Informasi Terpercaya Masa Kini

Indonesia AirAsia Buka Penerbangan Langsung Bali – Phuket Thailand, Dua Destinasi Populer ASEAN

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia menambah rute internasional terbaru dengan meresmikan rute Denpasar, Bali-Phuket, Thailand. Penerbangan perdana rute yang menghubungkan dua destinasi wisata ikonik di Asia Tenggara itu pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

“Penerbangan ini menjadi rute internasional Indonesia AirAsia keenam yang beroperasi dari hub Denpasar dan rute internasional keempat yang diresmikan tahun ini,” ujar Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangan tertulis, Ahad 11 Agustus 2024.

Dengan rute baru ini, kata Veranita, Indonesia AirAsia semakin memperkuat posisinya di pasar penerbangan ASEAN. Bali, destinasi wisata Indonesia yang dikenal akan keindahan alam dan budaya yang khas, seperti Phuket di Thailand, yang juga menjadi favorit wisatawan untuk menikmati liburan tropis.

“Kami ingin memberikan pengalaman unik bagi wisatawan untuk menikmati dua destinasi yang memiliki daya tarik serupa dengan budaya yang berbeda,” ucapnya.

Pesawat AirAsia A320. (JIJI PRESS/AFP/Getty Images)

Fokus Buka Rute Internasional

Indonesia AirAsia kini tengah fokus membuka rute internasional dan akan mulai beroperasi pada Agustus tahun ini. Rute-rute tersebut akan terhubung ke negara kawasan ASEAN seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, dan Australia.

“Oleh sebab itu melalui peresmian penerbangan ini, kami harap mendapatkan dukungan yang positif dari masyarakat, pelaku bisnis dan otoritas terkait untuk mewujudkan rencana kita bersama demi meningkatkan kembali pariwisata dan ekonomi Indonesia melalui kunjungan wisatawan mancanegara dan perluasan konektivitas terutama di sekitar Asia,” Veranita menambahkan.

Penerbangan perdana QZ 246 ini terbang dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 16.00 WITA dengan membawa 161 penumpang dan tiba di Phuket International Airport pada pukul 18.40 waktu setempat.

Peresmian ini juga dilakukan secara simbolik dengan memukul gamelan, alat musik khas Bali dan pembagian merchandise kepada seluruh penumpang. Indonesia AirAsia melayani rute ini dengan frekuensi terbang sebanyak 3 kali dalam seminggu yaith Selasa, Kamis dan Sabtu.

Wisatawan Thailand di Indonesia

Meskipun Bali adalah salah satu destinasi liburan favorit wisatawan mancanegara, Indonesia masih memiliki begitu banyak destinasi menarik untuk dikunjungi oleh penduduk Thailand seperti Labuan Bajo (Pulau Komodo) yang terkenal di dunia – rumah bagi Komodo, Pantai Surf Tanjung Setia di Lampung, menikmati keindahan danau vulkanik terbesar dunia di Danau Toba, Sumatera Utara dan Ibu Kota Baru Indonesia, Nusantara, di Kalimantan Timur.

Sebaliknya, wisatawan dari Bali juga dapat menikmati keindahan pulau Phuket dengan mengunjungi Phuket Old Town, Banana Beach, Koh Hey, Hanuman World Phuket, Carnival Magic dan the Big Buddha Temple serta pantai-pantai yang menyajikan pemandangan laut biru yang jernih dan pasir pantai yang putih.

Data dari Badan Pusat Statistik, wisatawan mancanegara asal Thailand mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada 2023 jumlah wisatawan mancanegara Thailand naik sebesar 82,88 persen atau 111,786 kunjungan, jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mencapai 61,128 kunjungan. Sementara itu, hingga Maret 2024, pendapatan hotel di Bali juga mengalami peningkatan dengan tingkat hunian kamar hotel berbintang mencapai 52,71 persen, yang merupakan peningkatan sebesar 12,70 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pilihan Editor: Liburan ke Phuket Thailand, Turis Rusia Ditahan setelah Bawa Pulang Batu Karang untuk Dekorasi

Leave a comment