Informasi Terpercaya Masa Kini

Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produk Terbaiknya

0 1

Menerapkan basic skincare secara rutin setiap hari menjadi langkah penting yang perlu dilakukan setiap orang untuk mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit mereka.

Rutinitas skincare bukan hanya tentang membersihkan wajah, tetapi juga tentang menghidrasi, mengatasi masalah pada kulit, hingga melindunginya dari cuaca. Pada dasarnya, rutinitas ini harus selalu mencakup pembersih, pelembap, dan sunscreen.

Bergantung pada jenis kulit dan tujuan perawatan, Bunda bisa menambahkan perawatan tambahan ke rutinitas skincare untuk merawat kulit kering, berminyak, menua, atau rentan berjerawat.

Apa itu basic skincare?

Melansir dari laman Beautynesia, basic skincare untuk pemula melibatkan penggunaan produk yang paling dasar untuk menjaga kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit, Bunda.

Biasanya perawatan ini termasuk cleanser atau pembersih wajah, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.

Baca Juga : 9 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah, Bikin Glowing Bebas KusamTahapan basic skincare dari pagi hingga malam hari dan cara penggunaannya yang tepat

Melansir dari laman health, berikut adalah beberapa tahapan basic skincare pada pagi dan malam hari yang bisa Bunda ikuti.

Basic skincare untuk pagi hari

Rutinitas skincare di pagi hari mempersiapkan kulit untuk hari itu dengan membuang kotoran dan minyak yang terkumpul selama tidur. Ini juga akan menambah kelembapan pada lapisan kulit dan melindungi Bunda dari sinar ultraviolet (UV) dan polusi.

  • Pembersih: Mencuci wajah menghilangkan minyak dan kotoran berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Saat membersihkannya, percikan air hangat ke wajah dan gosok pembersih wajah dengan lembut menggunakan ujung jari. Kemudian, bilas dan keringkan.
  • Toner: Toner dapat menghidrasi kulit atau menghilangkan sisa minyak dan kotoran. Untuk menggunakannya, basahi kapas dengan toner dan tepuk-tepuk dengan lembut ke wajah.
  • Serum: Serum pagi dapat membantu mencerahkan, menghidrasi, dan melindungi kulit. Untuk menerapkannya, tepuk-tepuk produk dengan lembut ke wajah dan leher Bunda.
  • Pelembap: Memijat wajah dan leher dengan pelembap akan menjaga kulit terlindungi dan terhidrasi sepanjang hari. Pelembap membantu meningkatkan kadar air di kulit dan mengunci kelembapan.
  • Sunscreen: Ini bekerja untuk melindungi kulit dari sinar UV, mengurangi risiko kanker kulit, dan bintik matahari. Oleskan sunscreen seukuran uang logam ke wajah, leher, dada, dan telinga. Dianjurkan untuk mengoleskan kembali setiap 2 jam sekali.

Basic skincare untuk malam hari

Rutinitas perawatan kulit di malam hari menghilangkan kotoran yang tersisa dari aktivitas seharian dan menambah kelembapan pada kulit. Ini juga dapat membantu mengatasi kulit kering, jerawat, hiperpigmentasi, atau garis-garis halus saat tidur.

  • Pembersih: Membersihkan wajah di malam hari dapat menghilangkan kotoran dan minyak yang terkumpul sepanjang hari. Ini dapat menggunakan pembersih yang lembut, berbahan dasar minyak, atau pembersih jerawat yang sama di pagi dan malam hari.
  • Toner: Toner malam hari dapat membantu menghidrasi kulit kering atau menghilangkan sisa kotoran setelah dibersihkan. Bunda bisa menggunakan toner eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori.
  • Serum: Serum malam hari dapat mengatasi jerawat dan garis-garis halus. Pastikan Bunda hanya memilih satu untuk menghindari iritasi kulit akibat terlalu banyak bahan aktif.
  • Retinol: Retinoid atau retinol adalah turunan vitamin A yang dapat mengatasi jerawat dan garis-garis halus. Bahan-bahan ini merangsang pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Oleskan seukuran kacang polong setiap dua malam.
  • Krim mata: Mengoleskan krim mata pada bagian bawah yang sensitif dapat membantu menambah kelembapan guna memperbaiki kulit dan mengurangi garis-garis halus.
  • Pelembap atau krim malam: Bunda bisa melembapkan kulit di malam hari dengan pelembap biasa atau mengoleskan krim malam yang lebih kental.

Rekomendasi basic skincare lokal

Untuk membantu Bunda, berikut adalah beberapa rekomendasi basic skincare dari produk lokal yang bisa dipilih:

1. Wardah Lightening Niacinamide Micellar Gentle Wash

Wardah Lightening Niacinamide Micellar Gentle Wash adalah pembersih wajah dengan Micellar Technology, pH balance, dan non-soap formula. Kandungan Licorice Extract dan Advanced Niacinamide membantu mengoptimalkan proses pencerahan kulit.

2. Whitelab Brightening Toner

Whitelab Brightening Toner bekerja untuk mencerahkan kulit secara maksimal, membersihkan wajah dari sisa kotoran dan debu, membantu melembapkan kulit, hingga menyegarkan wajah menjadi tidak kusam.

3. Sariayu Hydraglow Face Serum

Serum yang satu ini dapat membantu Bunda mengatasi masalah kulit kering, iritasi, dan kemerahan. Serum dari Sariayu ini bekerja untuk menghidrasi dan melembapkan kulit hingga 72 jam, mengangkat sel kulit mati, hingga mencerahkan.

4. The Originote Hyalucera Moisturizer Gel

Moisturizer yang diformulasikan dengan dua jenis Hyaluron, Ceramide, dan Chlorelina yang dapat membantu merawat skin barrier, serta menjaga keremajaan kulit. Ini dapat mengunci hidrasi pada kulit sehingga membuat kulit terasa kencang dan kekencangan kulit terjaga, membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan menjaga kelembapan kulit.

5. Emina Sun Battle Bright Glow SPF 35 PA+++

Emina Sun Battle Bright Glow SPF 35 PA+++ melindungi kulit dari sinar UV dengan tekstur ringan, mudah meresap, dan tanpa white cast. Ini dilengkapi dengan Amino Vitamin C untuk membantu merawat skin barrier dan kulit menjadi cerah terhidrasi.

Pilihan Redaksi

  • 7 Rekomendasi Tinted Lip Balm yang Bagus untuk Sehari-hari, Bikin Merona dan Ada SPF-nya
  • 7 Rekomendasi Lip Oil yang Bagus untuk Bibir Hitam dan Kering
  • 5 Perbedaan Lip Crayon dan Lipstik, Lebih Bagus yang Mana?

Nah, itulah beberapa tahapan basic skincare hingga rekomendasi produk lokal yang bisa dipilih. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing  soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment