Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Tanaman Buah yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah, Bisa Berbahaya Bun!

0 9

Bunda punya tanaman buah di halaman? Ternyata ada beberapa tanaman buah yang tidak dianjurkan ditanam di depan rumah karena bisa membahayakan Bunda dan keluarga.

Menanam tanaman buah di halaman rumah merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercantik tampilan hunian dan menyediakan buah segar untuk konsumsi keluarga. Namun pemilihan tanaman untuk halaman rumah bukan sekadar soal estetika karena tidak semua tanaman buah cocok diletakkan di area depan. 

Beberapa tanaman buah dapat menyebabkan masalah baik dari segi estetika, perawatan, maupun dampak lingkungan. Mungkin karena tanaman tersebut bersifat invasif.

Tanaman yang dianggap invasif cenderung tumbuh dan berkembang biak jika dibiarkan begitu saja di suatu area, yang pada dasarnya mengambil sumber daya yang dibutuhkan oleh tanaman lain.

Baca Juga : 10 Tanaman Penghambat Rezeki yang Dipercaya Pembawa Sial Tahun 2024

Dari sudut pandang ekologi, spesies invasif cenderung tidak mendukung kehidupan serangga atau burung di area tersebut. Mengutip Real Simple, sering kali orang tidak menyadari fakta bahwa tanaman yang mereka pilih bersifat invasif.

Untuk itu, Bunda perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menanam tanaman buah di depan rumah.  Berikut deretan tanaman buah yang sebaiknya dihindari untuk ditanam di depan rumah.

Tanaman buah yang tidak boleh ditanam di depan rumah

Berikut tanaman buah yang tidak boleh ditanam Bunda di depan rumah.

1. Mulberry putih

Mulberry putih menghasilkan buah yang hanya akan dimakan burung. Pohon ini meninggalkan kekacauan di halaman saat burung datang untuk menikmati buahnya, meninggalkan kotorannya.

Mulberry putih juga bersifat invasif dan menyulitkan tanaman dan pohon lain untuk tumbuh di sekitarnya. Yang terburuk, mulberry menghasilkan serbuk sari yang dapat menyebabkan alergi sehingga dapat menjadi masalah jika Bunda atau anak-anak memiliki alergi.

2. Mangga

Pohon mangga merupakan salah satu pohon buah tropis yang sangat populer dan banyak dibudidayakan. Namun ada beberapa alasan mengapa pohon mangga tidak ideal untuk ditanam di depan rumah.

Pohon mangga dapat tumbuh sangat besar dengan kanopi yang lebar dan akar menyebar luas. Ini dapat menghalangi pemandangan dan menyebabkan masalah pada struktur bangunan jika akarnya menjalar ke fondasi rumah atau trotoar.

Buah mangga yang jatuh juga bisa membuat halaman depan menjadi kotor dan licin. Selain itu, buah yang jatuh juga dapat menarik serangga dan hama.

Pohon mangga memerlukan perhatian ekstra untuk mengendalikan hama dan penyakit yang bisa menjadi beban tambahan bagi pemilik rumah.

3. Plum Jawa

Plum Jawa termasuk tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di depan rumah. Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon Janum.

Plum Jawa memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan tumbuh subur di cuaca tropis. Dalam waktu 40 tahun, pohon ini dapat mencapai ketinggian penuh sekitar 15 meter.

Pohonnya juga besar dan lebar serta dapat menempati area seluas maksimal 10 meter di halaman. Selama musim buah, pohon ini dipenuhi buah hijau yang berubah menjadi merah hingga hitam saat sudah matang sepenuhnya. 

Buah-buah tersebut bisa berjatuhan di mana-mana, dekat lingkungan sekitar dan mengundang burung selama berbulan-bulan selama musim buah. Burung-burung ini menambahkan lebih banyak kotoran pada daun, cabang, dan buah yang jatuh.

4. Jambu air

Jambu air adalah buah yang populer dan mudah tumbuh. Namun ada beberapa alasan mengapa pohon ini mungkin tidak ideal untuk ditanam di depan rumah.

Pertama, akar jambu air dapat menyebar dengan cepat dan mungkin merusak struktur bangunan atau paving yang ada di halaman depan. Jambu air juga dapat jatuh dari pohon dan membuat area sekitar menjadi kotor.

Ini akhirnya bisa menarik serangga dan hama. Pohon jambu air membutuhkan perawatan rutin untuk memastikan tidak ada hama dan penyakit yang menyerang.

5. Pir

Pohon pir terutama pir Bradford bisa menjulang tinggi hingga 9 meter dengan struktur cabang yang lemah. Ini akan menjadi bencana dan masalah bagi Bunda.

Cabang-cabang pohon pir mudah patah, dan terjadi hanya dalam waktu 2 dekade setelah menanamnya. Pohon ini juga terlalu besar dan lebar sehingga dapat dengan mudah ‘memakan’ halaman rumah. Akibatnya, Bunda tidak dapat menanam apa pun bahkan bunga di bawahnya.

Pilihan Redaksi

  • 15 Jenis Tanaman yang Cepat Tumbuh, Ada yang Hanya 3 Hari
  • 7 Tanaman yang Bisa Bikin Linglung, Termasuk Kaktus Bukan Hanya Kecubung
  • Mengenal Tanaman Pacar Air, Ampuh Atasi Rematik hingga Sembelit

Itulah beberapa tanaman buah yang sebaiknya Bunda pertimbangkan sebelum ditanam di halaman depan rumah. Disarankan jika Bunda ingin menanam buah-buahan di halaman depan, pertimbangkanlah tanaman buah yang lebih kecil atau memiliki kebutuhan perawatan yang ringan.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment