Informasi Terpercaya Masa Kini

Pengamat Prediksi PKS Bisa Angkat Kaki dari Anies di Pilkada Jakarta: Sudah Dikasih Deadline

0 5

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi bisa angkat kaki meninggalkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Senin (5/8/2024).

“Kalau mendengar statementnya Kang Pipin (Jubir PKS) tadi, Anies itu juga dikasih deadline, kalau tidak segera mengumumkan apakah Sohibul Iman akan jadi wakil atau menggenapi kursi untuk mendaftar diri ke KPU Jakarta, bukan tidak mungkin PKS ini akan angkat kaki gitu ya dari Anies,” ucap Adi. 

Baca Juga: Pengamat Sebut Anies Bisa Kena Kutukan Petahana di Pilgub Jakarta, Apa Alasannya?

“Kan kalau kita melihat hampir separuh kekuatan politik Anies itu ada di PKS dan itu tidak bisa dibantah.”

Selain PKS, Adi juga mencermati soal kemungkinan Partai NasDem akan angkat kaki sebagai kekuatan politik Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

“Nasdem beberapa waktu yang lalu Ahmad Sahroni menyebut bukan tidak mungkin Nasdem juga akan mencabut dukungan politiknya di Pilkada,” ujar Adi.

“Kalau PKB jangan ditanya, kelihatan mulai tidak happy kan dengan pasangan Anies dan Sohibul Iman sejak lama. Jadi ini adalah instrumen yang menurut saya bisa menjadi Anies tidak terlampau kuat kembali di Jakarta.”

Baca Juga: PKS Tagih Keseriusan Anies Baswedan untuk Bisa Ikut Pilkada Jakarta

Apalagi hingga saat ini, kata Adi, Anies kesulitan untuk mendapatkan tiket untuk maju Pilkada Jakarta dari parpol selain PKS.

“Anies kan belakangan ini sangat kesulitan sekali sebenarnya bagaimana meyakinkan partai-partai untuk mendapatkan tiket itu, apalagi misalnya di tengah itu dan narasi yang semakin kuat, bahwa sangat mungkin di Jakarta akan ada yang disebut dengan KIM plus,” ujarnya.

Leave a comment