Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh, Termasuk Bakso

0 8

Minum es teh manis memang menyegarkan mulut dan tenggorokan, apalagi di tengah hari yang terik. Tapi, es teh manis tidak baik diandalkan untuk sebagai minuman pendamping di kala Bunda makan. Malahan, beberapa makanan tidak boleh dikonsumsi dengan teh, lho.

Mengonsumsi makanan tertentu bersama teh dapat mengganggu penyerapan zat gizi bahkan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Makanan seperti bakso yang dibuat dari daging sapi sebaiknya tidak dikonsumsi dengan teh. Mengapa demikian? Ini karena tanin dalam teh bisa menghambat proses penyerapan protein.

“Senyawa komplek tersebut akan mengurangi daya cerna protein dan saat berikatan dengan enzim di saluran pencernaan, maka aktivitas enzim juga akan menurun,” jelas dr Putri Sakti, MGz,SpGK, AIFO-K, CBBF, spesialis gizi klinik, dilansir dari detikHealth.

Teh merupakan salah satu minuman yang kaya akan tanin. Tanin adalah senyawa alami yang terdapat pada banyak tumbuhan, terutama pada biji, kacang, daun, kulit batang, dan buahnya.

Baca Juga : 13 Makanan dan Minuman yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Tanin termasuk dalam golongan senyawa polifenol. Konsumsi tanin yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Tak hanya bakso, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Bunda konsumsi dengan teh. Mari kita bahas di sini.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh1. Bakso

Bakso biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam juga mengandung zat besi selain protein. Zat besi dapat berikatan dengan tanin dalam teh sehingga menghambat penyerapannya.

Sebaiknya hindari konsumsi bakso bersamaan dengan teh, atau beri jeda minimal 2 jam. Putri menyarankan jika ingin sesekali makan bakso dan minum teh boleh saja asalkan dibatasi. “Tapi teh yang cair, jangan terlalu pekat,” sarannya.

2. Telur

Telur mengandung protein yang tinggi. Teh mengandung tanin yang dapat mengikat protein dan mengganggu penyerapannya. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung, mual, dan sembelit.

3. Makanan asam

Mengutip dari Times of India, makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi, seperti buah jeruk, dapat mengganggu penyerapan katekin (antioksidan) yang terdapat pada teh. Mengonsumsi makanan asam bersamaan dengan teh dapat mengurangi jumlah katekin yang dapat diserap tubuh.

4. Produk susu

Makanan yang mengandung susu atau krim dapat menetralkan polifenol dalam teh sehingga mengurangi manfaat antioksidannya. Bahkan ketika Bunda mencampir teh dengan susu sebenarnya tak disarankan.

“Protein susu mengikat antioksidan dalam teh dan mencegahnya diserap. Kafein dalam teh juga dapat menurunkan penyerapan kalsium,” ujar Alissa Rumsey, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, dilansir dari Prevention.

5. Makanan yang digoreng atau berminyak

Makanan yang digoreng atau berminyak bisa jadi berat dan sulit dicerna sehingga membuat Bunda merasa lesu dan tidak nyaman. Teh memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan, namun memadukannya dengan makanan berminyak dapat menghilangkan manfaat dari kandungan teh itu sendiri.

6. Sayuran kaya zat besi

Teh mengandung senyawa tanin dan oksalat yang menghambat penyerapan zat besi dari makanan kaya zat besi. Senyawa ini dapat mengikat zat besi sehingga mencegah penyerapannya di dalam darah.

Teh hitam mengandung tanin paling tinggi tapi juga ditemukan pada teh hijau dan teh putih. Jadi, hindari mengonsumsi makanan nabati kaya zat besi seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian, dengan teh. Hindari juga mengonsumsi teh dalam keadaan perut kosong.

7. Kunyit

Makanan yang mengandung kunyit sebaiknya dihindari saat minum teh karena juga dapat menyebabkan masalah perut, seperti gas, keasaman atau sembelit. Kunyit dan daun teh tidak cocok satu sama lain dan mungkin berbenturan sehingga menyebabkan gangguan.

Selain makanan di atas, ada beberapa makanan lain yang sebaiknya dihindari saat minum teh, seperti suplemen zat besi, obat antibotik, dan kafein. Sebaiknya minum teh setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan untuk menghindari efek negatifnya pada kesehatan.

Menikmati teh dengan cara yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Pastikan untuk menghindari makanan yang dapat mengganggu penyerapan zat besi dan kalsium, serta perhatikan waktu minum teh.

Pilihan Redaksi

  • Tanda-tanda Kolesterol Tinggi di Kepala, Waspada Bisa Stroke
  • Batas Kritis Trombosit Demam Berdarah Agar Tidak Berujung Kematian, Kenali Bun
  • Mengenal Sindrom Tangan Alien, Kondisi Tangan Bergerak Sendiri Tanpa Kendali

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment