Informasi Terpercaya Masa Kini

Latihan Baris-berbaris di Akmil, Magelang, Para Menteri Dibangunkan Pukul 04.00 WIB

0 2

MAGELANG, KOMPAS.com – Para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga penasihat khusus Presiden menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, pada Jumat (25/10/2024) pagi.

Kegiatan ini dimulai dengan pembangkitan peserta yang dilakukan sejak pukul 04.00 WIB.

“Para ‘pembantu’ Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing. Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga,” kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi dalam keterangan persnya.

Baca juga: Prabowo dan Gibran Ikut Baris-berbaris di Retret Menteri Akmil Magelang

Ia juga mengungkapkan, Prabowo Subianto menjadi orang pertama yang hadir di lapangan, menunjukkan disiplin sebagai seorang pemimpin.

Kegiatan dimulai dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang.

Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, peserta dibagi ke dalam lima kelompok untuk latihan baris-berbaris, dengan masing-masing kelompok didampingi oleh tiga pelatih.

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri turut serta dalam latihan tersebut.

“Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet,” jelas Hasan.

Baca juga: Prabowo Tiba di Akademi Militer Magelang Pakai Maung Pindad

Setelah latihan, Prabowo menekankan bahwa kegiatan ini bukanlah latihan kemiliteran, melainkan bertujuan untuk menyamakan frekuensi dan langkah sebagai pemerintah.

“Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim,” ujar Prabowo.

Presiden Prabowo juga menambahkan bahwa kerja sama tim yang baik dapat dicontohkan melalui sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama.

Ia mengingatkan, Tim Kabinet Merah Putih harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Seluruh peserta, termasuk Presiden, Wakil Presiden, dan anggota kabinet, mengenakan pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad) selama kegiatan ini.

Prabowo menekankan pentingnya sistem pertahanan terbaik, yaitu Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, yang mengharuskan setiap warga negara siap sedia membela negaranya.

Leave a comment