Informasi Terpercaya Masa Kini

Panduan Clean Eating, Program Diet Prilly Latuconsina yang Sukses Turun BB 12 Kg

0 3

Aktris Prilly Latuconsina menyita perhatian publik setelah diet. Ia diketahui menjalani diet clean eating. Ini dia serba-serbi mengenai clean eating, panduan diet Prilly Latuconsina yang sukses turunkan berat badan hingga 12 kg.

“Jadi aku tuh clean eating, pagi aku cuma ngopi item saja. Terus siangnya aku makan sayur dan protein, ini aku makan tauge dan telur,” kata Prilly lewat media sosial resminya.

Bagi yang belum familiar, clean eating adalah pola makan sehat yang berfokus pada konsumsi makanan utuh dan tidak olahan. Prinsipnya memilih makanan yang kaya akan nutrisi dan menghindari makanan yang telah diproses, dikemas, atau mengandung banyak gula tambahan, lemak tidak sehat, atau zat aditif lainnya.

Baca Juga : Rahasia Diet Amanda Manopo Sukses Turun Berat Badan 14 Kg

Bagaimana cara menjalani clean eating? Mari kita bahas di sini yuk, Bunda.

Apa itu clean eating?

Mengutip Medical News Today, clean eating dapat digambarkan sebagai memilih makanan yang alami dan sehat. Ini termasuk makanan yang bebas dari bahan tambahan, pengawet, dan bahan olahan.

Misalnya saja, beberapa orang mungkin memilih pendekatan yang tidak terlalu ketat dan mengikuti pola clean eating yang serupa dengan diuraikan dalam Dietary Guidelines for Americans. Ini mungkin termasuk makan lebih banyak buah dan sayuran utuh, kacang-kacangan, dan protein berkualitas tinggi sambil membatasi makanan olahan.

Ada pula yang mungkin lebih membatasi dan menghilangkan makanan, termasuk produk susu, gluten, dan gula. Mereka juga membatasi jumlah bahan makanan dan menghindari makanan yang diberi antibiotik, pestisida, dan hormon pertumbuhan.

Cerita Prilly Latuconsina turun BB 12 Kg berkat clean eating

Prilly Latuconsina menjalani clean eating selama kurang lebih satu tahun untuk mendapatkan berat badan idealnya. Prilly memulai hari dengan secangkir kopi hitam saja.

Makan siang ia biasa membawa masakan dari rumah, seperti tumis tauge dan telur rebus yang diolah agar lebih nikmat. Sementara untuk camilan, Prilly Latuconsina lebih memilih mengonsumsi buah-buahan dibanding biskuit atau makanan penuh kandungan gula. 

“Terus aku makan buah lontar karena ini kalorinya juga nggak banyak dan buahnya juga enggak terlalu manis,” ujar Prilly.

Untuk makan malam, Prilly memilih nasi goreng quinoa. Prilly makan olahan quinoa ini yang dipadukan dengan terong dan tahu.

“Sorenya aku makan nasi goreng quinoa, terong bakar, dan tahu. Terus minumnya harus air putih ya,” kata Prilly.

Prilly memilih donat dengan topping selai coklat sebagai makanan penutupnya. Namun donat yang dipilih tetap gluten free.

“Terus untuk dessert aku makan donat gluten free, jadi donat sehat tapi rasanya tetap enak banget, tetap bisa mengobati kangen lah kalo lagi kangen donat,” tambahnya.

Prilly Latuconsina mengatakan kalau diet clean eating tidak selalu harus ketat. Ada hari di mana ia melakukan cheating day, terutama saat liburan.

“Aku enggak se-strict itu setiap hari ya. Ada momen di mana aku makan enak. Ada juga momen di mana aku masih makan makanan manis karena aku suka banget, apalagi kalo pas liburan itu enggak mungkin deh aku diet diet,” lanjutnya.

Manfaat menerapkan pola makan clean eating

Berfokus pada pola makan yang bersih dapat bermanfaat karena mengurangi natrium, minuman manis, dan makanan ultra-olahan.

Versi clean eating yang mencakup pola makan padat nutrisi terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan protein sehat dapat menyehatkan tubuh secara memadai. Ini sekaligus mendukung pengelolaan berat badan Bunda secara keseluruhan.

