Informasi Terpercaya Masa Kini

Meriahnya Republic of Muslim 2024 SMAN 3 Batam,Siswa Antusias Dengar Tausiah Ustaz Syam

0 3

BATAM, TRIBUNBATAM.id – Suara emas Andika Pangestu, qori internasional kebanggaan Indonesia, mengalun merdu membacakan ayat suci Al-Quran, dan membuka dengan syahdu gelaran akbar Republic of Muslim 2024 SMA Negeri 3 Batam. 

Keindahan lantunannya menyihir hadirin, menenangkan jiwa, dan menciptakan atmosfer religius yang khidmat pada Jumat (25/10/2024). 

Andika Pangestu, sang maestro tilawah, telah mengukir prestasi gemilang di berbagai ajang MTQ, mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kehadirannya di Republic of Muslim 2024 menjadi berkah tersendiri, dan menambah semarak acara yang sarat dengan nilai-nilai keislaman tersebut.

Republic of Muslim merupakan agenda tahunan SMAN 3 Batam yang tahun ini dikemas dalam bentuk tabligh akbar bertema “Kembali, Sudah Jauh Melangkah”. Acara ini diselenggarakan di Aula Universitas Batam, Jl. Uniba No. 5 Batam Center, Kota Batam.

Ribuan siswa SMAN 3 Batam, guru, unsur pemerintah dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dan Kota Batam turut hadir dalam kegiatan tersebut. 

“Republic of Muslim adalah agenda tahunan SMAN 3 Batam. Tahun ini kami mengadakan dalam bentuk tabligh akbar dengan harapan dapat memberikan pencerahan bagi siswa di tengah derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi,” kata G Simbolon, S.H., Ketua Panitia Republic of Islam 2024.

Baca juga: Jasa Raharja Kepri Gelar Program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas di SMAN 3 Batam

Tujuan dari event Republic of Muslim ini, tidak hanya untuk memperdalam ilmu keagamaan, tetapi juga untuk membentuk karakter siswa, menanamkan nilai-nilai moral, dan meningkatkan keimanan di tengah tantangan zaman.

Republic of Muslim 2024 dihadiri berbagai tokoh penting, antara lain Pengawas Pendidikan Agama Islam Kota Batam, Jasmar; Ketua Komite SMAN 3 Batam, Gustian Riau; Kepala SMAN 3 Batam, Syarifah Silvia Andriyani, Dewan Guru Pendidikan Agama Islam tingkat SMA/SMK se-Kota Batam, hingga pengurus Rohis dari SMA lain di Kota Batam.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Kasdianto, turut hadir dan menyampaikan dukungannya.

“Kami dari Dinas Pendidikan sangat mendukung kegiatan ini karena ini salah satu pembinaan karakter anak didik kita. Perkembangan teknologi informasi saat ini tidak terbendung, banyak informasi yang bermunculan, baik positif maupun negatif. Tentu dengan acara ini, kami harap siswa dapat memfilter informasi dengan baik dan meningkatkan keimanan dan rasa ketakwaan terhadap Allah SWT,” ujar Kasdianto.

Acara dilanjutkan dengan penayangan film pendek berjudul “Kembali, Kita Sudah Jauh Melangkah” yang diproduksi oleh tim kreatif Rohis SMAN 3 Batam.

Film mengisahkan tentang pertemanan, pengaruh negatif pergaulan bebas dan media sosial, serta pentingnya kembali ke jalan yang benar ini disambut antusias oleh para siswa.

Tawa mereka pecah ketika adegan-adegan lucu muncul di layar, namun mereka juga terhanyut dalam adegan yang menyentuh hati, mengingatkan mereka akan pentingnya persahabatan sejati dan nilai-nilai kebaikan.

Baca juga: Gubernur Kepri Datangi SMAN 3 Batam, Minta Pelajar Jaga Prestasi Sekolah

Puncak acara adalah tausiah oleh Ustaz Syamsuddin Nur Makka yang mengangkat tema “Pertemanan”, sesuai dengan judul film yang diputar. 

Ustaz Syamsuddin Nur Makka menyampaikan tausiahnya dengan gaya yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami oleh kalangan muda. Dia menjelaskan bagaimana memilih teman yang baik, menjaga pertemanan yang sehat, dan menghindari pergaulan yang dapat menjerumuskan ke dalam hal-hal negatif. 

Tak hanya menyampaikan tausiah, Ustaz Syamsuddin Nur Makka juga membuka tanya jawab dengan peserta. Momen tersebut digunakan sejumlah siswa untuk bertanya seputar ilmu agama. Banyak hal ditanyakan peserta, diantara soal pertemanan, tips sukses dalam dunia Islam, bagaimana mengajak teman agar rajin shalat hingga masalah judi online.

“Semoga dengan tausiah ini, anak-anak kita dapat mengambil hikmah dan mengamalkan nilai-nilai positif dalam pertemanan,” pungkasnya.

(AMINUDDIN/TRIBUNBATAM.id)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google News

Leave a comment