Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Tanaman Hias Termahal dengan Harga Fantastis, Ada Mawar Seharga Rp81 M!

0 6

Punya tanaman hias langka di rumah? Mungkin masuk dalam daftar tanaman hias termahal dengan harga fantastis yang bisa mencapat ratusan juta rupiah.

Memiliki tanaman hias di rumah tak hanya mempercantik ruangan tapi juga diyakini dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan fisik. Tren tanaman hias pun semakin marak dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak pandemi.

Hal ini mendorong munculnya berbagai jenis tanaman dengan harga fantastis. Tanaman hias dengan harga tinggi bukan hanya langka melainkan memiliki keunikan tersendiri.

Bagi para pecinta houseplant atau kolektor tanaman hias, memiliki tanaman langka dan unik merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Berikut deretan tanaman hias termahal di dunia yang mungkin membuat Bunda tercengang dengan harganya.

Baca Juga : 10 Tanaman Hias dalam Ruangan Penghasil Oksigen TertinggiTanaman hias termahal

Berikut tanaman hias termahal yang harganya enggak main-main, Bunda.

1. Juliet Rose

Juliet Rose merupakan ciptaan peternak mawar terkenal David Austin. Ini disebut-sebut sebagai bukti kemewahan bunga yang pernah ada di dunia.

Dilansir dari Medium, bunganya yang indah berbentuk cangkir memancarkan keharuman menyenangkan, membuatnya mendapat gelar mawar termahal di dunia. Dengan harga US$5 juta (Rp81 miliar), mawar ini membutuhkan waktu lebih dari 15 tahun untuk berkembang, memadukan pesona mawar Inggris kuno dengan ketahanan mekar modern.

2. White Pine

Mengutip dari The Spruce, pohon bonsai menarik perhatian para pencinta tanaman yang mencari hiasan dalam ruangan. Bonsai dengan harga tertinggi adalah White Pine yang berusia berabad-abad.

Pohon tersebut dijual seharga 100 juta yen (sekitar Rp21 miliar) di 11th Asia-Pacific Bonsai and Suiseki Convention & Exhibition, Takamatsu, Kagawa, Jepang. 

3. Anggrek Shenzhen Nongke

Daftar tanaman hias termahal di dunia selanjutnya adalah anggrek Shenzhen Nongke. Ini merupakan spesimen bunga menakjubkan yang tercipta melalui campur tangan manusia.

Dikembangkan di laboratorium selama 8 tahun, anggrek ini terjual dengan harga US$200 ribu atau sekitar Rp3,2 miliar dalam sebuah lelang. Kelangkaannya bukan terletak pada kejadian alaminya tapi proses budidaya yang cermat sehingga menghasilkan bunga yang unik dan semarak.

4. Anggrek Lady Slipper

Sesuai namanya, Anggrek Lady Slipper diciptakan sepasang. Tanaman ini dikenal dengan kantong berbentuk sandal yang rumit mencapai tingkat kemewahan baru dengan variasi beraneka ragam yang langka.

Sepasang anggrek luar biasa ini memiliki harga US$100 ribu (Rp1,6 miliar). Kelangkaan dan pola warnanya yang menawan membuat anggrek ini diidam-idamkan oleh para pecinta anggrek.

5. Anggrek Hitam Papua

Anggrek Hitam Papua memiliki nilai fantastis di atas Rp100 juta. Keunikan anggrek ini terletak pada bunganya yang berwarna hitam legam dengan semburat ungu dan kuning. Kelangkaannya di alam liar membuat harganya melambung tinggi.

6. Anggrek Gold of Kinabalu

Berasal dari hutan hujan Malaysia, Anggrek Gold of Kinabalu adalah bunga langka dan eksklusif yang memiliki harga mengejutkan, sekitar US$6 ribu atau sekitar Rp97 jutaan. Kelopak bunga berwarna emas cerah dan bentuknya yang unik membuat tanaman ini diminati oleh para penggemar dan kolektor anggrek.

7. Philodendron Pink Princess

Daunnya yang berwarna hijau tua dengan corak merah muda cerah menjadi daya tarik utama. Tanaman merambat ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan corak merah muda cerah yang menawan.

Harganya bisa mencapai Rp 40 juta per pot, semakin besar daunnya, semakin mahal harganya. Ini termasuk jenis tanaman hias philodendron yang paling langka sehingga harganya mahal.

8. Monstera Variegata

Tanaman rambat ini terkenal dengan daunnya yang berlubang dan corak variegata putih atau krem. Harganya bisa mencapai US$5 ribu atau Rp81 juta untuk tanaman dewasa.

Tanaman hias monstera variegata sangat digemari di Selandia Baru dan belahan dunia lain, termasuk salah satu tanaman paling populer. Namun laju perbanyakan tanaman yang lambat membuatnya sangat langka.

Tanaman ini dapat ditemukan dengan percikan warna acak dalam berbagai corak dan tidak ada dua daun yang berbentuk sama. Keunikannya menjadi daya tarik tersendiri, terutama para pecinta tanaman hias.

9. Hoya Carnosa ‘Compacta’

Tanaman lain dengan variegasi unik, Hoya carnosa compacta menjadi tanaman hias termahal yang pernah dijual di Trade Me pada Juni 2020. Anggota situs tersebut menjualnya seharga U$6.500 atau Rp100 jutaan.

Tanaman ini memiliki variasi warna krem atau kuning di bagian dalam daun. Jika Bunda memutuskan harus memiliki hoya, varietas lain mungkin harganya tidak terlalu mahal.

10. Philodendron Minima

Tanaman ini sering disebut sebagai ‘Mini Monstera’ atau ‘Piccolo’. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat New Zealand terhadap tanaman hias, sebuah spesimen beraneka ragam yang sangat langka dijual pada Agustus 2020 seharga US$8.150 atau Rp132 jutaan di Trade Me.

Yang membuat penjualan ini semakin mengejutkan adalah tanaman kecil itu hanya memiliki 4 helai daun. Bahkan dijual sederhana dalam pot plastik hitam.

Perlu diingat bahwa harga tanaman hias dapat berfluktuasi tergantung pada permintaan, kondisi tanaman, dan keunikannya. Merawat tanaman hias mahal ini pun membutuhkan dedikasi dan pengetahuan khusus agar dapat tumbuh dengan optimal.

Pilihan Redaksi

  • 15 Tanaman Daun Ungu yang Cantik dan Kaya Manfaat untuk Ditanam di Rumah
  • 20 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur, Bantu Bikin Tidur Nyenyak & Bersihkan Udara
  • Tanaman Kecubung Ramai-ramai Dimusnahkan, Apa Penyebabnya & Kata Dokter

Bagi pencinta tanaman hias, memiliki salah satu dari tanaman langka di atas mungkin bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Namun membeli tanaman hias tidak hanya tentang harga tapi juga tentang kecintaan dan tanggung jawab dalam merawatnya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment