Informasi Terpercaya Masa Kini

Pahami Tips-tips Berikut Sebelum Membeli Mobil Listrik

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Di berbagai kota, tren penggunaan mobil listrik semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari anggapan bahwa mobil listrik adalah solusi untuk masalah lingkungan dan semakin langkanya bahan bakar fosil. Pemerintah juga mendorong masyarakat untuk menggunakan mobil listrik dengan menawarkan pajak yang lebih rendah dibandingkan mobil konvensional.

Selain itu, mobil listrik dikenal dengan biaya perawatan yang minim. Ini disebabkan oleh ketiadaan komponen mesin dan sistem mekanikal yang kompleks pada mobil listrik. Meskipun begitu, mobil listrik tetap memerlukan perawatan agar performanya tetap optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil listrik:

1. Daya Baterai

Mengutip laman Nissan, baterai adalah komponen utama dari mobil listrik. Cara terbaik untuk menjaga kualitas baterai adalah dengan memastikan kapasitasnya tidak kurang dari 40%. Pengisian maksimum disarankan antara 80% hingga 90% untuk menghindari degradasi dan kerusakan baterai.

2. Jadwal Pengisian Baterai

Melansir laman Hyundai, salah satu cara untuk menjaga kualitas baterai adalah dengan menjadwalkan pengisian secara teratur. Idealnya, pengisian tidak perlu dilakukan setiap hari, tetapi disarankan setiap dua hari sekali.

3. Parkir di Tempat Sejuk

Saat menggunakan mobil listrik, pastikan Anda selalu memarkir kendaraan di tempat yang sejuk dan menghindari tempat dengan suhu tinggi atau terkena sinar matahari langsung. Panas matahari dapat mempengaruhi kapasitas dan masa pakai baterai mobil.

4. Pengecekan Software Secara Berkala

Mobil listrik modern dilengkapi dengan teknologi tinggi dan berbagai software untuk mendukung operasionalnya. Oleh karena itu, pemahaman terhadap software tersebut dan pengecekan rutin sangat penting. Salah satunya adalah mengetahui kapan software harus diperbarui agar mobil listrik tetap dalam performa terbaik.

Secara keseluruhan, merawat mobil listrik memerlukan perhatian khusus terhadap baterai dan teknologi pendukungnya. Dengan menjaga kapasitas baterai, menjadwalkan pengisian dengan benar, memarkir di tempat sejuk, dan rutin memeriksa software, mobil listrik Anda akan tetap berfungsi dengan optimal dan memiliki umur panjang.

Tips Merawat Baterai Mobil Listrik

Pada banyak mobil listrik, rata-rata memilikki garansi pada baterai mencapai 10 tahun. Namun, penggunaan yang tidak benar dapat berakibat pada berkurangnya kemampuan baterai sehingga performanya akan menurun. Oleh karena itu, sebagai pengguna mobil listrik perlu memerhatikan perawatan baterai.

Megutip Hyundai, disebutkan bahwa hal paling penting yang harus diperhatikan untuk merawat baterai adalah ketika mengisi baterai disarankan ketika posisi di bawah 20%. Hal ini untuk mencegah baterai mengalami penurunan kinerja lebih cepat.

Selanjutnya, waktu ideal untuk mengisi daya baterai adalah setiap dua atau tiga hari sekali. Untuk terus menjaga daya baterai lebih tinggi dari waktu ke waktu disarankan untuk tidak melakukan akselerasi yang berat dalam waktu lama. Selain itu, untuk menjaga kualitas baterai, disarankan untuk memarkir mobil pada temapt yang teduh untuk mengurangi baterai lithium-ion terdegradasi lebih cepat ketika suhu naik.

Ketika mengisi baterai mobil listrik, disarankan untuk tidak mengisinya hingga 100% karena akan memeprcepat degradasi pada baterai. Namun, kalau Anda akan menempuh perjalanan jauh, mengisi hingga 100% sangat disarankan.

Pilihan editor: Deretan Mobil Cina Ramaikan GIIAS 2024

Leave a comment