Informasi Terpercaya Masa Kini

Smart AR Glasses Apple Diprediksi Debut pada 2026, Punya Teknologi MicroLED

0 4

TEMPO.CO, JakartaApple dirumorkan akan merilis Apple Smart AR Glasses pada 2026. Perangkat kacamata pintar ini digadang-gadang akan dilengkapi teknologi microLED yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir. Meta yang sukses dengan kacamata pintar Ray-Ban, disinyalir telah mengubah cara pandang Apple.

Merujuk ulasan Techradar pada Ahad, 6 Oktober 2024, kabar ini pertama beredar dari akun X @Jukanlosreve yang diunggah ulang oleh akun pembocor isu teknologi, @Wccftech. Cuitan itu menyangkut upaya Apple yang sedang mengeksplorasi microLED yang akan dipasang pada kacamata pintar.

Perlu diketahui, teknologi microLED menggabungkan kecerahan dari instrumen dan tampilan hitam pekat dari OLED. Teknologi ini unggul dibanding produk layar lainnya pada saat ini. Kemampuan produk itu membuat biaya produksinya tergolong tinggi. Karena mahal dan sulit diproduksi, microLED belum banyak ditemukan pada perangkat-perangkat berukuran kecil.

“Inovasi ini telah menunjukkan potensi selama bertahun-tahun, tetapi tantangannya adalah menurunkan harga agar perangkat ini dapat terjangkau oleh konsumen,” begitu bunyi ulasan Techradar.

Selain dibekali teknologi kelas atas berupa microLED, kacamata pintar keluaran Apple juga akan dilengkapi sistem realitas berimbuh atau augmented reality (AR). Apple pada dasarnya sudah menggarap Apple Vision Pro, headset dengan teknologi mixed reality, namun penjualannya belum sesuai harapan. Dengan munculnya Meta Smart Glasses Ray-Ban, Apple kemudian disinyalir ikut meluncurkan perangkat sejenis dengan harga yang lebih terjangkau.

Beberapa tahun terakhir, rumor tentang fitur AR pada Apple Glasses semakin santer. Namun, sebelumnya perangkat ini diperkirakan baru akan meluncur pada 2027. Bocoran terbaru mengungkapkan bahwa debut Apple Smart AR Glasses mungkin bakal lebihd dini dari perkiraan.

Pilihan Editor: Konservasi Indonesia Dokumentasikan Keragaman Burung Fakfak Papua dalam Buku

Leave a comment