Informasi Terpercaya Masa Kini

Terkini: Alasan Prabowo Lanjutkan Pembangunan IKN, Thailand Bergejolak Akibat Gempuran Produk Murah Cina

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terkini ekonomi dan bisnis pada Senin siang, 15 Juli 2024, dimulai dari alasan pemerintahan Prabowo akan melanjutkan program IKN.

Berikutnya ada berita tentang pernyataan Sandiaga Uno soal pengelolaan Stadion Utama GBK dan progres pembangunan jalan tol Kutepat Penghubung Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat. Lalu ada berita tentang indeks terbaru yang akan diluncurkan BEI hari ini dan cerita Thailand yang bergejolak akibat gempuran produk murah dari Cina.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut.

1. Pemerintahan Prabowo Akan Tetap Lanjutkan Pembangunan IKN, Ini Sebabnya

Pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan tetap melanjutkan pembangunan mega proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Dradjad Wibowo, menyebut hal ini bukan hanya karena komitmen politik, melainkan pembangunan IKN sudah menjadi perintah undang-undang (UU).

Selama UU tetap berlaku, kata dia, berarti itu perintah yang harus dijalankan. Dia menjelaskan, seluruh program pembangunan akan bertumpu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Simak lebih jauh tentang kelanjutan IKN di era Prabowo di sini.

2. Sandiaga Uno: Stadion Gelora Bung Karno akan Dikelola BLU dan BUMN

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa rencananya Stadion Utama (SU) Gelora Bung Karno (GBK) akan dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU) bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan/atau entitas lainnya.

Adapun, SU GBK direncanakan masuk daftar usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) penyelenggaraan olahraga hingga hiburan musik berskala internasional.

Nanti, dengan terintegrasi di bawah sebuah PSN, juga nanti dibangun beberapa fasilitas pendukung untuk olahraga, untuk hiburan. Serta terpenting juga untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban, serta keamanan di 200 lebih hektar kawasan GBK ini,” ujar Sandiaga Uno dalam acara Road to: Run For Independence Day 2024 di kawasan GBK, Jakarta, Minggu, 14 Juli 2024.

Simak lebih jauh tentang pengelolaan stadion utama GBK di sini.

3. Jalan Tol Kutepat Penghubung Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat Segera Beroperasi

PT Hutama Marga Waskita atau Hamawas, anak usaha PT Hutama Karya (Persero) melaksanakan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) di dua ruas Jalan Tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat atau Kutepat. Dua ruas itu terdiri atas ruas Indrapura–Kualatanjung (Seksi 2) sepanjang 10,15 kilometer dan ruas Tebingtinggi-Serbelawan-Sinaksak (Seksi 3 dan 4) sepanjang 45,4 kilometer.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin dalam keterangan tertulisnya mengatakan, ULF dilaksanakan pada 10-12 Juli 2024. Hal ini dilakukan untuk menguji spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan untuk memastikan telah sesuai standar, baik dari sisi keselamatan lalu lintas maupun kualitas tol.

“Setelah rangkaian uji spesifikasi dilaksanakan, hasilnya dibahas pada rapat pleno Senin mendatang,” kata Dindin, Sabtu, 13 Juli 2024.

Simak lebih jauh tentang update pembangunan tol Kutepat di sini.

4. BEI Luncurkan Indeks IDX Cyclical Economy 30, Efektif Berlaku Mulai Besok

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks baru bernama IDX Cyclical Economy 30 pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Pande Made Kusuma Ari, mengatakan indeks ini mengukur kinerja harga dari 30 saham cyclical berdasarkan subsektor dari IDX Industrial Classification (IDXIC) yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar. Selain itu, juga didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Indeks ini mulai berlaku efektif per Senin, 15 Juli 2024. “Mencakup saham dari berbagai sektor cyclical yang dikenal memiliki kinerja signifikan, dipengaruhi oleh perubahan siklus ekonomi, termasuk sektor finansial, barang konsumen nonprimer, hingga infrastruktur,” kata Pande dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Minggu, 14 Juli 2024.

Simak lebih jauh tentang indeks terbaru yang diluncurkan BEI di sini.

5. Belajar dari Thailand: Bergejolak Akibat Gempuran Produk Murah Cina dan Penutupan Pabrik

Pemerintah sedang kelimpungan menghadapi banjir produk impor, terutama dari Cina, yang ditengarai dijual dengan harga dumping. Komite Anti-dumping Indonesia (KADI) membuktikan adanya dumping ubin keramik dari perusahaan asal Cina ke Indonesia.

Atas temuan itu, KADI merekomendasikan Bea Masuk Anti-dumping (BMAD) untuk ubin keramik dari sebelas kode Harmonized System (HS).

Kepala KADI, Danang Prasta Danial, dalam keterangan Kamis, 11 Juli 2024, mengatakan, penyelidikan ini merupakan permohonan dari pelaku industri, yakni Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki). Dimulai pada 15 Maret 2023, KADI menyampaikan laporan akhir hasil penyelidikan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas pada 2 Juli 2024.

Simak lebih jauh tentang cerita Thailand bergejolak di sini.

Leave a comment