Informasi Terpercaya Masa Kini

Arne Slot Ungkap Alasan Datangkan Federico Chiesa ke Liverpool

0 3

LIVERPOOL, KOMPAS.TV – Liverpool resmi mengumumkan kedatangan Federico Chiesa dari Juventus.

Sang pemain sudah menyelesaikan tes medis dan menandatangani kontrak jangka panjang bersama klub Liga Inggris tersebut, Kamis (29/8/2024).

Pemain berusia 26 tahun itu akan segera bergabung dengan skuad The Reds setelah menjalani empat musim di Juventus, di mana ia mencatatkan 131 penampilan. 

Chiesa yang memiliki 51 caps untuk tim nasional Italia itu, sebelumnya juga turut memperkuat tim Azzurri di Euro 2024.

“Saya sangat senang bisa menjadi pemain Liverpool. Ketika Richard Hughes menghubungi saya dan berkata, ‘Apakah Anda ingin bergabung dengan Liverpool?’ – dan kemudian pelatih juga menghubungi saya – saya langsung berkata iya karena saya tahu sejarah klub ini, saya tahu apa yang diwakilinya bagi para penggemar,” ujar Chiesa dikutip dari laman resmi klub.

Chiesa mengawali karier profesionalnya di Fiorentina, di mana ia bermain dalam 153 pertandingan dan mencetak 34 gol sebelum pindah ke Juventus pada Oktober 2020. 

Awalnya bergabung dengan status pinjaman selama dua tahun, Chiesa kemudian diikat secara permanen oleh Juventus pada Mei 2022.

Pemain kelahiran Genoa ini sempat mengalami cedera ligamen anterior pada musim keduanya di Juventus, yang membuatnya absen selama hampir 10 bulan. 

Baca Juga: Hasil Pekan Kedua Liga Inggris: Liverpool Lanjutkan Tren Positif, Chelsea Pesta Gol

Namun, Chiesa berhasil bangkit dan mencatatkan 33 penampilan di Serie A pada musim terakhirnya di Juventus, dengan torehan 10 gol dari 37 pertandingan di semua kompetisi.

Ia juga berhasil meraih medali kedua di ajang Coppa Italia bersama Juventus.

Pada level internasional, Chiesa menjadi bagian penting dari kesuksesan Italia di Euro 2020.

Ia tampil dalam semua tujuh pertandingan Italia, mencetak dua gol, dan masuk dalam Tim Terbaik UEFA untuk turnamen tersebut. Baru-baru ini, ia juga tampil empat kali di Euro 2024.

Kepindahannya ke Liverpool menandai babak baru dalam karier Chiesa.

Ia menjadi rekrutan kedua dalam era kepelatihan Arne Slot, menyusul kesepakatan untuk mendatangkan Giorgi Mamardashvili dari Valencia yang telah diumumkan sebelumnya.

Manajer Liverpool, Arne Slot mengungkapkan rasa puasnya dengan kedatangan Chiesa. Ia menyoroti kualitas, pengalaman, dan potensi besar yang dimiliki pemain tersebut.

“Kami sangat senang bisa membawa Federico ke Liverpool,” kata Slot.

“Federico berada di usia yang sangat baik. Ia membawa pengalaman dan bakat, tetapi pada saat yang sama ia masih memiliki potensi untuk terus berkembang, dan ini sangat menarik bagi kami.”

Slot juga menambahkan, mentalitas dan etos kerja Chiesa yang tinggi adalah atribut yang sangat dibutuhkan Liverpool saat ini.

“Tidak hanya bakatnya, tetapi Federico juga memiliki pengalaman memenangkan trofi, termasuk bersama tim nasionalnya, serta kemampuan untuk menghadapi tantangan. Ini adalah mentalitas yang kami inginkan di Liverpool,” tambah Slot. 

Baca Juga: Liverpool Ikat Kontrak Kiper Valencia Giorgi Mamardashvili

Leave a comment