Informasi Terpercaya Masa Kini

Sehat Jiwa Raga Mencapai Diamond Wedding Anniversary Seperti Opa dan Oma Tjiptadinata

0 2

Berumah tangga adalah penyesuaian dan tolaransi seumur hidup dengan pasangan. Selama enam dekade, Opa dan Oma Tjiptadinata telah menyaksikan dunia berubah dalam banyak cara. Mereka melewati masa sulit bersama, berbisnis bersama, hingga sekarang menikmati hidup dikelilingi cintai banyak orang.

Setiap tantangan selama berumah tangga yang dihadapi bukannya memisahkan malah memperkuat ikatan mereka dan memperdalam cinta yang Opa dan Oma Tjiptadinata miliki.

60 Tahun Perjalanan Cinta dan Kesetiaan

60 tahun berumahtangga berarti Opa dan Oma Tjiptadinatan telah mengumpulkan banyak sekali pengalaman dan kebijaksanaan. Saya jadi ingat di tahun 1999 kakek dan nenek dari ibu saya juga merayakan 60 tahun pernikahan. Tentu saja bukan mereka yang merayakan, melainkan lima anak mereka.

Waktu itu kami mendekorasi rumah secara sederhana dan mengeluarkan peralatan makan spesial. Kami berkumpul di rumah kakek dan nenek di Tasikmalaya untuk makan bersama. Meski mereka tinggal di Tasikmalaya, tapi semua anaknya lahir dan besar di Jakarta sehingga kami menjadwalkan jauh-jauh hari supaya semua anak dan cucu bisa berkumpul.

Saya bayangkan anak, cucu, serta cicit Opa dan Oma Tjiptadinata pastilah bersuka cita dan berbahagia mendapati Opa dan Oma sudah mencapai usia perkawinan 60 tahun dengan fisik yang sehat dan jiwa yang tentram.

Kalau tanpa fisik yang sehat dan jiwa yang tentram amat sulit mencapai usia pernikahan sampai 60 tahun. Kalau kita baca-baca artikel yang ditulis oleh beliau berdua. Mereka suka beraktivitas fisik meski yang ringan seperti jalan kaki dan jalan-jalan di taman. Pun dalam kehidupan sosialnya beliau amat supel dan tidak pilih-pilih.

Kebijaksanaan dan Pengalaman

Supel, ramah, dan selalu berpikir positif bisa jadi alasan kenapa Opa dan Oma Tjiptadinata panjang umur, berbahagia, dan masih bersama sampai 60 tahun usia perkawinan mereka.

Apalagi, meski beberapa kali pernah ditipu oleh kenalan, beliau berdua tidak pernah mendendam. Itulah karma. Kalau di agama saya, kebaikan yang kita tebar akan kembali kepada kita juga. Padahal ada stereotip di masyarakat kita terhadap orang Tionghoa. Orang Tionghoa dianggap eksklusif karena cuma mau berteman dan berbisnis dengan sesamanya.

Awalnya saya juga terkesima dengan beliau berdua. Waktu pertama saya menulis di Kompasiana, selesai nulis langsung saya tinggal tidak bertegur sapa apalagi membaca artikel Kompasianer lain.

Namun, Opa dan Oma Tjiptadinata tidak bosan menyapa saya meski saya cuekin. Kalau orang lain amat mungkin 1-2 dicuekin tidak bakalan lagi menyapa, tapi Opa dan Oma tidak mengurangi keramahannya padahal beliau berdua senior di Kompasiana. Opa Tjiptadinata bahkan menyandang Kompasianer of the Year 2014.

Akhirnya saya jadi tidak enak sendiri. Saya mulai balik menyapa Opa dan Oma, kemudian membaca artikel-artikel beliau berdua. Pada setiap artikel yang saya baca selalu ada kebijaksaan dan pengalaman hidup yang bisa saya ambil hikmahnya.

Artikel yang paling saya sukai bagaimana Opa dan Oma bertahan saat ekonomi rumah tangga sedang terpuruk sampai tinggal di rumah sempit di pinggir sungai. Bagaimana Oma tetap setia tanpa sekalipun meragukan Opa. Juga tentang bagaimana mereka memperlakukan orang lain walau saling berbeda suku dan agama.

Semua itu saya yakin bukan cuma jadi inspirasi buat saya, melainkan banyak Kompasianer terutama mereka yang sedang menjalani pernikahan.

Sehat Jiwa Raga Bahagia Bersama

Bukan cuma buat saya dan Kompasianer, pasangan yang mencapai diamond wedding anniversary sering jadi inspirasi bagi banyak orang dan komunitas karena tidak semua pasangan bertahan sampai enam puluh tahun. Kebanyakan ditinggal ke alam baka lebih dulu oleh pasangannya atau bercerai saat kasih sayang layu dan gugur.

Kebersamaan selama 60 tahun perkawinan seperti Opa dan Oma Tjiptadinata dapat terjadi karena keduanya punya jiwa dan raga yang sehat. Pola makan sehat yang mereka terapkan sejak muda, aktivitas fisik yang cukup, dan tentu saja jiwa yang sehat karena punya hati yang penuh rasa syukur disertai cinta kasih dari anak, cucu, dan cicit.

Rasa syukur yang terpancar itu sebetulnya bukan cuma berpengaruh positif pada keluarga besar, melainkan juga untuk komunitas yang diikuti beliau berdua yang akhirnya memberi apresiasi dan penghormatan kepada Opa dan Oma Tjiptadinata.

Kesehatan, umur panjang, dan dikelilingi oleh kasih sayang dari banyak orang mungkin karma baik yang sedang dituai oleh Opa dan Oma Tjiptadinata atas ketabahan dan kebaikan mereka di masa muda. Kalau di agama saya berlaku keyakinan bahwa kebaikan dan kejahatan sekecil apa pun yang kita lakukan akan mendapat balasannya.

Bagi Opa dan Oma Tjiptadinata, salah satu dari sedikit balasan baik itu datang berupa cinta kasih dari Kompasianer yang mengambil hikmah dari enam dekade kisah rumah tangga beliau berdua.

Leave a comment