Informasi Terpercaya Masa Kini

Soal Debut Maarten Paes di Timnas Indonesia, PSSI Tunggu Hasil Sidang Arbitrase pada 15 Agustus 2024

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Teka-teki nasib Maarten Paes untuk membela Timnas Indonesia mulai menemukan titik terang. Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengungkapkan sidang naturalisasi pemain keturunan Belanda itu akan digelar pada 15 Agustus 2024.

“Tanggal 15 (Agustus) sidang, tanggal 18 (Agustus) pengumumannya. Insya Allah kami akan berusaha memenangkan itu,” ujar dia saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2024.

Maarten Paes sejatinya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai melakukan sumpah di Jakarta pada Selasa, 30 April 2024 lalu, tetapi belum bisa memperkuat Timnas Indonesia. Kiper berusia 26 tahun itu terkendala regulasi FIFA karena sebelumnya sempat membela tim Belanda U-21 saat menginjak usia 22 tahun.

PSSI kemudian mengajukan banding ke Court of Arbitration for Sport (CAS) agar Paes bisa membela Skuad Garuda untuk menghadapi sejumlah laga penting ke depan, termasuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hingga saat ini, kepastian kiper asal klub FC Dallas itu untuk tampil memperkuat Tim Merah Putih.

Ditemui dalam kesempatan berbeda, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji juga masih belum bisa memastikan keikutsertaan Paes dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ia mengungkapkan masih menunggu hasil sidang yang akan dilakukan.

“Kami akan tunggu. Itu (soal Maarten Paes bisa main September) kita tunggu saja nanti,” ucapnya singkat.

Kehadiran Maarten Paes akan menambah kekuatan Timnas Indonesia yang sebelumnya telah diperkuat 10 pemain naturalisasi. Mereka adalah Jordi Amat, Jay Idzes, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Timnas Indonesia sendiri bakal menghadapi agenda putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai September 2024 mendatang. Skuad Garuda diketahui tergabung dalam grup C bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Cina, dan Bahrain.

Skuad Garuda sebelumnya lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menjadi runner up grup di putaran kedua dengan catatan 10 poin dari tiga kali menang, satu kali imbang, dan dua kali kalah. Pasukan Merah Putih akan melakoni laga perdana kontra Arab Saudi pada 5 September, lalu menjamu Australia pada 10 September 2024.

Pilihan Editor: Jadwal Bola Olimpiade Paris 2024, Ada Laga Argentina vs Prancis di Babak Perempat Final

Leave a comment