Informasi Terpercaya Masa Kini

Jadwal Olimpiade Paris 2024: Lifter Eko Yuli Irawan serta Dua Atlet Panjat Tebing Putri Tanding Kejar Medali

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Kontingen Indonesia berpeluang menambah perolehan medali di Olimpiade Paris 2024 pada hari ini, Rabu, 7 Agustus 2024. Lifter Eko Yuli Irawan dan dua atlet panjat tebing putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallabillah akan bertanding di nomor speed mulai perempat final.

Desak Made Rita dan Rajiah berhasil melewati kualifikasi babak penyisihan unggulan dan penyisihan eliminasi pada Senin. Keduanya optimistis bisa lolos babak perempat final yang akan dipertandingkan di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis pada Rabu siang waktu setempat atau sore WIB.

Rajiah membeberkan ia sedikit melakukan kesalahan di babak eliminasi, tetapi selanjutnya berhasil membukukan waktu pribadi terbaik, sehingga yakin bisa lolos dari babak perempat final.

Rajiah Sallsabillah dari Indonesia seusai mengikuti Kualifikasi Kecepatan Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget, Prancis, 5 Agustus 2024. REUTERS/Benoit Tessier

Pada babak eliminasi ini, Rajiah terpeleset saat berhadapan dengan lawannya. Tetapi, Rajiah berhasil mendapatkan tiket ke perempatfinal setelah satu tempat tersisa berhak ditempati oleh atlet yang kalah di babak eliminasi, namun punya catatan waktu paling bagus di penyisihan unggulan. Dia punya catatan paling baik di antara semua atlet yang kalah yakni 6,58 detik.

“Apa pun hasilnya nanti (perempat final), yang pasti mau menampilkan yang terbaik dan semoga hasilnya bisa melewati babak berikutnya,” kata atlet kelahiran Banten 25 tahun lalu ini setelah mengikuti babak penyisihan, seperti termuat dalam keterangan tertulis.

Sementara, Desak Made mengatakan akan berusaha lebih fokus dan tenang saat tampil di babak perempat final. “Hasilnya tadi (babak sebelumnya) masih belum bagus, kalau catatan waktu, saya tidak terlalu memikirkan, yang pasti maunya ya naik podium. Tadi lumayan grogi dan belum lega kalau belum naik podium,” kata perempuan asal Bali itu.

Atlet panjat tebing berusia 23 tahun ini memastikan lolos ke babak delapan besar setelah menaklukkan Piper Kelly dari Amerika Serikat dengan catatan waktu 6,38 detik.

Atlet angkat besi Indonesia kelas 61 kg Eko Yuli Irawan berfoto sebelum bertolak ke Paris untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024 di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, 21 Juli 2024. Angkat besi Indonesia memberangkat 3 atletnya untuk berlaga di Olimpiade Paris, dengan target lebih baik daripada Olimpiade Tokyo. ANTARA/Muhammad Iqbal

Berikutnya, dari angkat besi, Eko Yuli akan tampil untuk kelima kalinya di Olimpiade. Lifter berusia 31 tahun ini akan mencatatkan sejarah sebagai satu-satunya atlet Indonesia yang mampu tampil dalam lima edisi ajang multievent olahraga empat tahunan tersebut.

Dari empat penampilan sebelumnya, Eko menyabet medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020 serta medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Pada penampilan kelimanya di Olimpiade Paris 2024, Eko yang turun di kelas 61 kilogram, optimistis bisa kembali naik podium. Namun, ia belum berani sesumbar akan mampu meraih medali emas saat pertandingan di South Paris Arena 6, Paris.

“Kalau medali emas, kami belum berani bicara, tapi untuk mencari medali Insya Allah bisa. Karena untuk cari emasnya kami lihat nanti di hari H, sama satu bulan terakhir persiapan ini mampu enggak (untuk dapat emas),” ujar dia saat ditemui di Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Juli 2024.

Eko menilai, saat ini ada tiga negara yang menjadi lawan terberat terkuat di Olimpiade Paris 2024, yakni perwakilan atlet Cina, Italia, dan Amerika Serikat. Demi bisa bersaing dengan ketiga negara tersebut, dia sebelumnya fokus mematangkan persiapan menuju pertandingan.

Kontingen Indonesia baru meraih satu medali perunggu yang disumbang dari pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Angkat besi dan panjat tebing menjadi cabang olahraga yang diandalkan untuk bisa menambah medali di Olimpiade Paris 2024.

Jadwal atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada Rabu, 7 Agustus 2024:

Panjat Tebing – Women’s Speed

17.39 WIB: Rajiah Sallsabillah vs Emma Hunt dari Amerika Serikat

17.41 WIB: Desak Made Rita Kusuma Dewi vs Deng Lijuan dari Cina

Angkat Besi – Kelas 61 Kilogram Putra

20.00 WIB: Eko Yuli Irawan

Pilihan Editor: Lolos ke Perempat Final Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo Sempat Pecahkan Rekor

Leave a comment