Informasi Terpercaya Masa Kini

15 Makanan yang Bikin Kulit Putih dan Cerah, Anti Kusam Tanpa Suntik Bun!

0 8

Mencerahkan warna kulit bukan berarti selalu menggunakan krim pemutih kulit atau melakukan perawatan kecantikan pemutih kulit. Sebaliknya, ada serangkaian makanan tertentu yang dapat membantu Bunda mendapatkan kulit yang cerah.

Kulit merupakan organ terbesar dan menyumbang sekitar sepertujuh dari total berat badan. Fungsi utama kulit adalah bertindak sebagai penghalang, melindungi seluruh tubuh dari sinar matahari, suhu panas dan dingin, kuman, patogen, dan zat beracun.

Mengikuti pola makan yang bergizi dan menyeluruh adalah salah satu faktor terpenting dalam menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda.

15 Makanan yang Bikin Kulit Putih dan Cerah

Mengonsumsi makanan kaya nutrisi secara teratur yang dikenal dapat mendukung dan melindungi kulit dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, mengurangi risiko kondisi terkait kulit, dan meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk meningkatkan kecerahan kulit:

1. Stroberi

Melansir dari laman health, stroberi kaya akan zat yang meningkatkan kesehatan kulit, seperti vitamin C, antosianin, asam fenolik, dan flavonoid.

Baca Juga : 9 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah, Bikin Glowing Bebas Kusam

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit karena melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif dan penting untuk produksi kolagen, protein utama dalam tubuh yang menyumbang 75 persen dari berat kering kulit.

Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dengan secangkir irisan stroberi menyediakan 97,6 miligram atau 108 persen dari nilai harian.

2. Brokoli

Brokoli adalah sumber serat yang baik, yang membantu meningkatkan kesehatan usus. Sayuran silangan ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan polifenol. Ini membantu menghambat enzim tertentu yang terlibat dalam pemecahan protein kulit, kolagen, dan elastin, sehingga dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan.

Mengonsumsi sayuran, seperti brokoli, memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit.

3. Semangka

Semangka mengandung lebih dari 90 persen air, menjadikannya sebagai pilihan lezat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam ke luar. Minum banyak air dan mengonsumsi makanan yang menghidrasi, seperti semangka, dapat membantu menjaga kulit tampak awet muda karena hidrasi membantu mengurangi munculnya kerutan.

4. Ceri

Mengonsumsi ceri secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan menurunkan penanda stres oksidatif, menurunkan tekanan darah, dan mendukung kesehatan jantung.

Ceri juga tinggi vitamin C dan menyediakan serat, yang dapat membantu mendukung keseimbangan usus, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Tomat

Tomat adalah sumber makanan utama likopen karotenoid. Ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan telah terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat kaya likopen dapat membantu memperbaiki penampilan kulit.

6. Pepaya

Melansir dari laman times of India, pepaya tidak hanya mengandung khasiat mencerahkan kulit, tetapi juga efektif menyembuhkan bekas luka dan noda hitam di wajah. Papain, enzim yang ada dalam pepaya membantu memperbaiki warna kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah.

7. Jeruk

Jeruk mendetoksifikasi kulit dan minyak alami yang terkandung dalam buah jeruk ini melembapkan dan melembutkan kulit. Antioksidan yang ada di dalam jeruk ini dapat melawan radikal bebas untuk memperlambat kerutan pada wajah.

Selain itu, ini juga merupakan eksfoliator kulit yang baik dan menjaga wajah dari kemunculan jerawat.

8. Ubi Jalar

Kandungan vitamin C yang kaya pada ubi jalar dapat membantu membersihkan kulit, terutama yang berjerawat, bekas luka, dan tekstur tidak merata. Ubi jalar juga dapat melindungi kulit dari sengatan matahari dan tanning.

9. Wortel

Wortel memang merupakan makanan super untuk kulit karena membantu menjaga kulit aman dari radikal bebas dan mencegah kulit dari penuaan. Sayuran ini juga memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat mengeluarkan racun dan membuat wajah bercahaya secara alami.

10. Bit

Bit sering digunakan dalam pengobatan rumahan untuk kulit dan membantu menghilangkan warna cokelat dan membuat wajah bersinar merah muda. Mengonsumsi buah bit secara rutin konon dapat menghaluskan kulit bahkan memberikan rona alami pada pipi.

11. Telur

Telur mengandung banyak vitamin B kompleks, membantu menjaga kekencangan kulit, bebas noda, dan juga mencegah penuaan. Mereka juga mengandung seng yang penting untuk kulit kenyal.

12. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E yang membantu memperlambat proses kerusakan kulit. Mereka juga membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah kerutan dini, jerawat, hingga kulit kusam.

13. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dikenal memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaganya tetap lembut dan awet muda dalam waktu lama.

14. Ikan

Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik hiperpigmentasi di kulit. DHA pada ikan diketahui dapat mengurangi produksi melanin yang secara langsung berdampak pada pemutihan kulit. Minyak ikan memiliki sifat memutihkan kulit yang serupa.

15. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari merupakan sumber vitamin E yang baik, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Tambahkan mereka ke dalam menu diet untuk mendapatkan kulit bercahaya.

Pilihan Redaksi

  • 15 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Medis, Cepat dan Efektif Bun!
  • Apakah Sunscreen Perlu Dipakai Malam Hari? Ketahui Fakta & Manfaatnya
  • Jangan Sembarangan, Ketahui Bahaya Suntik DNA Salmon untuk Kulit

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk membuat kulit putih dan cerah. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis

Leave a comment