Informasi Terpercaya Masa Kini

JFW 2025: APR Gandeng Brand & Garmen Dukung Fesyen Berkelanjutan

0 2

Asia Pacific Rayon (APR) semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung fesyen berkelanjutan di Indonesia dengan berpartisipasi di Jakarta Fashion Week 2025. Pada tahun ketiga keikutsertaannya dalam fashion show pekan mode terbesar di Asia Tenggara ini, APR menggandeng DuniaTex, EMBA Group, dan Matahari Department Store.

Dalam kolaborasi ini, APR memasok serat viscose-rayon terbarukan dan biodegradable, yang kemudian diolah oleh DuniaTex menjadi kain berkualitas. Sementara EMBA Group dan Matahari Department Store, memanfaatkan kain tersebut untuk menciptakan koleksi yang tak hanya stylish, tapi juga sustainable

Lalu, seperti apa koleksi dari kolaborasi APR dengan para desainer, pelaku garmen, brand, dan retail di runway JFW 2025 yang berlangsung pada 23-24 Oktober 2024 di Pondok Indah Mall 3? Yuk, simak ulasan Popbela berikut ini!

1. Tampilkan 96 koleksi bertema “Fashion Evolution”

Mengusung tema “Fashion Evolution,” kolaborasi antara APR, DuniaTex, EMBA Group, dan Matahari ini menghasilkan 96 koleksi yang menampilkan inovasi dan kreasi dalam penggunaan material berkelanjutan.

“Tahun ini, kami menggandeng pelaku garmen, brand, dan retail untuk mendemonstrasikan kolaborasi hulu hilir dalam perkembangan industri tekstil berkelanjutan di Indonesia serta meningkatkan pembelajaran masyarakat tentang pentingnya fesyen yang berkelanjutan,” kata Basrie Kamba, Presiden Direktur APR.

Sementara itu, Marketing Communications Manager EMBA Group, Mia Wu mengatakan bahwa melalui koleksi “Fashion Evolution” ini, EMBA dapat menonjolkan berbagai gaya pakaian, dari kasual hingga elegan, dengan aplikasi bahan yang variatif namun tetap berkelanjutan.

2. EMBA Group gandeng dua desainer ternama, Danjyo Hiyoji dan Tities Saputra

Di hari pertama partisipasinya di Jakarta Fashion Week 2025 pada Rabu, (23/10/2024), APR menampilkan 48 koleksi dari EMBA Group yang menggandeng Danjyo Hiyoji untuk koleksi menswear dan Tities Saputra untuk koleksi womenswear. Keduanya menghadirkan koleksi yang mewakili empat brand EMBA: Ladies, Denim, Morphidae, dan Classic.

Danjyo mengkreasikan koleksi menswear dalam dua tema besar: “Wild Ones” dan “Voyage”. Koleksi “Wild Ones”, yang merupakan bagian dari EMBA Denim, menampilkan aplikasi denim menggunakan viscose-rayon berkelanjutan dengan gaya edgy dan eksperimental. 

Adapun “Voyage” mempersembahkan koleksi klasik yang memadukan warna hijau, biru tua, dan beige, memancarkan pesona pantai dan gurun dengan aplikasi viscose-rayon yang elegan.

Sementara untuk womenswear, Tities mengusung tema “Freedom” dan “Calma”. “Freedom” merupakan koleksi EMBA Ladies yang menampilkan revolusi denim yang chic melalui penggunaan viscose-rayon sebagai material ramah lingkungan.

Sedangkan koleksi Morphidae bertema “Calma” menonjolkan elemen-elemen yang meningkatkan kesadaran terhadap penggunaan material yang mendukung keberlanjutan untuk kelestarian lingkungan.

Menariknya, sejumlah publik figur tampil sebagai muse untuk fashion show kali ini. Mereka adalah Chicco Jerikho, Surya Saputra, Samo Rafael, Gamaliel, Gabriel Prince, Paula Verhoeven, Raihaanun, Whulandary Herman, dan Aniza caca.