Clean eating membantu menjaga kadar gula darah stabil yang dapat berkontribusi pada mood yang lebih stabil dan mengurangi gejala stres. Selain itu, clean eating juga menawarkan berbagai keuntungan bagi kesehatan Bunda selain penurunan berat badan. 

Ini dia beberapa manfaat pola makan clean eating.

1. Peningkatan energi

Makanan olahan seringkali memicu lonjakan gula darah yang diikuti dengan penurunan drastis, membuat Bunda lelah. Clean eating kaya akan nutrisi dan serat, memberikan energi yang stabil serta tahan lama.

2. Kesehatan jantung yang lebih baik

Clean eating umumnya membatasi lemak jenuh dan kolesterol jahat yang ditemukan dalam makanan olahan. Ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Bahkan sebagian penelitian menunjukkan bahwa clean eating dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, jantung, serta beberapa jenis kanker.

3. Pencernaan lebih sehat dan mendetoks tubuh secara alami

Makanan utuh dalam clean eating tinggi serat yang melancarkan pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus. Clean eating juga mengurangi asupan bahan pengawet, pewarna makanan, dan zat aditif lainnya yang mungkin membebani fungsi detoks tubuh Bunda.

4. Bagus buat kesehatan kulit

Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan dalam clean eating dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Bisa membuatnya tampak lebih bersinar.

Bagaimana cara melakukan clean eating?

Berikut cara melakukan clean eating bila Bunda tertarik menerapkannya.

1. Perbanyak konsumsi makanan utuh dan segar

Pastikan untuk memasukkan minimal 5 porsi sayur dan buah dalam menu harian Bunda. Pilihlah variasi warna yang beragam untuk mendapatkan berbagai macam vitamin dan mineral.

Pilih sumber protein tanpa lemak seperti dada ayam, ikan salmon, tempe, tahu, atau kacang-kacangan. Ganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, ubi jalar, atau quinoa.

Tidak lupa menambahkan lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

2. Batasi makanan olahan dan kemasan

Hindari makanan siap saji, fast food, dan makanan beku yang biasanya tinggi kalori, lemak tidak sehat, dan gula tambahan. Batasi konsumsi makanan yang digoreng, bersantan, serta berlemak tinggi. Bacalah label makanan dengan cermat dan perhatikan kandungan gula, garam, dan lemak jenuhnya sebelum membeli makanan dari luar.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu tubuh terhidrasi dan melancarkan metabolisme. Hindari minuman manis seperti soda, jus kemasan, dan minuman berenergi. Minum kopi hitam seperti Prilly bisa menjadi alternatif dan bagus buat kesehatan.

4. Memasak sendiri

Memasak sendiri memungkinkan Bunda untuk mengontrol bahan-bahan dan cara pengolahan makanannya. Cobalah berbagai resep masakan sehat dan ciptakan kreasi menu yang menarik.

5. Lakukan olahraga secara teratur

Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk membantu membakar kalori dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pilihlah jenis olahraga yang Bunda sukai agar lebih termotivasi untuk berolahraga secara konsisten.

6. Mulai secara bertahap

Tidak perlu langsung mengubah semua pola makan Bunda. Mulailah dengan langkah-langkah kecil seperti mengganti camilan tidak sehat dengan buah-buahan atau menambahkan lebih banyak sayuran dalam menu makan Bunda.

Perhatikan bagaimana tubuh Bunda bereaksi terhadap makanan yang dikonsumsi. Jika Bunda merasa tidak nyaman setelah makan sesuatu, hindarilah makanan tersebut.

Apakah melakukan clean eating baik untuk tubuh?

Clean eating telah menjadi topik hangat di dunia kesehatan. Namun terdapat kontroversi seputar penelitian di balik hal ini karena beberapa ilmuwan berpendapat hal tersebut dapat menyebabkan gangguan makan. 

Jadi, apakah melakukan clean eating baik untuk tubuh?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients meneliti persepsi clean eating di antara sampel remaja dan orang dewasa baru yang berjumlah besar serta beragam di Amerika Serikat.

Meskipun definisinya berbeda-beda di antara para responden, sebagian besar responden mengklasifikasikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan utuh atau tidak diolah, termasuk makanan mentah, alami, dan tanpa perasa atau bahan tambahan.

