Informasi Terpercaya Masa Kini

Turis Dilarang Memotret Sembarangan di Yunani, Bisa Ditangkap dan Diadili

0 7

TEMPO.CO, Jakarta – Sebelum liburan ke Yunani, ada baiknya memahami aturan bagi wisatawan di negara tersebut. Yunani telah mengeluarkan serangkaian peringatan mulai dari peraturan paspor hingga potensi aktivitas kriminal yang harus diwaspadai. Di antara peringatan ini adalah turis diminat berhati-hati saat mengambil foto.

Menurut peringatan pemerintah, beberapa zona di Yunani terlarang untuk fotografi. Wisatawan yang melanggar peringatan bisa ditangkap bahkan sampai diadili. Dalam peringatan tentang larangan memotret atau menggunakan kamera dan mendekati lokasi sensitif, disebutkan beberapa tempat yang harus dihindari. “Merupakan tindakan ilegal untuk mendekati atau mengambil foto atau video instalasi, kendaraan, atau bangunan militer,” demikian isi keterangannya, seperti dilansir Express.co.uk, Sabtu, 27 Juli 2024.

Ditambahkan bahwa pihak berwenang akan menangkap dan mungkin mengadili siapa pun yang melakukannya. “Daerah perbatasan juga sensitif secara militer. Jika Anda mengunjungi daerah tersebut, jangan mengambil foto atau video.”

Larangan Merokok

Dalam peringatan lainnya, para pelancong dimina hati-hati merokok di area tertentu di Yunani karena mungkin saja ilegal dan dapat dikenai denda hingga €500 atau Rp8.8 juta. “Merokok di tempat umum dalam ruangan, termasuk pusat perbelanjaan dan pusat transportasi, adalah ilegal. Anda dapat dikenai denda hingga 500 euro.”

GreekReporter melaporkan bahwa larangan merokok berlaku di semua tempat umum tertutup di Yunani, serta taman bermain dan area luar ruangan lainnya tempat anak-anak berkumpul. Merokok di kendaraan pribadi saat ada anak di bawah 12 tahun juga dianggap melanggar hukum.

Peringatan Covid

Selain itu, peringatan terbaru bagi wisatawan di Yunani adalah lonjakan kasus Covid varian FLiRT yang baru. Organisasi Kesehatan Masyarakat Nasional Yunani, EODY, mencatat adanya peningkatan jumlah pasien rawat inap di rumah sakit, dengan menyebutkan 669 pasien Covid-19 baru yang dirawat antara 8 dan 14 Juli 2024.

Namun, Yunani belum mewajibkan tes PCR atau bukti vaksinasi bagi wisatawan yang datang. Namun, peraturan bisa berubah, jadi sebaiknya pantau aturan baru sebelum merencanakan liburan ke sana.

Pilihan Editor: Dua Gelas Minuman di Restoran Yunani Dihargai Rp14 Juta, Pasangan Turis Ini Kaget

Leave a comment