3. APR hadirkan koleksi chic kekinian lewat brand eksklusif Matahari Department Store, yaitu Nevada dan ZES

Di hari kedua fashion show yang berlangsung pada Kamis, (24/10/2024), APR menampilkan 48 koleksi yang chic dan kekinian bertema “Fashion Evolution” lewat brand eksklusif Matahari Department Store, yaitu Nevada dan ZES. Seluruh koleksi  itu merupakan kreasi pakaian yang menggunakan material viscose-rayon yang terbarukan dan biodegradable.

Matahari Department Store menampilkan koleksi untuk generasi muda yang menekankan keberlanjutan, namun tetap sophisticated dan edgy sesuai tren terkini. Koleksi Nevada mengusung konsep “Confident Teen Spirit” dengan warna-warna cerah terinspirasi dari budaya fesyen Korea, menampilkan aplikasi viscose-rayon pada berbagai busana kasual seperti jaket letterman, hoodie, dan denim.

Sementara itu, koleksi ZES mengusung konsep “Stress-free Commute” dengan gaya kontemporer yang elegan, menggunakan viscose-rayon lembut dan breathable untuk memberikan kenyamanan pada pakaian sehari-hari kaum urban.

Sebelumnya, APR telah berkolaborasi dengan Matahari Department Store untuk mendukung fesyen berkelanjutan melalui display koleksi pakaian berbahan dasar viscose-rayon APR dan program Manajemen Limbah Tekstil. Kolaborasi pada Jakarta Fashion Week 2025 kembali menunjukkan sinergi APR dan Matahari Department Store untuk mendukung fesyen berkelanjutan.

4. Komitmen APR untuk dukung fesyen berkelanjutan di Indonesia

Sejak 2019, APR terus berkomitmen untuk merangkul desainer, fashion enthusiast, dan pelaku tekstil dalam mendukung fesyen berkelanjutan di Indonesia. Kolaborasi antar-ekosistem tekstil ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pergerakan fesyen berkelanjutan di Indonesia.

“Partisipasi APR dalam dua hari Jakarta Fashion Week ini merupakan langkah nyata untuk mendukung pengembangan fesyen berkelanjutan di Indonesia. Kami percaya kolaborasi antarsektor dapat memperluas dampak positif dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya material berkelanjutan,” jelas Basrie Kamba.

5. DuniaTex bangga dapat kolaborasi bersama APR, EMBA Group, dan Matahari Department Store

Sebagai salah satu produsen tekstil terbesar di Asia Tenggara, DuniaTex juga mengungkakan rasa bangganya dapat berkolaborasi bersama APR, EMBA Group, dan Matahari Department Store dalam JFW 2025. 

“Melalui kolaborasi ini, DuniaTex menegaskan komitmennya terhadap produk tekstil keberlanjutan dan inovasi dalam industri fesyen Indonesia. Kami ingin mengajak para pelaku industri tekstil di Indonesia untuk terus berkembang dan menunjukkan potensi terbaiknya,” kata Yulius Ari Budi Nugroho, Marketing Manager DuniaTex.

Yap, kolaborasi ‘romantis’ antara APR, DuniaTex, EMBA Group, dan Matahari Department Store ini tak hanya soal produk fesyen berkelanjutan, tetapi juga merupakan salah satu upaya untuk memajukan industri tekstil di Indonesia. 

Jadi, dari 96 koleksi yang ditampilkan APR, DuniaTex, EMBA Group, dan Matahari Department Store di JFW 2025, mana nih yang jadi favorit Bela? Coba spill di kolom komentar! (WEB/AMS)

Baca Juga: APR & Guru Fesyen Perkenalkan Viscose-Rayon di Jogja Fashion Week 2024

Baca Juga: Wow! Kolaborasi APR & 6 Jenama Lokal Curi Perhatian di MUFFEST+ 2024

Baca Juga: 4 Fakta Viscose-Rayon, Material Eco-Friendly untuk Sustainable Fashion

Leave a comment