prancis hampir mencetak gol. Berawal dari umpan silang Arnaud Kalimuendo di sisi kiri, bola kemudian disundul oleh Manu Kone yang berada di kotak penalti.

Namun sayang, bola sundulannya masih membentur mistar gawang.

Pemain Prancis mengurung pemain Spanyol di setengah lapangan, pressing tinggi dari anak asuh Henry membuat para pemain Spanyol acap kali kehilangan bol.

Sekalinya dapat peluang dari serangan balik, itu gagal dikonversikan menjadi gol karena penyelesaian akhir yang kurang sempurna dari anak asuh Santi Denia.

Pada menit 72, kiper Spanyol, Arnau Tenas melakukan penyelamatan gemilang.

Baca juga: Sosok dan Asal-usul Nama Veddriq Leonardo Peraih Medali Emas Olimpiade 2024, Suka Manjat Sejak Kecil

Dia berhasil menepis tendangan Manu Kone yang tepat sasaran dari Jarak dekat. Peluang itu hanya membuahkan sepakan penjuru untuk Prancis.

Prancis akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan pada menit 79.

Berawal dari tendangan bebas Michael Olise, bola mengenai kaki Maghnes Akliouche, pemain yang masuk di awal babak kedua.

Bola deflection tersebut mengecoh Arnau Tenas yang hendak menghalau bola, skor 3-2 untuk Prancis.

Di penghujung waktu normal babak kedua, Prancis mendapat penalti dari wasit setelah Joan Miranda melakukan pelanggaran terhadap pemain Prancis.

Mateta yang maju sebagai eksekutor penalti Prancis berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sekaligus mengubah papan skor pertandingan menjadi 3-3.

Hingga delapan menit tambahan waktu babak kedua berakhir, tidak ada gol yang tercipta, laga harus dilanjutkan ke tambahan waktu 2×15 menit.

Pada masa tambahan waktu, Spanyol sukses mencetak gol lewat aksi Sergio Camello.

Sergio Camello lolos dari kawalan pemain Prancis setelah mendapat umpan Sergio Gomez. Ia kemudian masuk ke area penalti dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Prancis. Camello kemudian menchip bola untuk mengecoh Restes.

Skor 4-3 untuk Spanyol.

Di penghujung tambahan waktu babak kedua, Camello kembali menjebol gawang Restes untuk memastikan kemenangan 5-3 Spanyol atas Prancis.

Spanyol akhirnya meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 setelah kegagalan empat tahun lalu.

Susunan Pemain Prancis vs Spanyol

Prancis

Guillaume Restes, Castello Lukeba, Adrien Truffert, Loic Bade, Kiliann Sildillia, Manu Kone, Michael Olise, Alexandre Lacazette, Enzo Millot, Joris Chotard, Jean Philippe Mateta.

Pelatih: Thierry Henry

Spanyol

Arnau Tenas, Marc Pubill, Juan Miranda, Eric Garcia, Pau Cubarsi, Pablo Barrios, Abel Ruiz, Alex Baena, Fermin Lopez, Aimar Moroz, Sergio Gomez.

Pelatih: Santi Denia (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hasil Final Bola Olimpiade Paris 2024, Spanyol Raih Medali Emas Usai Bungkam Prancis

Ikuti berita populer lainnya di Google News Tribun Kaltim

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp Tribun Kaltim

Leave a comment