Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Lansia hingga Wartawan Dapatkan Potongan Harga Tiket Kereta Api dari PT KAI

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI memberikan kebijakan tarif reduksi atau potongan harga tiket untuk beberapa kategori penumpang. Dikutip dari laman KAI, tiket dengan potongan harga ini diberikan untuk para penumpang kereta api jarak jauh dan salah satu kategori yang berhak mendapatkan reduksi adalah mereka yang lanjut usia (lansia). Selain lansia kategori lain ada anggota LVRI, TNI, Polri, hingga wartawan.

Bagi lansia yang ingin mendapatkan reduksi diskon tiket kereta api, dapat diperoleh ketika memesan tiket. Potongan harga yang didapat mencapai 20 persen per penumpang lansia. Apakah potongan ini untuk semua kereta?

Pemotongan harga tiket kereta api ini ditujukan untuk kereta jarak jauh atau antar kota dan semua kelas bisa mendapatkan restitusi ini, kecuali untuk kelas luxury. Potongan harga ini berlaku setiap hari.

Calon penumpang yang hendak memanfaatkan tarif reduksi harus melakukan registrasi di customer service stasiun atau loket stasiun jika di stasiun tersebut tidak memiliki layanan customer service. Calon pelanggan membawa bukti identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku. Bagi lansia, dokumen yang harus ditunjukkan adalah KTP asli dari calon pelanggan.

Registrasi tersebut cukup dilakukan sekali saja yang akan berlaku selama beberapa bulan. Kemudian saat masa berlaku berakhir reduksi pelanggan yang bersangkutan dan menginginkan hak reduksi lagi, maka wajib dilakukan registrasi ulang. Misalnya, perjanjian kerja sama antara TNI/Polri dengan KAI yang habis masa berlakunya atau surat tugas peliputan bagi wartawan yang sudah kedaluwarsa. Artinya registrasi ulang berarti diperpanjang masa berlakunya.

Jika penumpang lansia tidak bisa datang untuk registrasi, bisa diwakilkan oleh orang lain. Asalkan orang tersebut membawa identitas asli seperti KTP dan membawa pas foto yang bersangkutan. Jadi, anda tetap bisa mendapatkan reduksi dan wajib melakukan registrasi untuk mendapatkannya. Registrasi dilakukan paling lambat 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Para penumpang yang telah mendaftarkan keringanan reduksi dapat membeli tiket dengan tarif reduksi melalui KAI Access maupun di loket stasiun. Pada saat hari keberangkatan, Anda wajib menunjukkan bukti identitas asli sesuai dengan hak reduksinya kepada petugas Boarding.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan menggunakan reduksi ketika memesan tiket kereta api.

1. Buka Aplikasi KAI Access.

2. Pilih menu perjalanan kereta api antar kota.

3. Kemudian pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan beserta tanggal yang anda inginkan.

4. Setelah memilih tujuan anda akan dihadapkan pada pilihan perjalanan menggunakan kereta dan kelas apa saja. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Jika anda berangkat sendiri cukup langsung tambahkan sebagai penumpang.

6. Jika bersama orang yang yang seumuran lansia bisa tambah penumpang dan masukkan identitas diri. Anda juga akan mendapatkan potongan jika memang identitasnya menunjukkan bahwa itu lansia.

7. Perhatikan pada menu penumpang, ada opsi ‘detail penumpang’ dengan ikon pensil. Klik ikon tersebut.

8. Pilih tipe penumpang

9. Klik opsi ‘reduksi’

10. Pilih reduksi yang telah didaftarkan.

11. Klik lanjutkan, anda bisa memilih untuk layanan lain seperti makanan dan layanan angkutan.

12. Setelah itu akan muncul nominal yang harus dibayar. Nominal tersebut sudah dipotong 20 persen reduksi untuk lansia.

13. Centang SK dan ketentuan.

14. Klik bayar. Bayar sesuai dengan opsi pilihan yang ada.

15. Segera lunasi dengan metode pembayaran yang anda pilih. Tiket kereta api siap digunakan.

SAVINA RIZKY HAMIDA | NAOMY AYU NUGRAHENI

Pilihan Editor: Cara Mendapatkan Tarif Reduksi Tiket Kereta Api untuk Lansia

Leave a comment