Informasi Terpercaya Masa Kini

Serba-serbi Upacara HUT RI di IKN: Dubes Tak Diundang, SBY dan Megawati Diharapkan Hadir

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ulang tahun Republik Indonesia ke-79 sudah di depan mata.

Untuk pertama kalinya, perayaan kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, dan Istana Merdeka Jakarta Pusat.

Sejumlah persiapan terus dimatangkan, termasuk kesiapan sarana dan prasarana. Istana sudah menyewa sekitar 100 unit mobil untuk kendaraan wara-wiri dan logistik.

Panitia pelaksana seperti OIKN hingga Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan mobil bus yang akan mengangkut sejumlah tamu ke IKN.

Baca juga: Paskibraka Upacara HUT RI Akan Dikukuhkan Jokowi di IKN

Sejalan dengan itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakui biaya penyelenggaraan upacara kemerdekaan RI ke-79 tahun ini membengkak karena upacara diadakan di dua tempat.

Kendati begitu ia memastikan, kenaikan kebutuhan anggaran tidak signifikan. Namun, Pratikno mengaku tidak hafal berapa jumlah anggaran yang digunakan.

“Karena upacara sekarang itu kan diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar daripada sebelumnya,” kata Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), di Komplek Istana Kepresidenan, Selasa (6/8/2024).

Undang Megawati dan SBY

Selain Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang mengikuti upacara di IKN, para mantan presiden juga bakal diundang untuk ikut dalam upacara di ibu kota baru tersebut.

Mereka adalah Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana mengatakan, undangan sudah dikirimkan kepada mereka kemarin, Kamis (8/8/2024).

Lebih jauh, pihaknya akan mengkonfirmasi lebih lanjut kedatangan keduanya.

Baca juga: Upacara HUT RI, Istana Siapkan Hotel untuk Megawati hingga SBY di IKN

Yusuf menyatakan, Istana bakal mempersiapkan transportasi dan akomodasi bagi para mantan presiden di IKN, termasuk hotel tempat menginap.

“Mantan Presiden kami persiapkan juga hotel di IKN,” kata Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).

Tidak undang dubes asing

Di sisi lain, pihak Istana tidak mengundang duta-duta besar negara asing untuk turut upacara kemerdekaan di IKN.

Dubes asing tetap diundang mengikuti upacara detik-detik proklamasi, namun tempatnya adalah di Istana Merdeka Jakarta Pusat.

“Untuk para dubes akan diundang (upacara) di Istana Merdeka Jakarta. Kita punya kebijakan beliau-beliau (dubes) diundang di Jakarta,” ujar Yusuf.

Keputusan ini berubah, karena sebelumnya Presiden Jokowi sebelumnya sempat berencana mengundang dubes asing untuk upacara di IKN.

Menteri dibagi terpisah

Yusuf juga mengatakan, tidak semua menteri bakal upacara di IKN. Para menteri akan dibagi secara terpisah dan proporsional untuk mengikuti upacara di Istana Negara IKN dan Istana Merdeka Jakarta.

Di sisi lain, ada pula menteri yang akan melakukan upacara kemerdekaan di wilayah terluar dan terpencil

“Nanti pasti pembagian menteri ini akan kita atur dengan baik supaya berimbang antara yang hadir di IKN dengan yang hadir di Istana Merdeka (Jakarta),” jelas Yusuf.

Masyarakat lokal ikut upacara

Selain itu, pihak yang diundang mengikuti upacara di IKN adalah para pimpinan lembaga negara, Panglima TNI, dan Kapolri.

Kemudian, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya, masyarakat umum sekitar IKN, dan para pekerja di IKN.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, pihak Istana akan mengutamakan masyarakat lokal untuk terlibat dalam upacara di IKN.

“Di IKN di dalam (lapangan) itu kita persiapkan sekitar 1.400 kursi. Tapi juga di depannya tentu kita antisipasi untuk siapkan masyarakat dan para pekerja yang bekerja membangun IKN, ini juga akan dihadirkan,” tutur Yusuf.

Baca juga: Banyak Ormas Ingin Hadiri Perayaan HUT RI di IKN, Mensesneg: Kita Fokus Masyarakat Lokal

Meski menurut Pratikno, ada banyak permintaan dari beragam pihak untuk upacara di IKN termasuk dari organisasi kemasyarakatan (ormas).

Namun, Istana menyatakan peserta upacara yang hadir di IKN adalah peserta yang diundang oleh negara. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bakal mengirim undangan itu.

Menurut Pratikno, akan percuma undangan disampaikan kepada sejumlah pihak, jika pada akhirnya pihak itu tidak bisa datang karena terkendala transportasi dan akomodasi di ibu kota baru.

“Kita yang ngundang karena sekali lagi itu kan sangat-sangat terbatas. Kita memikirkan (jika) bagi beliau (ormas) diundang, tapi kemudian enggak bisa hadir karena kekurangan pesawat, tidak ada hotel yang siap di sana, dan sebagainya,” ucap Pratikno.

Wapres dan eks-wapres di Istana Jakarta

Yusuf bilang, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden Terpilih akan mengikuti upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

Mantan Wakil Presiden seperti Jusuf Kalla pun akan diundang di Istana Merdeka Jakarta.

Selain itu, sejumlah pihak yang bakal diundang di Istana Merdeka Jakarta adalah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, pejabat TNI/Polri, ASN, serta masyarakat sekitar di Istana Merdeka Jakarta.

Para duta besar negara sahabat pun akan diundang mengikuti upacara HUT RI di Istana Merdeka Jakarta

“Untuk para dubes akan diundang di Istana Merdeka Jakarta,” tuturnya

Pengukuhan Paskibraka dan Geladi Bersih

Sebelum upacara kemerdekaan pada 17 Agustus, Jokowi dijadwalkan bakal mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara kemerdekaan HUT RI tanggal 13 Agustus 2024.

Pengukuhan akan berlangsung pada pukul 15.00 di IKN. Ada 76 orang Paskibraka yang akan dikukuhkan, yang merupakan siswa-siswi dari 38 provinsi se-Indonesia.

Keesokan harinya pada 14 Agustus 2024, Presiden Jokowi bakal menghadiri secara langsung geladi bersih upacara kemerdekaan RI di lapangan Istana Negara IKN.

Geladi bersih akan memperlihatkan tata upacara termasuk kesenian yang bakal ditampilkan. Geladi bersih juga akan mencoba mekanisme upacara secara hybrid.

Adapun pada tanggal 16 Agustus, Presiden Jokowi bakal menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR RI Jakarta.

Setelahnya ia akan kembali bertolak ke IKN untuk mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa pada malam hari.

Leave a comment