Informasi Terpercaya Masa Kini

iPhone 16 Dikeluhkan Bermasalah, Alami “Crash” dan Boros Baterai

0 3

KOMPAS.com – Keluhan tentang iPhone 16 series kini mencuat lagi. Setelah sebelumnya layar iPhone 16 Pro dilaporkan tidak responsif, masalah baru kini dikeluhkan terkait iPhone 16 yang mengalami macet alias crash atau hang.

Melalui forum online Reddit dan halaman diskusi Apple, sejumlah pengguna iPhone generasi baru itu menyebutkan bahwa kinerja ponselnya lambat bahkan melakukan restart sendiri. 

Penguna melaporkan bahwa masalah itu muncul ketika iPhone 16 dalam mode standby atau ketika ponsel dipakai, sistemnya tidak responsif.

Masalah lainnya dari iPhone 16 yang dikeluhkan pengguna yaitu baterai perangkat yang mudah habis khususnya saat malam hari, serta ponsel yang panas berlebih (overheat). Padahal iPhone 16 series baru diluncurkan Apple pada September 2024 lalu.

Baca juga: Terungkap, Alasan iPhone 16 Belum Bisa Masuk Indonesia

Pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tampaknya menjadi pengguna yang paling terdampak.

Beberapa pengguna iPhone 16 Pro bahkan ada yang mendapati ponselnya macet hingga 20 kali sehari. Mereka kemudian menghubungi Apple hingga mendapat iPhone pengganti. Namun, masalah yang sama masih mucul bahkan di iPhone pengganti.

Pantauan KompasTekno dari laman diskusi Apple, berbagai masalah itu masih dikeluhkan pengguna, di mana laporan tentang iPhone 16 Pro Max yang tidak responsif diunggah satu jam lalu oleh pengguna dengan akun “sherii999”.

Pihak Apple sendiri belum memberikan penjelasan terkait berbagai kendala itu, meski raksasa teknologi ini sudah merilis pembaruan iOS 18.0.1 untuk mengatasi beberapa masalah tersebut. 

Sayangnya update tersebut belum mampu menuntaskan masalah restart dan freeze di iPhone 16, melainkan hanya mengatasi masalah di layar dan gangguan di kamera.

Beberapa pengguna sempat mencoba me-reset iPhone mereka dan memulihkan data lewat iCloud, untuk mengatasi masalah yang tampaknya ditimbulkan karena bug. Akan tetapi percobaan ini tidak membuahkan hasil.

Oleh karena itu spekulasi menyebutkan bahwa kendala ini mungkin terkait dengan anomali iPhone 16 dengan iCloud. Kendati demikian, Apple sendiri belum mengonfirmasi hal ini.

Sebagai alternatif, pengguna yang terdampak bisa me-reset iPhone 16 yang terdampak ke setelan pabrik, tanpa melakukan backup data dari iCloud, guna mencegah masalah yang sama terjadi, dihimpun KompasTekno dari GizChina, Senin (21/10/2024).

Baca juga: Apple Rilis iOS 18.0.1, Perbaiki Layar iPhone 16 Tak Responsif

Diwartakan sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mengeluhkan layar ponsel yang bermasalah. Masalah ini terjadi tidak lama setelah iPhone andalan Apple sekarang itu dikirimkan ke konsumen.

Menurut laporan sejumlah pengguna di berbagai saluran termasuk forum diskusi Apple, layar iPhone 16 Pro tidak responsif saat disentuh, baik saat mengetuk (tap) layar, mengetik, atau mengusapnya (swipe).

Masalah itu terjadi bahkan meskipun pengguna tidak memasang kaca pelindung layar atau semacamnya.

“Penyakit” iPhone baru

Masalah yang ditemukan saat awal penggunaan iPhone generasi baru seolah menjadi fenomena yang lumrah terjadi karena sistem yang menyertainya belum stabil.

Tidak hanya iPhone 16. Dulu, saat iPhone 15 baru dirilis ke konsumen, beberapa masalah juga bermunculan. Mulai dari suhu ponsel yang panas hingga bodi yang gampang kotor dan cacat desain.

Sejak iPhone 15 series diterima dan bisa dibeli langsung dari Apple Store pada 22 September 2023, sejumlah pengguna iPhone 15 khususnya model Pro, mengeluhkan bodi ponsel yang panas berlebih alias overheat. Kondisi itu terjadi ketika pengguna memainkan game mobile secara intens.

Menurut pengguna lainnya, suhu iPhone 15 juga panas berlebih ketika ponsel dipakai untuk memutar video berkualitas 4K secara intens. Kedua aktivitas itu memang terbilang berat ketika dijalankan di ponsel.

Ada pula laporan dari pengguna iPhone 15 yang menyebutkan bahwa suhu ponsel tinggi sehingga terasa panas dan tidak nyaman ketika dipakai untuk bertelepon.

Bahkan, ada pula pengguna yang melaporkan bahwa iPhone 15 panas ketika baterainya sedang diisi ulang, seperti disampaikan oleh pengguna bernama Ian Zelbo di X (dulu Twitter).

Awal Oktober 2023 akhirnya Apple mengakui adanya masalah iPhone 15 yang panas berlebih. Perusahaan kemudian menggulirkan pembaruan iOS 17.0.3 untuk meredam panas iPhone 15 Pro.

Pengguna iPhone 15, khususnya model Pro juga megeluhkan masalah bagian punggung berbahan titanium yang mudah kotor, meninggalkan bekas sidik jari, dan lain sebagainya.

Leave a comment