Informasi Terpercaya Masa Kini

Profil Rakhmatsho Rakhmatzoda: Bintang Timnas Tajikistan Turun Kasta Gabung Persijap Jepara

0 4

TRIBUNWOW.COM – Berikut profil Rakhmatsho Rakhmatzoda,  bintang Timnas Tajikistan yang dibuat turun kasta oleh Persijap Jepara jelang pagelaran Liga 2 2024/2025.

Rakhmatsho Rakhmatzoda telah resmi menjadi rekrutan anyar skuad Laskar Kalinyamat yang diperkenalkan melalui unggahan Instagram klub @persijap_jepara, Kamis (1/8/2024).

“Let’s Rock This League Zoda!,” tulis Persijap Jepara saat mengumumkan Rakhmatsho Rakhmatzoda.

Menariknya Persijap Jepara merupakan klub Liga 2 Indonesia, sedangkan Rakhmatsho Rakhmatzoda statusnya adalah sebagai pemain Timnas Tajikistan yang masih aktif bermain.

Kedatangan pemain berlabel Timnas Tajikistan itu disinyalir bahwa Persijap Jepara memang tengah dalam mode serius untuk meraih tiket promosi ke Liga 1 di musim 2025/2026 mendatang.

Rakhmatsho Rakhmatzoda yang baru bergabung ke Persijap Jepara tersebut sudah malang melintang di Timnas Tajikistan, baik kelompok umur maupun senior.

Baca juga: Kota Kerajinan Kayu Bersolek: Persijap Nambah Pundi-pundi Bintang Grade A, Didikan Persija dan PSM

Performa puncak dari bek anyar milik Kota Kerajinan Kayu Borsolek tersebut ialah ketika tampil di ajang Piala Asia U-23 2024 bersama Timnas Tajikistan, di mana Rakhmatsho Rakhmatzoda tampil sebanyak tiga kali untuk mengawal lini belakang Singa Persia.

Selain itu,pemain berusia 20 tahun itu juga mencatatkan bermain di Timnas Tajikistan senior pada putaran kedua Piala Dunia 2026 zona Asia pad Juni 2024 lalu.

Namun, Rakhmatsho Rakhmatzoda hanya turun sebagai pemain pengganti ketika Timnas Tajikistan berhadapan dengan Yordania.

Sedangkan di level klub, sebelum berpindah ke Persijap Jepara, Rakhmatsho Rakhmatzoda pada musim lalu tercatat telah memperkuat Ravshan Kulob.

Menariknya, klub Ravshan Kulob merupakan klub yang berada di kasta tertinggi sepak bola Tajikistan.

Sebelum direkrut Persijap Jepara, Rakhmatsho Rakhmatzoda sempat tampil sebanyak tujuh kali bersama Rafshan Kulob, di mana ia sempat turut membukukan satu assist.

Pada musim 2024/2025 ini, pemain kelahiran 6 April 2004 itu memutuskan berlabuh ke kasta kedua Liga Indonesia, Persijap Jepara.

Bahkan kehadirannya di Persijap Jepara menjadi kali pertamanya bermain di Liga Indonesia.

Namun, bergabungnya Rakhmatsho Rakhmatzoda ke Persijap Jepara, bintang Tajikistan tersebut sukses menyusul dua jejak seniornya yang merumput di Indonesia.

Baca juga: Bumi Kartini Bersolek: Persijap Rekrut Pemain Timnas Tajikistan, Tiru Jejak Eks Persebaya-Borneo FC?

Sebelum Rakhmatsho Rakhmatzoda, sempat ada dua pemain asal Tajikistan yang menghiasi Liga Indonesia dan terbilang cukup sukses.

Sosok pemain Tajikistan pertama yang merumput di Liga Indonesia ialah Manuchekhr Dzalilov.

Selama bermain di Liga Indonesia, Manu Dzalilov total mencatatkan 44 pertandingan dengan torehan delapan gol dan 10 assist, baik untuk Persebaya Surabaya ataupun Sriwijaya FC.

Selain Manu Dzalilov, ada pemain asal Tajikistan lainnya yang cukup sukses di Indonesia, yakni Nuriddin Davronov.

Sempat bermain untuk Madura United, Borneo FC, dan Persita Tangerang, Nuriddin Davronov tercatat sebagai gelandang yang cukup tangguh.

Tak menutup kemungkinan dua alumnus Timnas Tajikistan tersebut bisa diteruskan tradisi kegemilangannya oleh Rakhmatsho Rakhmatzoda di Liga 2 2024 mendatang sebagai perwakilan dari Singa Persia di Indonesia.

Dengan postur tinggi 1,82 meter, Rakhmatsho Rakhmatzoda diharapkan bisa menjaga kedalaman Persijap Jepara untuk mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2024/2025.

Dikutip dari Transfermaket.com, selain bisa dipasang sebagai bek tengah, Rakhmatsho Rakhmatzoda ternyata mampu diplot sebagai bek kanan, yang tentunya menguntungkan Persijap Jepara untuk ditempatkan diposisi yang cocok dengannya.

Sebelumnya, Persijap Jepara juga diketahui sukses mendatangkan pemain asing asal Brasil, Rosalvo Candido untuk menjadi tambahan daya gedor di lini depan tim berjuluk Laskar Kalinyamat tersebut. 

Baca juga: Sinyal Transfer Mengejutkan Persebaya Surabaya: Bek Bertuah Juara Merapat? 1 Tokoh Jadi Stimulusnya

Disisi lain, total tim yang bermarkas di Stadion Gelora Bumi Kartini itu sudah mengamankan 8 pemain, yang mana dua diantara memiliki grade A karena pernah bemain di Liga 1 Indonesia.

Dua pemain berlabel Liga 1 yang sukses didatangkan Persijap Jepara pernah mengenyam didikan dari dua tim klasik Indonesia, Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Merujuk pada laman Transfermarket.com, dua sosok pemain grade A berpengalaman di Liga 1 yang sukses dibungkus Persijap Jepara adalah Rangga Widiansyah dan juga Prince Kallon.

Profil Rakhmatsho Rakhmatzoda

Nama di negara asal    : Rakhmatsho Rakhmatzoda

Tanggal lahir / Umur   : 6 April 2004 (20)

Tempat kelahiran        : Norak, Tajikistan   

Tinggi                             : 1,82 m

Kewarganegaraan       : Tajikistan

Posisi                             : Bek – Bek-Tengah

Kaki dominan              : kanan

Agen pemain               : Score_

Klub Saat Ini                : Persijap Jepara

Bergabung                  : 1 Agustus 2024

Kontrak berakhir       : –

Statistik Rakhmatsho Rakhmatzoda di Klub

 Ravshan Kulob    : 20 pertandingan, 2 assist, 2 kartu kuning, 1.755 menit bermain.

 Khosilot                : 14 pertandingan, 1 kartu kuning, 1.260 menit bermain.

Lokomotiv Pamir : 1 pertandingan, 1 kartu kuning, 90 menit bermain.

Statistik Rakhmatsho Rakhmatzoda di Timnas Tajikistan

Timnas Tajikistan Senior : 1 pertandingan, 1 menit bermain.

Timnas U-23 Tajikistan    : 7 pertandingan, 581 menit bermain.

Timnas U-20 Tajikistan    : 8 pertandingan, 707 menit bermain.

Timnas U-19 Tajikistan    : 1 pertandingan, 45 menit bermain.

(Magang TribunWow/Ahmad Wafir)

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News

Leave a comment