Informasi Terpercaya Masa Kini

Intip Gaya Ibu Wapres Baru RI Selvi Ananda, Pakai Kebaya Kutubaru

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Penampilan Ibu Negara ke-14 Republik Indonesia (RI) Selvi Ananda saat mendampingi pelantikan suaminya, Gibran Rakabuming Raka, sebagai Wakil Presiden ke-14 RI di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024), menyorot perhatian.

Ia hadir menggunakan kebaya merah yang dipadukan dengan kain batik, serta aksesori berupa bros, anting, kalung, dan clutch yang semuanya serba putih.

Pemilik Sanggar Nusantara Dot Com Bachtiar Jamaluddin mengatakan, busana yang dikenakan Selvi Ananda adalah kebaya khas Jawa.

“Selvi Ananda pakai kebaya Kutubaru khas Jawa, lengkap dengan kain batik dan selendangnya,” tutur dia kepada Kompas.com, Minggu.

Baca juga:

  • Prabowo dan Gibran Pakai Jas Demang pada Pelantikan Presiden dan Wapres
  • Pelantikan Prabowo-Gibran, Jokowi dan Ma’ruf Amin Pakai Baju Adat Betawi

Disadur dari buku “Kebaya Kaya Gaya” (2024), kebaya Kutubaru adalah kebaya klasik yang pola dasarnya adalah kebaya Kartini yang sudah dimodifikasi.

Modifikasi yang dilakukan adalah penambahan bahan berbentuk persegi di bagian tengah dada, yang menghubungkan badan kebaya sisi kanan dan kiri dengan kancing atau peniti.

Kebaya Kutubaru identik dengan tampilan lengan panjang yang tidak lebar alias press body. Sedangkan bagian bawahnya adalah kain batik yang umumnya dililit oleh stagen.

Filosofi kebaya Kutubaru

Dalam buku yang ditulis oleh para pegiat kebaya dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional ini, bahan dasar pembuat kebaya Kutubaru dan aksesori yang digunakan disebut dapat menentukan kelas sosial penggunanya.

Umumnya, kebaya Kutubaru yang digunakan oleh kaum bangsawan terbuat dari sutra, brokat (lace), atau beludru. Sementara bagian bawahnya adalah kain batik tulis.

Tidak ada filosofi tertentu dalam penggunaan kebaya Kutubaru. Namun, beberapa sumber menduga, modifikasi kebaya Kartini ini berkaitan dengan kodrat perempuan dalam menyusui.

Kegiatan menyusui menjadi lebih mudah ketika perempuan menggunakan kebaya Kutubaru. Sebab, kebaya ini memiliki bukaan depan.

Baca juga:

  • Digunakan Prabowo hingga Jokowi Saat Pelantikan Presiden dan Wapres, Ini Makna Jas Demang
  • 7 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT RI

Namun, Bachtiar mengatakan, pemilihan kebaya Kutubaru sebagai busana adat yang dikenakan oleh Selvi berkaitan dengan keberagaman Indonesia.

“Baju adat Jawa yang dikenakan oleh Selvi Ananda melambangkan keberagaman kelompok etnis (di Indonesia),” ujar dia.

Menurut Bachtiar, ini diduga selaras dengan pesan yang ingin disampaikan oleh Presiden kedelapan RI Prabowo Subianto.

Pada acara pelantikan, mantan Menteri Pertahanan era Presiden Joko Widodo itu mengenakan jas tutup Palembang, yakni kombinasi jas demang atau jas tutup dengan kain songket Sumatera Selatan.

Sedangkan Presiden ketujuh RI Joko Widodo, Wakil Presiden ke-13 RI Ma’ruf Amin, dan Wakil Presiden ke-14 Gibran Rakabuming Raka, menggunakan jas demang Ujung Serong khas Betawi.

Leave a comment