Informasi Terpercaya Masa Kini

Segini Konsumsi BBM All New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige, Minat Beli?

0 17

Otomotifnet.com – Salah satu efek dari pemakaian turbo, bisa meningkatkan performa yang cukup signifikan pada mesin berkapasitas kecil.

Makanya, Honda memutuskan untuk mengadopsi mesin 1.500 cc dengan turbo kayak di All New Honda Civic Turbo, menggantikan mesin 2.400 cc.

Sementara pilihan dapur pacu 2.000 cc, masih dipertahankan.

“Selain performa dapat, efisiensi bahan bakar juga lebih irit,” bilang Jonfis Fandy, Direktur Penjualan dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM).

Baca Juga: Mobil Bekas Honda CR-V Gen 2 Bunyi Kreot-Kreot, Ternyata Ini Sebabnya 

Untuk membuktikan itu, HPM mengajak puluhan jurnalis, termasuk OTOMOTIF, untuk menguji langsung All New CR-V 1.5 L Turbo dari Malang menuju Gunung Bromo, lalu besokannya dilanjutkan menuju kota Surabaya, Jawa Timur.

Rombongan start langsung dari Bandara Abdurahman Saleh Malang, setelah mendarat dari Jakarta.

Mula-mula menuju kawasan wisata di Batu yang kontur jalannya cenderung menanjak.

Pada kondisi tersebut dengan kecepatan konvoi paling tinggi 60 km/jam, konsumsi BBM avarge CR-V 1.5 L Turbo Prestige yang OTOMOTIF kendarai, terbaca hanya 8,4 km/liter.

Pemakaian bahan bakar segitu terbilang masih irit, mengingat bobot mobil ini lumayan berat. Malah lebih berat dari generasi sebelumnya.

“Bobot CR-V generasi ke-5 ini sebesar 1.649.kg. Sementara generasi sebelumnya (gen 4) hanya 1.560 kg. Artinya yang sekarang lebih berat 89 kg,” beber Jonfis.

Soalnya, dimensi All New CRV ini kata Jonfis lebih tinggi dan lebar dari generasi sebelumnya. Ditambah kondisi jalan yang terus menanjak hingga ke lokasi wisata di Batu.

Namun begitu ketemu jalan datar saat perjalanan hari kedua dari Pasuruan menuju kota Surabaya, baru deh terasa keiritannya.

Ketika coba dijajal berjalan konstan di kecepatan 55 – 60 km/liter, hingga jarak tempuh 30-an km, konsumsi BBM di layar MID mampu mencatat angka 17,1 km/liter.

Eh, begitu masuk kota Surabaya pada malam hari, dimana kondisi jalanan macet parah hingga finish di Hotel Shangrila di Jl. Mayjen Sungkono, konsumsi bensinnya masih bisa tembus 14,4 km/liter.

Dengan total jarak tempuh 75,3 km.

Benar-benar irit kan?

Baca Juga: Beginilah Caranya Bikin Stabil Kaki-kaki Mobil Bekas Honda CR-V Turbo 

Leave a comment