Informasi Terpercaya Masa Kini

Maarten Paes Dilirik Empoli Namun Terkendala Bela Timnas Indonesia,

0 10

TEMPO.CO, Jakarta – Klub Serie A, Empoli akan meminjam kiper keturunan Indonesia Maarten Paes. Hal itu dilakukan demi menambal posisi kiper baru untuk musim 2024/2025. Dikutip dari laporan Gianluca Di Marzio, Empoli sebelumnya diperkuat dua kiper yang bermain secara bergantian, yakni Elia Caprile dan Etrit Berisha. Namun, Elia yang berstatus pinjaman pulang ke S.S.C. Napoli, sedangkan Etrit dikabarkan kontraknya tidak diperpanjang per 1 Juli kemarin.

Empoli menjatuhkan pilihan pertama sang kiper adalah Maarten Paes, kiper berkewarganegaraan ganda Indonesia dan Belanda yang bermain untuk klub Dallas di MLS,” tulis Di Marzio pada akun Instagram pribadinya, Rabu, 10 Juli 2024 dikutip dari Transfermarkt.

Maarten Paes adalah penjaga gawang berkewarganegaraan ganda, Indonesia dan Belanda, yang bermain di klub Major League Soccer (MLS), Dallas. Pada musim ini ia telah memainkan 24 pertandingan dan 5 clean sheets. Ia bahkan terpilih masuk dalam MLS All-Star 2024 bersama bintang dunia seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Jordi Alba, hingga Sergio Busquets.

Dikutip dari Transfermarkt, Maarten Paes lahir pada 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda. Ia memulai karirnya di akademi VV Union pada 2012. Ia pindah ke NEC pada 2015. Pada 2018, Maarten bergabung dengan akademi Utrecht U-21. Setahun setelahnya dia promosi ke tim senior FC Utrecht. Bersama FC Utrecht, dia telah bermain sebanyak 48 kali dan telah melakukan 12 clean sheets atau nirbobol.

Setelah hampir tiga tahun di klub Liga Belanda, Maarten pindah ke Major League Soccer di Amerika Serikat. Maarten bergabung dengan klub Liga Amerika Dallas pada 2022 dengan status pinjaman. Di sana, ia bermain sebanyak 70 kali dan telah melakukan 17 clean sheets. Pada level internasional, Paes pernah membela timnas Belanda U-19 di Euro U-19 2016. Ia juga pernah membela timnas U21 di Piala Eropa U-21 2021.

Maarten Paes sejatinya sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, tetapi belum bisa memperkuat Timnas Indonesia. Kiper berusia 26 tahun itu terkendala regulasi FIFA karena sebelumnya sempat membela tim Belanda U-21 saat menginjak usia 22 tahun.

PSSI kemudian mengajukan banding ke CAS agar Paes bisa membela Skuad Garuda untuk menghadapi sejumlah laga penting ke depan, termasuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia berada dalam grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Grup itu dihuni Jepang, Arab Saudi, Australia, Cina, dan Bahrain. Skuad Garuda sebelumnya lolos ke putaran ketiga usai menjadi runner up grup di putaran kedua dengan catatan 10 poin dari tiga kali menang, satu kali imbang, dan dua kali kalah. Pasukan Merah Putih akan melakoni laga perdana kontra Arab Saudi pada 5 September, lalu menjamu Australia pada 10 September 2024.

KHUMAR MAHENDRA | MOHAMMAD HATTA MUARABAGJA | ANTARA | TRANSFERMARKT | GIANLUCADIMARZIO.COM

Pilihan Editor: PSSI Belum Yakin Maarten Paes Bisa Main untuk Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Leave a comment