Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Tanda-tanda Kolesterol Tinggi di Kepala, Waspada Bisa Stroke!

0 7

Kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai, Beauties. Bukan tanpa alasan, penumpukan kolesterol dalam darah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya, kolesterol sendiri merupakan zat dalam tubuh yang memiliki banyak peran penting. Salah satunya membantu tubuh membuat hormon dan mengatur metabolisme. Namun memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Lantas, benarkah kolesterol tinggi bisa menyebabkan sakit kepala? Faktanya, kolesterol tinggi tidak secara langsung menimbulkan gejala sakit kepala. Gejala kolesterol tinggi biasanya muncul akibat penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) di arteri.

Selain itu, tanda kolesterol tinggi bisa berupa nyeri dada akibat aliran darah ke jantung yang terganggu, kram kaki karena aliran darah ke tungkai berkurang, hingga xanthelasma berupa benjolan lemak kekuningan di sekitar mata.

Sementara kolesterol tinggi di kepala, seperti mudah lelah, sering pusing, dan gangguan keseimbangan, bisa menjadi salah satu gejala tidak langsung. Simak tanda-tanda kolesterol tinggi di kepala berikut ini.

1. Sakit Kepala Bagian Belakang

Sering sakit kepala bagian belakang bisa jadi salah satu tanda kolesterol tinggi. Menurut Express UK, hal ini terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah di kepala akibat penumpukan kolesterol.

Badan Kesehatan Medicover Hospital menjelaskan bahwa penyumbatan tersebut dapat menyebabkan aliran darah ke otak terhambat sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian belakang kepala. Jika dibiarkan, skenario terburuknya adalah pembuluh darah bisa pecah dan memicu stroke.

2. PusingIlustrasi pusing/ Foto: Freepik/DCStudio

Penyumbatan arteri di otak akibat kolesterol tinggi dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala berputar (vertigo). Hal ini terjadi karena berkurangnya aliran darah ke otak. Tanda lain yang mungkin menyertai termasuk tinnitus (denging di telinga) dan gangguan keseimbangan.

3. Gangguan pada Mata

Penyumbatan dapat menyebabkan penglihatan kabur, berbayang, atau bahkan kebutaan pada satu mata. Ini karena kolesterol tinggi dapat menyumbat arteri yang memasok darah ke mata.

Selain itu, xanthelasma yang merupakan benjolan kuning atau oranye di sekitar kelopak mata bisa muncul karena kolesterol tinggi. Benjolan ini terbentuk akibat penumpukan kolesterol di bawah kulit.

Simak tanda-tanda kolesterol tinggi di kepala lainnya  DI SINI.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi

  • Hati-hati, Ini 5 Tanda Diet yang Kamu Jalani Tidak Sehat!
  • Kamu Sakit Tenggorokan? Lakukan 7 Cara Alami Ini untuk Mengatasinya
  • 10 Makanan yang Mengandung Banyak Air, Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh!
Leave a comment