Informasi Terpercaya Masa Kini

Kalangan Menengah RI Terancam Turun Kelas, Pelajari Menabung Kakeibo ala Orang Jepang

0 1

Kondisi perekonomian saat ini, membuat banyak kalangan menengah di Indonesia terancam turun kelas. Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan penurunan drastis jumlah kelas menengah RI.

Mengutip CNBC Indonesia, sebanyak 9,48 warga kelas menengah berisiko ‘turun kelas’ ke kelompok rentan miskin. Data ini mengalami penurunan dibandingkan dengan pencatatan di tahun 2019, di mana Indonesia memiliki 53,33 juta kelas menengah atau sebanyak 21,45 persen.

Jumlah tersebut mengalami penurunan menjadi 47,85 juta atau hanya tersisa 17,13 persen. Banyak pakar keuangan dan ahli mencoba mengingatkan para kelas menengah untuk melakukan persiapan agar tak mengalami kemerosotan ekonomi.

Salah satunya belajar menabung menggunakan metode Kakeibo ala orang Jepang. Konsepnya sendiri sangat sederhana, karena ini adalah proses investasi dan menggunakan uang dengan bijaksana ala ibu-ibu rumah tangga di sana.

Mengenal sejarah Kakeibo

Gaya menabung Kakeibo diperkenalkan oleh Jurnali Makoto Hani di tahun 1992. Seiring berjalannya waktu, Kakeibo kembali tren di tahun 2017 melalui buku berjudul Kaeibo: the Japanese Art of Saving Money oleh Fumiko Chiba.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Bikin Hidup Lebih Baik Bun!

Pada dasarnya, Kakeibo menekankan pada pentingnya pencatatan arus keuangan yang jelas. Tidak dilakukan secara modern di platform online, hal itu bisa Bunda lakukan melalui catatan keuangan di buku.

Tulis uang masuk dan keluar, dan amati kebiasaan berbelanja untuk rumah tangga. Kemudian, buat daftar pertanyaan sebelum membeli sesuatu.

Daftar pertanyaan sebelum membeli barang

Sebelum memutuskan membeli barang, buat daftar pertanyaan sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan. Berikut contohnya:

  1. Apakah aku bisa hidup tanpa barang ini?
  2. Berdasarkan situasi saat ini, apakah aku mampu membelinya?
  3. Apakah barang-barang ini sangat berguna untuk hidup sehari-hari?
  4. Apakah ada tempat untuk menyimpan barang ini setelah dibeli?

Cara mengelola keuangan ala Kakeibo

Berikut langkah-langkah yang bisa Bunda coba:

  1. Mencatat seluruh pemasukan
  2. Menyiapkan tabungan baru alokasi dana lainnya
  3. Pikir matang-matang sebelum membeli sesuatu

Bahkan ada yang menyarankan untuk menunggu 1 x 24 jam sebelum membeli barang. Mengapa?

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment