Informasi Terpercaya Masa Kini

Merajut Harmoni Antar Suku dan Budaya Lewat Bontang City Carnival 2024

0 2

KOMPAS.TV – Sebanyak 2.300 pelajar SMP, SMA, dan SMK se-kota Bontang menampilkan gerak elok, gemulai, rancak nan dinamis pada Sabtu (19/10), di Simpang Ramayana, Bontang Baru.

Acara yang menandai pembukaan Bontang City Carnival (BCC) dan Pawai Budaya 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-25 Kota Bontang.

Tahun ini, tema perayaan yang diusung adalah “Kreativitas Bontang Istimewa, Budaya Nusantara Maju”. 

Acara ini turut dimeriahkan 89 peserta, terdiri dari 29 peserta karnaval dan 60 peserta pawai budaya, serta atraksi memukau drum band Yonarhanud 7/ABC di panggung. 

Ribuan warga yang menyaksikan terlihat antusias sehingga memadati sepanjang Jalan Awang Long sampai MT Haryono.

Dalam sambutannya, Pjs. Wali Kota Bontang Munawar menyampaikan, perayaan seperti ini akan memperera kerukunan dan persatuan.

“Kita bisa belajar dari keberagaman ini, bahwa perbedaan bukanlah penghalang untuk bersatu, melainkan kekayaan yang harus kita syukuri dan jaga bersama,” tambahnya.

Munawar juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan BCC dan Pawai Budaya, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang.

“Atas nama Pemerintah Kota Bontang, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, sehingga acara ini dapat berlangsung dengan meriah, tertib, dan lancar.”

BCC 2024 menampilkan sinergi antara kekayaan budaya lokal dengan inovasi modern.  Berbagai seni pertunjukan, kerajinan tangan, kuliner, dan festival budaya yang disuguhkan mengedepankan nilai-nilai tradisional.

Munawar menegaskan, karnaval ini bukan hanya ajang hiburan bagi masyarakat, tetapi juga menjadi bentuk nyata komitmen Pemerintah Kota Bontang dalam melestarikan budaya yang ada.

Melalui berbagai penampilan seni dan budaya dari berbagai daerah, Munawar berharap masyarakat dapat saling mengenal, menghargai, dan menjaga warisan budaya bangsa.

“Ini adalah bagian penting dari upaya kita untuk melestarikan kebudayaan sebagai warisan yang harus terus kita jaga dan kembangkan,” tutupnya.

Dengan semangat HUT ke-25, Kota Bontang menampilkan keberagaman dan kreativitasnya, sekaligus memperkuat jalinan persatuan di tengah perbedaan budaya dan suku.

Leave a comment