Informasi Terpercaya Masa Kini

Kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tak Berarti Buat Timnas Indonesia Selevel dengan Jepang dan Australia

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir bicara soal kekuatan terbaru Timnas Indonesia setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bergabung. Menurut dia, kehadiran dua pemain keturunan Belanda tersebut tidak serta-merta membuat skuad Garuda selevel dengan sepak bola Australia dan Jepang.

Meski begitu, Erick menilai bahwa Timnas Indonesia harus meraih poin dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain dan Cina. “Jangan anggap ketika lawan Australia atau Jepang dan tim lain, timnas kita langsung diposisikan sebagai lawan yang seimbang. Peringkat FIFA menyatakan perbedaan itu. Karena kita underdog, maka target saya dengan hadirnya Mees dan Eliano, kita harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan Cina nanti,” kata Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Erick menuturkan bahwa target mengumpulkan 15 poin dalam 10 laga di Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia adalah tugas yang tak mudah. Musababnya, posisi Indonesia adalah tim dengan peringkat FIFA terendah di antara tim-tim yang bermain di putaran ketiga kualifikasi zona Asia.

Saat ini, Jay Idzes dan kawan-kawan menempati posisi ke empat klasemen sementara Grup C dengan meraih dua poin dari hasil imbang melawan Arab Saudi, 1-1 dan Australia, 0-0. Sementara Bahrain berada di posisi ketiga dengan tiga poin, dan Cina berada di dasar klasemen dengan poin nol setelah dua kali kalah dari Jepang dan Arab Saudi.

Sebelumnya, Erick memastikan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal siap bermain untuk Timnas Indonesia pada pertandingan melawan Bahrain dan Cina pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ia pun memberi target baru kepada skuad Garuda untuk mendapatkan poin dalam dua laga tandang tersebut.

Erick juga memastikan bahwa FIFA sudah menyatakan Mees dan Eliano memenuhi syarat bermain mewakili PSSI atau Timnas Indonesia. Ia mengakui bahwa percepatan naturalisasi untuk memenuhi tenggat waktu pendaftaran pemain untuk dua laga Timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga pada Oktober.

Timnas Indonesia berfoto sebelum pertandingan kualifikasi piala Dunia AFC antara Timnas Indonesia vs Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa, 10 September 2024. TEMPO/M Taufan Rengganis

Pilihan Editor:

Arsenal vs Southampton: Mikel Arteta Bicara Konsistensi Tim, Potensi Kai Havertz, dan Kembalinya Aaron Ramsdale

Leave a comment