Informasi Terpercaya Masa Kini

Begini Prosesi dan Menu Gala Dinner Retreat Kabinet Prabowo di Akmil Magelang

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Di hadapan ratusan taruna dan anggota Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo Subianto membunyikan lonceng satu kali pada Gala Dinner atau acara makan malam formal di Gedung Husein, Akademi Militer atau Akmil Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat, 25 Oktober 2024. Semua peserta yang hadir menundukkan kepala untuk berdoa.

Setelah hening sejenak, lonceng berbunyi dua kali sebagai pertanda prosesi doa selesai. Kemudian, semua anggota kabinet dan para taruna serentak meneriakkan “selamat makan”.

Menteri-menteri melahap menu makanannya dalam kotak sebesar laptop sebesar 12 inch. Menu makan malam terdiri dari nasi putih, ayam gulai, udang balado, daging kering, semur sapi, sambal, dan juga sayur brokoli. Selain disediakan air putih, jus kedongdong juga disajikan di meja bermuatan satu pasangnya.

Ketika lonceng berbunyi sekali, peserta berhenti dan berdoa setelah makan. Kemudian lonceng berbunyi dua kali sebagai tanda akhir dari doa, dan semuanya meneriakkan “terima kasih”.

Dalam sambutan makan malam, Prabowo mengatakan bahwa ia sengaja mengajak para menteri ke Lembah Tidar untuk melihat taruna muda sebagai masa depan bangsa. Prabowo kepada jajaran menteri menceritakan legenda rakyat di Tidar adalah pakunya Pulau Jawa. Jenderal TNI Purnawirawan ini mengatakan Akmil Magelang ini merupakan tempat kesatria.

“Saya sengaja bawa mereka (anggota Kabinet) untuk melihat tunas-tunas pemimpin bangsa,” kata Prabowo di Ruang Makan Husein. Ia meyakini para menteri-menteri pun siap memberi segalanya untuk membela kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.

Gala dinner digelar dalam rentetan retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang setelah Upacara Senja. Prabowo melakukan inspeksi di tengah hujan deras. Hampir dari total 48 menteri dan 56 wakil menteri, mendatangi Graha Utama untuk menyaksikan Parade Senja pada sore ini.

Retreat Kabinet Prabowo di Magelang digelar secara terutup. Usai Prabowo memberikan arahan, akan ada beberapa materi yang disampaikan kepada menteri-menteri. Bebeapa topiknya tentang pencegahan korupsi, perencanaan pembangunan, kebijakan anggaran, dan pelaksanaan birokrasi.

Pilihan Editor: Puan Minta Aparat Menahan Diri di Masa Kampanye Pilkada 2024

Leave a comment