Informasi Terpercaya Masa Kini

Thom Haye Kemungkinan Tinggalkan Timnas Indonesia,Harus Ikuti Negosiasi dengan NAC Breda

0 2

JEDDAH, TRIBUN – Thom Haye kemungkinan akan meninggalkan camp timnas Indonesia di Jeddah. 

Ia harus kembali ke Belanda menyelesaikan negosiasi transfer dengan klub NAC Breda. 

Klub eredivisie tersebut menjadi satu-satunya klub yang tertarik untuk menggunakan jasa dari pemain Timnas Indonesia ini.

Sejak dilepas SC Heerenveen pada 30 Juni, Haye tak kunjung menemukan pelabuhan baru. 

Ia sempat dirumorkan untuk dikontrak AZ Alkmaar, Oxford United, hingga Dinamo Zagreb, namun tak ada yang terealisasi.

Baca juga: Bukan Asnawi Mangkualam, Ini Sosok Kapten Timnas Indonesia Saat Hadapi Arab Saudi, Main di Serie A

Begitu bursa transfer ditutup pada 30 Agustus, namun sebagai pemain bebas transfer, Haye sebenarnya bisa bergabung klub baru tanpa berpatokan tanggal tersebut. 

Maka dari itu sejumlah klub Belanda masih bisa bernegosiasi dengan Haye walaupun Eredivisie menutup periode transfer pada 2 September.

“NAC sedang berdiskusi dengan Thom Haye,” tulis jurnalis Belanda, Joost Blaauwhof di akun jejaring sosial X.

“Gelandang bebas transfer itu kini tengah bersiap untuk pertandingan internasional bersama Indonesia. Namun kemudian dapat kembali ke Stadion Rat Verlegh.”

“Orang dalam klub mengonfirmasi hal ini. Pemainnya sendiri bersedia tetapi harus ada ruang dulu,” lanjutnya.

Menurut laporan Joost Blaauwhof, terdapat plot twist yang harus dijalani Haye pada jeda internasional ini. Jeda internasional adalah masa ketika pemain seharusnya 100 persen fokus mengikuti agenda tim nasional.

Namun mengingat Haye belum punya klub dan diburu tenggat pendaftaran pemain, ia bisa saja meninggalkan camp Timnas Indonesia. 

Sebagaimana diketahui bahwa pemain baru harus menjalani tes medis, dan jika berhasil, akan dilanjutkan dnegan penandatangan kontrak di markas klub.

Oleh sebab itu jurnalis Belanda di atas menyatakan Haye harus kembali ke Belanda untuk menyelesaikan transfer. Jika itu terjadi, maka timnas Indonesia berpotensi dirugikan faktor jet lag yang melanda pemain.

Jika Haye harus kembali ke Belanda sebelum duel versus Arab Saudi, ia bisa dalam kondisi jet lag di Jeddah. Jika Haye kembali ke Belanda usai duel di Jeddah, ia harus melakoni penerbangan lebih panjang Arab Saudi-Belanda-Jakarta.

Timnas Indonesia menjalani latihan perdana di Jeddah, Arab Saudi pada Senin (2/9) dengan lengkap bertotal 26 pemain. 

Rombongan timnas Indonesia dari Jakarta sudah tiba di Arab Saudi sejak Minggu (1/9) malam WIB. 

Disusul pada Senin pagi 14 pemain lainnya yakni  Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Marselino Ferdinan, Thom Haye, Justin Hubner, Calvin Verdonk, Rafael Struick, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, dan Maarten Paes.

Pada Senin (2/9) pagi hari waktu setempat, para pemain timnas Indonesia beragama Islam menyempatkan melakukan ibadah umroh ke Mekkah. Para pemain yang melakukan umroh terdiri dari 14 pemain.

Mereka adalah Ernando Ari, Adi Satryo, Nadeo Argawinata, Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Hokky Caraka, Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman dan Ragnar Oratmangoen.

Maarten Paes yang melakukan perjalanan paling jauh dari Amerika Serikat dipastikan tak terpengaruh jetlag. Kiper FC Dallas itu langsung ikut latihan skuad timnas Indonesia. 

“Aman, masih full senyum,” timpal akun timnas Indonesia saat ditanya netizen mengenai keadaan Maarten Paes.(bagas reza/bolasport)

Artikel TribunJabar.id lainnya bisa disimak di GoogleNews.

IKUTI CHANNEL WhatsApp TribunJabar.id untuk mendapatkan berita-berita terkini via WA: KLIK DI SINI

Leave a comment