Informasi Terpercaya Masa Kini

Youtuber IShowSpeed Bingung Saat Fans Sebut Batik dari Malaysia

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – YouTuber dan live-streamer asal Amerika Serikat, IShowSpeed membuat heboh media sosial dengan siaran live-nya saat berkunjung ke Malaysia, Selasa, 17 September 2024. Dalam siaran langsung itu, terekam momen saat Speed menerima kemeja batik dari seorang penggemar Malaysia yang mengklaim bahwa batik adalah pakaian tradisional Malaysia. Namun, IShowSpeed kebingungan tentang asal-usul kain batik tersebut. Cuplikan video tersebut akhirnya viral di media sosial.

Video tersebut menunjukkan seorang penggemar yang menyerahkan beberapa potong kemeja batik kepada IShowSpeed yang sedang menunggu lampu merah di dalam mobil. “Ini pakaian tradisional Malaysia, Batik. Kamu harus pakai,” ucap fans tersebut, sebelum mengabadikan momen dengan foto bersama IShowSpeed.

Momen IShowSpeed Bingung dengan Asal Batik

Setelah menerima hadiah tersebut, IShowSpeed tampak bingung mengenai asal-usul batik. Para subscribers-nya mulai memberitahunya bahwa batik sebenarnya berasal dari Indonesia. Dalam siaran tersebut, ia menunjukkan salah satu kemeja batik yang ia terima, yang memiliki warna dasar biru dan motif floral. Ia kemudian mengungkapkan kebingungannya dengan bertanya kepada pengemudi mobil dan pengawalnya mengenai asal batik.

“Batik berasal dari Indonesia? Tunggu, ini dari Indonesia atau Malaysia? Subscribers-ku mengatakan batik berasal dari Indonesia. Mengapa orang tadi bilang batik dari Malaysia?,” ujar IShowSpeed dengan heran. Kepada sopirnya, ia menanyakan kembali, dan sopir masih menjawab bahwa batik adalah pakaian resmi Malaysia. Tidak puas, ia bertanya kepada pengawalnya dan mendapatkan jawaban yang sama.

Speed Akhirnya Cari Asal Batik Lewat Google

Tidak puas dengan jawaban yang diterimanya, IShowSpeed akhirnya mencari informasi melalui Google. “Batik berasal dari Indonesia, di sini (Google) ditulis batik berasal dari Indonesia,” ujar Speed setelah menemukan informasi di internet. Ia membaca dari artikel yang menjelaskan bahwa seni batik dikembangkan di pulau Jawa, Indonesia. Video siaran live yang menampilkan kebingungan IShowSpeed ini telah ditonton lebih dari 8 juta kali.

Melansir dari laman resmi UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) dan berasal dari Pulau Jawa, Indonesia. “Keterampilan batik erat dengan identitas budaya masyarakat Indonesia dan melalui makna simbolis dari warna dan desainnya, mengekspresikan kreativitas dan spiritualitas mereka,” tulis UNESCO.

IShowSpeed saat ini memiliki lebih dari 30 juta subscribers. Ia dikenal dengan nama asli Darren Jason Watkins Jr., seorang YouTuber yang memulai karirnya dengan siaran live saat bermain gim pada tahun 2019. Kepopulerannya melonjak berkat ekspresi spontan saat bermain gim yang sering dijadikan meme di TikTok dan X.

YOUTUBE | UNESCO

Pilihan Editor: Profil Nikocado Avocado, YouTuber Mukbang yang Turun Berat Badan 114 Kg

Leave a comment