Dari responden yang disurvei, 70,8 persen mengidentifikasi clean eating sebagai pola makan sehat. Sebaliknya, 18 persen mengidentifikasi unsur-unsur yang bermanfaat dan berbahaya, berarti hal tersebut dapat menyebabkan pola makan tidak teratur.

Studi lain yang dipublikasikan di Nutrients mengamati 762 perempuan Australia berusia 17 sampai 55 tahun. Mereka menyelesaikan kuesioner laporan mandiri mengenai perilaku makan dan keyakinan tentang clean eating berdasarkan situs web.

Studi tersebut menemukan bahwa perempuan yang mengikuti saran diet clean eating lebih mungkin memenuhi pedoman diet untuk buah-buahan, daging, dan alternatif daging, seperti kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian. Dibandingkan dengan perempuan yang tidak mematuhi saran dari situs makan sehat.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Eating Disorders menemukan bahwa clean eating dipandang baik oleh mahasiswa yang tinggal di AS, meskipun hal tersebut dikaitkan dengan tekanan emosional pelakunya.

Semua penelitian di atas menunjukkan perlunya penelitian yang lebih luas untuk memperjelas potensi risiko dan manfaat clean eating.

Rekomendasi menu clean eating seminggu

Berikut ini contoh menu clean eating selama seminggu untuk memberi Bunda gambaran.

Senin

Sarapan: Smoothies dengan yogurt tawar, bayam, pisang, dan bubuk protein (optional).

Siang: Salad dengan dada ayam panggang, quinoa, dan sayuran berwarna-warni (brokoli, wortel, tomat ceri).

Snack: Segenggam almond dan sepotong apel.

Malam: Sup miso dengan tahu, jamur, dan wakame.

Selasa

Sarapan: Telur orak-arik dengan roti gandum bakar alpukat.

Siang: Nasi merah dengan ikan salmon panggang dan tumis kangkung.

Snack: Segenggam buah berries dan segelas yoghurt tawar.

Malam: Tumis terong dan tempe dengan nasi merah.

Rabu

Sarapan: Oatmeal dengan potongan buah dan kacang chia.

Siang: Sup sayuran dengan ayam suwir dan soun (atau mi shirataki).

Snack: Edamame rebus.

Malam: Salad dengan udang panggang, quinoa, dan bayam.

Kamis

Sarapan: Pancake tepung gandum utuh dengan topping pisang dan madu.

Siang: Sup ayam kampung dengan kentang dan wortel.

Snack: Sebutir pir.

Malam: Nasi merah dengan ayam bakar kecap dan cah brokoli jamur.

Jumat

Sarapan: Scrambled egg dengan roti gandum dan sepotong tomat.

Siang: Lentil sup dengan roti gandum panggang.

Snack: Segenggam campur kacang (almond, kacang mede, kacang tanah).

Malam: Steak ikan dori bakar dengan asparagus panggang dan ubi jalar panggang.

Sabtu

Sarapan: Chia seed pudding dengan susu almond dan potongan buah.

Siang: Salad ayam Caesar (dengan dressing buatan sendiri).

Snack: Hummus dengan potongan sayur (wortel, paprika).

Malam: Tumis buncis wortel dengan tahu goreng dan nasi merah.

Minggu

Sarapan: Omelette sayur dengan roti gandum.

Siang: Nasi merah dengan ayam goreng tepung singkong (gluten-free) dan tumis kacang panjang.

Snack: Yoghurt tawar dengan granola dan buah potong.

Malam: Capcay sayur dengan udang dan tahu (bisa dengan nasi merah atau quinoa).

Pilihan Redaksi

  • Panduan Diet untuk Penderita Asam Lambung yang Mudah Dilakukan
  • 15 Pilihan Saus Salad yang Lezat dan Rendah Kalori untuk Diet
  • Ini Jam Makan yang Baik untuk Diet Agar Cepat Turunkan BB

Menu ini hanya contoh, Bunda bisa menyesuaikannya dengan selera dan bahan makanan yang tersedia. Sebelum memulai program diet dengan pola makan clean eating, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan program tersebut sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment