Informasi Terpercaya Masa Kini

Kisah Hidup Ayah Upin Ipin dan Nama Aslinya, Ceritakan ke Si Kecil Yuk

0 8

Upin & Ipin menjadi salah satu serial kartun asal Malaysia yang begitu digandrungi anak-anak di Indonesia. Kartun ini menceritakan kehidupan sehari-hari anak kembar bernama Upin dan Ipin bersama kakak perempuan dan neneknya.

Sejak pertama kali tayang, Kak Ros, Upin, dan Ipin diceritakan tidak memiliki orang tua. Oleh karena itu, ketiganya diasuh oleh Opah di sebuah rumah di Kampung Durian Runtuh.

Les’ Copaque, sebagai rumah produksi Upin & Ipin, menceritakan sedikit kisah ayah dan ibu si kembar yang khas digambarkan berkepala botak ini di beberapa episodenya, Bunda. Yuk, simak cerita lengkapnya.

Mengenal kisah hidup Ayah Upin dan Ipin dari nama asli hingga pekerjaannya

Sekilas kisah hidup ayah Upin dan Ipin pernah dibahas dalam beberapa episode kartun ini, Bunda. Episode itu berjudul Upin dan Ipin Kesayanganku dan Secebis Kenangan Abah, yang tayang di musim ke-8 dan ke-17 di serial kartun Upin & Ipin. 

Episode tersebut menceritakan si kembar yang menemukan kamar berisikan kenangan-kenangan hidup dari ayah mereka. Kamar itu penuh dengan berbagai barang-barang peninggalan orang tua Upin dan Ipin.

Baca Juga : Kisah Hidup Kak Ros Upin Ipin dan Nama Aslinya, Ceritakan ke Si Kecil Bun

Di episode itu terungkap bahwa nama asli dari ayah Upin dan Ipin adalah Abdul Salam bin Yusuf. Ia merupakan seorang tentara semasa hidup, tetapi gugur dalam pengabdiannya.

Opah menyimpan rapi semua barang ayah Upin dan Ipin dalam satu kamar di rumahnya, seperti seragam kerja, lencana, topi, dan sepatu. 

Selain itu, episode ini juga menyajikan adegan di mana Kak Ros menangis tersedu-sedu ketika menemukan buku harian orang tuanya. Ia merasa sedih mengetahui bahwa ayah dan ibunya tersebut begitu menyayanginya sebagai si anak sulung.

Penjelasan tentang teori yang menyebutkan Ayah dan Ibunda Upin dan Ipin meninggal dunia

Karakter ayah dan ibu Upin dan Ipin memang tidak pernah ditampilkan secara gamblang. Kedua tokoh itu hanya diceritakan sekilas dengan potongan gambar tanpa diperlihatkan wajahnya.

Potongan foto ayah dan ibu Upin & Ipin (Foto: dok. TV9)

Oleh sebab itu, beredar berbagai teori yang menerka-nerka alasan kedua orang tua Upin dan Ipin meninggal. Ada beberapa yang menebak bahwa ayah dan ibu si kembar itu meninggal karena kecelakaan. Namun, ternyata hal itu tidak benar, lho Bunda.

Alasan ini terkuak karena Upin & Ipin musim pertama adalah proyek sampingan dari Les’ Copaque. Karakter ayah dan ibu si kembar itu sengaja tidak dibuat dan ditampilkan karena terkendala oleh jumlah tenaga kerja dan biaya produksi.

“Ketika Upin & Ipin Musim satu disiarkan di TV9, itu merupakan proyek sampingan kami saja. Oleh kerana keterbatasan waktu dan kekurangan biaya serta tenaga kerja, tidak ada tokoh baru yang dihasilkan. LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin sebagai anak yatim piatu,” jelas Les’ Copaque dalam laman sosial media X (dulu Twitter) beberapa waktu lalu.

Les’ Copaque pun merilis beberapa episode yang menceritakan bahwa kematian orang tua Upin dan Ipin, tidaklah seperti yang dibayangkan oleh teori yang beredar. Pernyataan dan tindakan ini pun sukses membantah teori yang ramai diperbincangkan.

Banyak orang menyimpulkan kematian kedua orang tua Upin dan Ipin disebabkan insiden kecelakaan. Sebagian orang juga percaya bahwa Upin dan Ipin hanyalah sebuah khayalan dari Opah yang sedang depresi.

Teori tersebut muncul pasca beredar sebuah foto yang memperlihatkan makam bertuliskan nama Upin dan Ipin. Dugaan yang diunggah di media sosial ini pun sempat viral pada 2022 lalu.

Les’ Copaque dengan sigap membantah teori tersebut dan mengingatkan bahwa kartun yang mereka buat hanyalah rekaan belaka, “Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production.”

“(Cerita Upin & Ipin) tidak diambil atau terinspirasi dari kisah siapapun,” tegas Les’ Copaque dalam akun resminya. 

Meski serial kartun Upin dan Ipin sudah begitu sukses, Les’ Copaque tetap tidak ingin menampilkan wujud dari orang tua Upin dan Ipin. Mereka merasa cerita kartun ini biarlah berjalan sebagaimana biasanya.

Rumah produksi tersebut hanya ingin kartun yang mereka garap bisa mudah dipahami pesannya oleh penonton. Mereka berharap tayangan Upin & Ipin dapat terus memberikan nilai kehidupan baru yang bermanfaat bagi kalangan anak-anak. 

Nah, itulah sekilas kisah asli yang menguak keberadaan tokoh ayah dan ibu Upin & Ipin. Jangan sampai salah kira lagi, ya.

Pilihan Redaksi

  • Kisah Upin Ipin Viral, Ini Alasan di Balik Cerita Si Kembar Jadi Yatim Piatu
  • Upin & Ipin Disebut Yatim Piatu, Sosok Ibunda Masih Misterius
  • Terungkap Nama Ayah Upin dan Ipin Beserta Kisah di Baliknya

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment