Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Merebus Daun Kelor yang Benar untuk Menurunkan Kolesterol

0 8

Daun kelor memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol. Jika ingin mendapatkan manfaat tersebut, ada cara merebusnya yang bisa Bunda ikuti dengan mudah.

Tanaman ini adalah makanan kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa Oleifera. Daun, biji, kulit kayu, akar, getah, dan bunga kelor telah digunakan sejak laam dalam pengobatan tradisional di seluruh Asia Selatan dan Tenggara.

Bubuk kelor sering ditambahkan ke smoothie, batangan nutrisi, dan minuman energi atau diminum sebagai teh. Dalam bentuk minyak, bisa digunakan secara topikal untuk perawatan rambut dan kulit.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu Bunda untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas

Daun kelor mengandung vitamin C tingkat tinggi dan nutrisi lain yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Baca Juga : 15 Resep Masakan Sehari-hari yang Mudah dan Praktis agar Tidak Bosan, Enak Bun!2. Menurunkan berat badan

Daun kelor kaya akan nutrisi, termasuk vitamin seperti A, E, dan C, mineral seperti kalsium, kalium, dan zat besi, dan asam amino esensial. Kepadatan nutrisi ini menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet lengkap.

Kelor kaya akan antioksidan, seperti quercetin, asam klorogenat, dan beta-karoten. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Melansir dari laman times of India, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama mengurangi kadar kolesterol jahat. Menjaga kadar kolesterol yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung.

4. Membantu pencernaan

Daun kelor kaya akan serat, yang membantu pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Selain itu, daunnya mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-mikroba, melindungi terhadap bakteri berbahaya di saluran pencernaan.

5. Mengendalikan tekanan darah

Daun kelor mengandung senyawa yang terbukti memiliki sifat anti-hipertensi sehingga membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Hal ini dapat mencegah hipertensi dan komplikasi kesehatan yang terkait.

Cara merebus daun kelor untuk menurunkan kadar kolesterol

Daun kelor terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Ini meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada dua cara merebus daun kelor yang dapat Bunda ikuti seperti berikut ini:

1. Resep teh daun kelor

Dirangkum dari buku Seri Herba Nusantara HERBAL JAWA karya Ibunda Suparni dan Ari Wulandari, berikut adalah cara merebus daun kelor untuk dikonsumsi dalam bentuk teh:

Bahan:

  • 50 gram daun kelor
  • 2 sdm madu
  • 500 ml air

Cara membuat:

  1. Rebus daun kelor sampai mendidih. Saring airnya dan tambahkan madu.
  2. Kemudian, aduk-aduk hingga merata.
  3. Bagi ramuan menjadi dua bagian dan minum setiap pagi dan malam.
  4. Bunda bisa mengonsumsi ramuan ini sekurangnya selama tujuh hari berturut-turut. Jika kolesterol sudah stabil, lakukan pengobatan ini setiap minggu sekali agar kolesterol tidak kembali naik.

2. Resep teh daun kelor lemon

Bahan:

  • 1 sdt daun kelor kering dan 3-4 batang kelor segar
  • 1 gelas air panas
  • Madu sesuai selera
  • Lemon (opsional)

Cara membuat:

  1. Ambil 3-4 batang kelor dan gunakan daun kelor dewasa untuk membuat teh karena konon cepat kering.
  2. Keringkan batang dan daun sampai kering. Bunda tidak perlu memisahkannya, kebanyakan orang senang memasukkannya ke dalam proses pembuatan teh karena kandungan serat yang tinggi.
  3. Ambil daun kelor kering lalu masukan ke dalam blender untuk digiling.
  4. Tambahkan air panas dan biarkan selama 3-5 menit (sampai warna daun berubah).
  5. Campurkan madu sesuai selera. Bunda juga bisa menggunakan lemon jika mau.

Nah, itulah beberapa cara merebus daun kelor untuk menurunkan kadar kolesterol. Selamat mencoba, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 5 Resep Jus Nanas Penurun Kolesterol dan Asam Urat, Asam Segar Bun
  • 9 Resep Smoothies untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Menurut Pakar
  • 5 Cara Merebus Jengkol agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment