Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Negara dengan Budaya Unik di Dunia, Ada Perayaan Bunga Mekar

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Setiap negara umumnya memiliki keunikan budaya yang menarik untuk dieksplorasi. Dari banyaknya negara di dunia, ada beberapa negara dengan budaya unik yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Budaya-budaya tersebut bukan hanya sebagai penarik wisatawan namun juga memiliki makna dan mengedukasi masyarakat. Lantas, apa saja negara yang memiliki budaya unik? berikut ini informasinya untuk Anda.

Negara dengan Budaya Unik

Ada 5 negara di dunia yang memiliki budaya cukup unik dan masih sering dilakukan hingga saat ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Jepang

Jepang adalah salah satu negara di benua Asia yang sudah terkenal dengan kedisiplinan orang-orangnya.

Dalam hal budaya, Jepang memiliki satu tradisi unik, yakni Hanami. Jika diartikan, Hanami berarti “melihat bunga”

Sesuai dengan namanya, Hanami merupakan tradisi merayakan mekarnya bunga sakura (Cherry Blossom) di musim semi sekitar akhir bulan Februari hingga awal bulan Mei, tergantung pada waktu mekarnya bunga sakura yang bisa saja berbeda di setiap daerah.

Biasanya, masyarakat berkumpul di taman-taman untuk menikmati keindahan bunga sakura yang sedang mekar.

Makna budaya unik dari negara Jepang ini cukup mendalam. Bunga yang sedang mekar dan berguguran dimaknai masyarakat Jepang sebagai sebuah siklus kehidupan. Oleh karena itu selain berpesta, hanami menjadi salah satu momen untuk merefleksikan diri.

2. India

Negara berikutnya yang memiliki budaya cukup unik adalah India. Negara yang dijuluki anak benua atau benua kecil tersebut memiliki satu tradisi yang terkenal, yakni Diwali.

Diwali merupakan festival cahaya yang melambangkan kemenangan ilmu pengetahuan atas ketidaktahuan, kebaikan atas kejahatan, dan terang atas gelap.

Perayaan Diwali biasanya tidak hanya sehari, namun hingga lima hari perayaan dengan bermacam-macam kegiatan menyenangkan.

Salah satu keunikan budaya dari India tersebut adalah masing-masing wilayah biasanya memiliki maknanya sendiri soal Dwali.

3. Skotlandia

Di Skotlandia terdapat budaya unik, yakni upacara hanggis. Upacara ini dilakukan dengan melibatkan seniman yang membacakan puisi sambil memotong hidangan daging tradisional Skotlandia yang disebut manggis.

Haggis biasanya akan diletakkan dalam piring perak. Tradisi ini biasanya dilakukan pada perayaan Burn Night yang memperingati penyair Robert Burn.

4. Brasil

Salah satu tradisi unik di Brasil adalah tarian Samba. Tarian ini merupakan tarian tradisional Brazil yang cukup terkenal.

Tarian Samba penuh warna, ritme dan memerlukan energi yang tinggi. Biasanya dilakukan selama perayaan Karnaval Rio De Janeiro.

Bagi masyarakat Brasil, tarian ini dianggap sebagai salah satu ekspresi budaya yang paling berharga di Brasil karena telah menjadi bagian dari identitas negara dam dianggap sebagai detak jantung Carnaval Rio De Janeiro..

Saat ini tarian Samba Brasil telah berkembang dan memiliki subgenre serta gaya yang berbeda-beda.

5. Tiongkok

Satu lagi negara dengan budaya unik di dunia adalah Tiongkok yang memiliki festival perahu naga.

Perayaan tradisional Tiongkok ini dilakukan untuk merayakan air, banjir dan hujan sebagai simbol keberuntungan dan kebaikan.

Festival perahu naga dirayakan setiap tanggal 5 bulan penanggalan China. Terdapat berbagai kegiatan dan tradisi yang dilakukan selama festival perahu naga, salah satunya perlombaan perahu naga. Selain itu, di festival tersebut banyak hidangan lezat yang disuguhkan seperti bacang.

Makna tradisi festival perahu naga bagi masyarakat Tiongkok adalah memperingati kematian Qu Yuan, seorang penyair tersohor yang mengingatkan rajanya tentang ekspanasi dari tetangga merek di Qin.

Qu Yuan meninggal dengan menenggelamkan diri di Sungai Miluo karena kesedihannya melihat Bai Qi, seorang jenderal yang mengambil ibuKota Chu.

Demikianlah informasi mengenai 5 negara dengan tradisi unik, Semoga bermanfaat, ya.

AULIA ULVA

Pilihan Editor: Tradisi Seren Taun Kasepuhan Pasir Eurih

Leave a comment